PEMBINAAN KESOPANAN ANAK MELALUI KOMUNIKASI PERSUASIF ORANG TUA DI KELURAHAN PAMPANG MAKASSAR

  • Rahmawati Haruna Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Hardianti Purnama Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

This study discusses the development of child courtesy through persuasive communication of parents in Kelurahan Pampang Makassar which aims to answer the research question, what is the form of persuasive parental communication towards the development of child decency in Pampang District of Makassar City and what are the factors inhibiting parental persuasive communication towards fostering child politeness in Pampang Urban Village Makassar? This type of research is classified as a qualitative descriptive study with research subjects are parents, children, and community members. Data collection methods by observation, interview, and documentation. The results showed that (1) Persuasive communication that is applied in fostering child politeness is the exemplary method and the habituation method. (2) The inhibiting factors are the parents' busyness and the influence of the environment outside the home.

References

Afiati, Aen Istianah. “Komunikasi Persuasif dalam Pembentukan Sikap: Studi Deskriptif pada Pelatih Pendidikan Militer Tamtama”. Skripsi. Makassar: Fak. Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015.

Ali, Mohammad dan Moammad Asrori. Psikologi Remaja: Perkembangan peserta didik. Cet. VII; Jakarta: PT Bumi Aksara,2011

Amri, Muhammad. Aqidah Akhlak. Cet. I; Makassar: Syahadah, 2016.

Anwar, Rosihin dan Saeuddin. Akidah Akhlak. Ed revisi dan diperluas. Cet. I: Bandung: CV Pustaka Setia, 2016.

Asriyah, Wardatul Putri dkk. “Peran Orang Tua terhadap Perilaku Anak Sebagai Pemirsa Televisi di Rumah,” Prosiding KS, vol. 3 no. 2 (2016) https://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article. (Diakses 15 Maret 2019)

Berger, Charles R. dkk, “Handbook Ilmu Komunikasi”, (Cet. I, Bandung: Penerbit Nusa Media, 2014)

Cangara. Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. Ed. 2; Cet. XVI; Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Dina Novita, dkk. “Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini di Desa Air Pinang Kecamatan Simeulue Timur,”Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kewrganegaraan Unsyiah, vol. 1 no. 1 (Agustus 2016). https://www.jim.unsyia.ac.id. (Diakses 15 Maret 2019)

Effendy Onong Uchjana, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

----- Kepemimpinan dan Komunikasi Bandung: Alumni.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Cet. X; Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2010.

Habibah, Syariffah. “Akhlak Dan Etika Dalam Islam”, Jurnal Pesona Dasar, vol. 1 no. 4 (Oktber 2015). https://www.academia.edu. (Diakses 26 Maret 2019).

Harapan, Edi dan syarwani ahmad. Komunikasi Antar Pribadi. Ed. 1, Cet. II : Jakarta: Rajawali Pers, 2016.

Hutagalung, Inge. Teori-teori Komunikasi: dalam Pengaruh Psikologi. Jakarta: PT Indeks, 2018.

Indriyati, “Hubungan antara Komunikasi Orang Tua dan Anak dengan Rasa Percaya Diri Remaja Putri Awal (Penelitian Pada Smp Negeri 3 Salatiga Tahun 2006),” Skripsi, tahun 2007, https://lib.unnes.ac.id (Diakses 12 Juli 2019)

Mujidah. Psikologi Keluarga Islam: Berwawasan Gender. Cet. I; Malang: UIN Malang Press, 2008.

Mana, Syaepul.“Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan,” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 15 No. 1 (2017). https://jurnal.upi.edu.com (Diakses 28 Juni 2019)

Mulyana, Deddy. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, (Cet. XXI; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016)

Muzakkir, Pembinaan Generasi Muda:Kajian dari Segi Pendidikan Islam. Cet. I; Makassar: Alauddin Universityn Press, 2011.

Naim, Ngainum. dasar-dasar komunikasi pendidikan. Cet. III; Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Ngalimun. Ilmu Komunikasi: Sebuah Pengantar Prakti (Yogyakrta: PT. Pustaka Baru Press, 2017.

Nida, Fatma Laili Khoirun.“Persuasi Dalam Media Komunikasi Massa” AT-Tabsyir, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Vol. 2. No. 2 (Juli desember 2014).

Novrinda, dkk. “Peran Ornag Tua Dalam Penididkan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan,” Jurnal Potensi, vol. 2 no. 1 (2017). https://ejournal.unib.ac.id. (Diakses 15 Meret 2019)

Nurudin. Ilmu Komunikasi: ilmiah dan Populer. Ed. 1, Cet. II; Jakarta; Rajawali Pers, 2017.

Pawit, M. Yusup. Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Penanaman Nilai Kesopanan, Kejujuran dan Tanggung jawab Menggunakan Model Tadzkira di Sekola Dasar Kota Pontianak. 2018. Situs Jurnal Resmi Universitas Tanjungpura. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/viewFile/24274/75676575928 (23 Februari 2019).

Prasetyo, Hendri Puguh dan M Towil Umuri. “Pembinaan Moral Anak Jalanan di Rumah Singga Amad Dahlan Yogyakarta,” Citizenship, vol.3 no. 1 (Juli 2013), h. 58. https://journal.uad.ac.id. (Diakses 15 Maret 2019).

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. I; Jakarta: Balai Pustaka, 1998.

Ramayulis. Psikologi Agama, Ed revisi dan diperluas. Jakarta: Kalam Mulia, 2002.

Roudhonah. Ilmu komunikasi, Ed. Rev, Cet. 1; Depok: Rajwali Pers, 2019.

Rusdi, M. Hadis-hadis Tarbawih. Cet.I; Makassar: Alauddin University Press, 2014.

Saebani, Beni Ahmad dan Abdul Hamid. Ilmu Akhlak (Cet. 2; Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.

Severin, Warner J. dan James W. Tankard Jr, “Teori Komunikasi : Sejarah, Metode Dan Terapan Di Dalam Media Massa”. (Ed.5, Cet. I; Jakarta: Prenamedia Group, 2005),

Shihab, M. Quraish. Tafsir AL-Mishbah pesan, kesan dan keserasian AL-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, 2002.

Soemirat, Soleh dan Asep Suryana, “Falsafah dan Konsep-konsep Dasar Komunikasi Persuasif,” Modul 1,

Sommeng, Sudirman. psikologi sosial. Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2014.

Soyomukti, Nurani. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cet. IV; Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2016.

Sudaryono. Metodologi Penelitian. Cet. II; Depok: Rajawali Pers, 2018.

Suryanto. Pengantar Ilmu Komunikasi. Cet. I; Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Susanto, Eko Harry. Komunikasi Manusia: Teori dan Praktik Dalam Penyampaian Gagasan. Ed. 1; Jakarta: Mitra Wacana Media, 2018.

Vardiansyah. Dani. Pengatar Ilmu Komunikasi: Pendekatan Taksonomi Konseptual. Cet. I; Bojongkerta: Penerbit Galia Indonesia, 2004.

Wahib, Abdul. “Konsep Orang Tua Dalam Membangun Kepribadian Anak,” Jurnal Paradigma, vol. 2, no. 1 (November 2015). https://ejournal.kopertais4.or.id. (Diakses 15 Maret 2019)

Widjaja, H.A.W. Komunikasi: Komunikasi dan Hubungan Masyrakat. Ed. 1, Cet. VI; Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Yunita, Agus. “Peran Keluarga Dalam Pembinaan Budi Pekerti Anak Usia Sekolah Dasar”, Jurnal Pendidikan mahasiswa Kewarganegaraan Unsyiah, vol. 1, No. 1 (Agustus 2016). https://media.neliti.com. (Diakses 23 Februari 2019).

Yusuf, Syamsu. Psikologi Peerkembangan Anak dan Remaja. Cet. X; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

“Anak”, http://id.m.wikipedia.org/wiki/ Diakses 19 April.

“bentuk-bentuk-pembinaan”,https://www.duniapelajar.com/2012/04/13/ Diakses 23 februari 2019.

Published
2020-05-30
How to Cite
Haruna, R., & Purnama, H. (2020). PEMBINAAN KESOPANAN ANAK MELALUI KOMUNIKASI PERSUASIF ORANG TUA DI KELURAHAN PAMPANG MAKASSAR. AL-IRSYAD AL-NAFS: JURNAL BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM, 7(1). https://doi.org/10.24252/al-irsyad al-nafs.v7i1.14700
Section
Vol. 7 No.1 Mei 2020
Abstract viewed = 630 times