KONSEP PSIKOTERAPI RASIONAL EMOTIF DAN PENERAPANNYA

  • M. Sattu Alang UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Konsep dan gagasan Terapi Rasional Emotif pertama kali dikemukakan oleh Albert Ellis pada tahun 1955, Terapi ini berusaha untuk menghilangkan cara berfikir seseorang klien yang awal mulanya tidak logis dan irasional dengan menggantinya kepada sesuatu yang logis dan rasional. Semua ini bermula dari hasil pengamatan Albert Ellis terhadap anak yang tidak mencapai kemajuan karena dia tidak memiliki pemahaman yang tepat dalam hubungannya dengan peristiwa yang dialami. Konsep dasar Terapi Rasional Emotif adalah bahwa pikiran manusia merupakan akar dari gangguan emosional. Manusia memiliki kemampuan untuk berpikir secara rasional dan irasional, yang dipengaruhi oleh disposisi biologis, pengalaman masa kecil, dan budaya. Pemikiran dan emosi saling terkait, dan dalam terapi ini, konselor membantu klien menyadari pemikiran irasional mereka, mengubahnya menjadi pemikiran yang rasional. Tujuan dari Terapi Rasional emotif ini adalah untuk membantu klien membebaskan dirinya dari emosi dan cara berpikir yang tidak logis dan menggantinya dengan cara-cara yang logis. Sehingga klien dapat mengembangkan diri dan mencapai realisasi diri yang optimal, serta menghilangkan gangguan emosional yang dapat merusak diri.

References

Ahmud, Muhammad dan Mohammad Thohir, Konseling Islam dengan Terapi Rational Emotif Behavior Untuk Mengubah Wanita Penyanyi Cafe Yang Suka Minum Minuman Keras, Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, Vol. 3, No. 2, 2013.
Arifin, Teori-Teori Counseling Umum dan Agama,(Jakarta: PT Golden Terayon Press, 1994
Bastomi, Hasan, Konseling Emotif Behaviour Theraphy Rebt-Islami, Jurnal Of Guidance and Counseling, Vol. 2, No. 2, 2018.
Corey, Gerald, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi, Bandung: PT. Eresco, 1988.
Gantina, Teori dan Teknik Konseling, Jakarta: PT. Indeks, 2011.
Irfan, Ahmad Zainul dan Lia Afrianti, Pengaruh Konseling Rational Emotif Theapy Terhadap Kecerdasan Emosional, Jurnal Society, Vol. 8, No. 1, 2017.
Laela, Faizah Noer, Bimbingan Konseling Sosial, Surabaya: UIN Sunan Ampel Press, 2014.
Latipun, Psikologi Konseling, Malang: UMM Press, 2005.
Mappiare, Andi, Pengantar Konseling dan Psikoterapi, Jakarta: Rajagrfindo Persada, 2011.
Nusuki, Penggunaan Pendekatan Konseling Rational Emotif Behavioral Therapy Melalui Layanan Konseling Individual, Jurnal Educatio, Vol. 9. No. 1, 2014.
Sofyan, Konseling Indiviual Teori dan Praktek, Bandung: Alfabeta, 2013.
Surya, Mohammad, Teori-Teori Konseling, Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2003.
Willis, Sofyan S, Konseling Keluarga, Bandung: Alfabeta, 2011.
Winkel, Ws., Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Jakarta: PT. Gramedia, 2007.
Published
2023-12-15
How to Cite
Alang, M. S. (2023). KONSEP PSIKOTERAPI RASIONAL EMOTIF DAN PENERAPANNYA. AL-IRSYAD AL-NAFS: JURNAL BIMBINGAN DAN PENYULUHAN ISLAM, 10(2), 135-147. Retrieved from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Irsyad_Al-Nafs/article/view/45389
Abstract viewed = 237 times