PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING

  • Jumharia Djamereng

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental tanpa kelas kontrol yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam keterampilan berbicara pada mahasiswa semester V Bahasa Inggris Jurusan Tarbiyah Stain Palopo. Disamping itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penerapan strategi metakognitif pada pengajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing.Populasi diambil dari 120 mahasiswa semester V yang sedang mengambil mata kuliah Speaking  3 yang terdiri dari 4 kelas, yaitu Tadris A sejumlah 30 orang, Tadris B sebanyak 38, Tadris C sebanyak 25 orang dan Tadris D sebanyak 25 orang. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan mengambil 20 mahasiswa kelas A sebagai sampel dengan pertimbangan bahwa kelas A adalah kelas unggulan berdasarkan hasil placement test. Mengingat strategi metakognitif ini lebih tepat digunakan pada mahasiswa yang memiliki kemampuan sedikitnya pada level intermediate. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan observasi, sedangkan instrumennya adalanh tes dan rekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kemampuan mahasiswa meningkat dengan signifikan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan strategi metakognitif pada pengajaran keterampilan berbicara. Ini dibuktikan oleh perhitungan SPSS 20 uji-t dimana hasilnya  adalah -6.078 dan tes signifikansi adalah 0.000. Hasil uji hipotesis menunjukkan H1 diterima dimana H1 menyatakan ada perbedaan signikan pada kemampuan berbicara mahasiswa sebelum dan  setelah perlakuan. Sebaliknya Ho ditolak dimana Ho menyatakan tidak ada perbedaan signifikan pada kemampuan berbicara mahasiswa sebelum dan sesudah perlakuan. Adapun respon mahasiswa terhadap penerapan strategi metakognitif pada pengajaran Speaking adalah positif berdasarkan hasil analisis data kuesioner.

PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS SEBAGAI BAHASA ASING

Author Biography

Jumharia Djamereng
Universitas Muslim Indonesia

References

Anderson, NJ. 2005. L2 Learning Strategies. In E. Hinkel (Ed) Handbook of Research in Second Language teaching and Learning. (pp.757-771). Mahwah, NJ. Lawrence Erlbaum.

Brown, Douglas Brown. 2001. Teaching by Principles. An Interactive Approach to Language Pedagogy. San Fransisco. Addison Wesley Longman Inc.

Brown, Douglas H. 2007. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. United States. Pearson Education Inc. Edisi bhs ,Indonesia. Jakarta. Kedubes Amerika Serikat.

Cohen, A D. 1998. Strategies in learning and Using a Second Language. Harlow: Longman.

Harmer, Jeremy. 2007. The Practice of English Language Teaching. England. Pearson Longman.

Lam, W. 2009. Examining the Effects of Metacognitif Strategy Instruction on ESL Group. Sage. Language Teaching Research Journal. (13) 129-150

Long, Michael H. and Jack C. Richard. 1987. Methodology in TESOL. A book Reading. Mew York. Newbury House Publishers.

Macaro, E. 2006. Strategies for Language Learning and for Language Use: Revising the Theoretical Framework. The Modern Language Journal, 90 (3) 320-337

Nation, ISP and Jonathan Newton. 2009. Teaching ESL/EFL in Listening and Speaking. New York. Routledge.

Richard, Jack and Willy Renandya. 2002. Methodology in Language Teaching. United Stated of America. Cambridge University Press.

Rubin, J. 2005. The Expert language Learner: A Review of Good Language Learner studies and learner strategies. In K Johnson (Ed) Expertise in second language learning and teaching(pp 37-64). Amsterdam: John Benyamin.

Sugiyono, P. D. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung, Alfabeta, CV.

Turnbull, Miles and Jennifer Daely-O’Cain. 2009. First Language Use in Second and Forein Language Learning. British: Miles Turnbull, Jennifer Bailey o’Cain.

Ur, Penny. 1996. A Course in Language Teaching. Britain. Cambridge University Press.

Published
2015-12-01
Section
Volume II, Nomor 1, Desember 2015
Abstract viewed = 1030 times