PERAN MEDIA MASSA DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA

  • Abdul Khalik FDK UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Pengetahuan dan pengalaman itu lambat laun bertambah banyak dan kompleks. Tidak hanya diperoleh dari hubungan dengan keluarganya, tetapi juga melalui teman-teman sebayanya, dari kelompok atau organisasi masyarakat lainnya, dan dari media massa. Manusia berkomunikasi dengan sesamanya selalu dipengaruhi atau berada dalam konteks budaya yang kompleks. Manusia belajar berpikir, merasa, mempercayai dan mengusahakan apa yang patut menurut budayanya. Bahasa, persahabatan, kebiasaan makan, paraktek komunikasi, tindakan-tindakan sosial, kegiatan-kegiatan ekonomi dan politik, dan teknologi, semuanya berdasarkan pola-pola budaya. Apa yang orang-orang lakukan, bagaimana mereka bertindak, bagaimana hidup dan berkomunikasi, merupakan respon-respon terhadap dan fungsi-fungsi dari budaya mereka.

References

Adler, Ronald B and George Rodman. 1985. Understanding Human Communication. New York: CBS College Publishing.

Berger, Arthur Asa. 2005. Tanda-tanda dalam Kebudayaan Kontemporer (Terjemahan M. Dwi Marianto). Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Fiske, John. 2004. Cultural and Communication (Terjemahan Yosal Iriantara).

Gudykunst, William B. and Young Yun Kim. 1992. Communicating With Strangers: An Approach to Intercultural Communication. New York: McGrow-Hill, Inc.

Kaplan dan Albert A.Manners. 2000. Teori Budaya (Terjemahan Landung Simatupang). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Klopf, W. 1987. Intercultural Encounters: The Fundamentals of Intercultural Communication. Colorado: Morton Publishing Company.

Leach, Edmund. 1976. Culture and Communication. Cambridge: Cambridge University Press.

Lewis, Richard D. 2004. Komunikasi Bisnis Lintas Budaya (Terjemahan Deddy Mulyana dkk.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Liliweri, Alo. 2001. Gatra-gatra Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyana, Deddy dan Jalaluddin Rakhmat (ed). 1996. Komunikasi Antarbudaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2004. Komunikasi Efektif: Suatu Pendekatan Lintasbudaya. Bandung Remaja Rosdakarya.

Saifuddin, Achmad Fedyani. 2006. Antropologi Kontemporer: Suatu Pengantar Kritis Mengenai Paradigma. Jakarta: Kencana.

Samovar, Larry A. Richard E. Potter and Nemi C. Jain. 1981. Understanding Intercultural Communication. California: Wadsworth Publishing Company.

Sendjadja, S. Djuarsa. 1994. Teori Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.Yogyakarta: Jalasutra.

Tubbs, Stewart L. dan Sylvia Moss. 1996. Human Communication (Terjemahan Deddy Mulyana). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2015-12-01
Section
Volume II, Nomor 1, Desember 2015
Abstract viewed = 3004 times