PESAN DAKWAH PADA IKLAN KOSMETIK WARDAH “SEBUAH KAJIAN SEMIOTIKA”

  • Kamaluddin Tajibu UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syafriana Syafriana UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pesan Dakwah dalam Iklan Kosmetik Wardah (Sebuah Kajian
Semiotika). Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui deskripsi penanda dan petanda
dalam iklan kosmetik wardah versi “Kisah di Balik Cantik” (2) mengetahui makna pesan
dakwah yang ditampilkan dalam iklan kosmetik wardah versi “Kisah di Balik Cantik”
berdasarkan analisis semiotika Roland Barthes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
dan memahami iklan sebagai media dakwah Islam.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interpretatif yang berguna untuk
mengungkapkan dan memaparkan situasi atau wacana mengenai iklan Wardah kosmetik pada
media televisi. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumentasi. Analisis data
menggunakan metode analisis semiotika dengan dasar pemikiran Roland Barthes, sehingga
diperoleh makna yang mendalam tentang iklan kosmetik Wardah tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Petanda dan penanda dalam iklan wardah
versi “Kisah di Balik Cantik” ditemukan berupa simbol-simbol yang bisa dimaknai sebagai
brand image (citra produk) kosmetik muslimah. Di antaranya, pemakaian model wanita yang
berpenampilan menggunakan pakaian berhijab. (2) Makna pesan dakwah yang terkandung
pada iklan kosmetik Wardah versi “Kisah di Balik Cantik” antara lain adalah makna nonverbal
artifaktual (penampilan) yakni dari hijab atau penutup kepala yang dikenakan oleh
model dalam iklan menunjukkan identitas seorang wanita muslimah, makna non-verbal facial
(wajah) melalui ekspresi wajah yakni senyuman, dan makna non-verbal paralinguistik
(pengucapan) bertutur kata yang sopan.
Implikasi dari penelitian ini adalah: (1) Dapat memberikan kontribusi bagi pengiklan,
iklan wardah versi “Kisah di Balik Cantik” dapat dijadikan sebagai referensi untuk iklan-iklan
lain yang ingin mempromosikan produknya terutama produk kecantikan.(2) diharapkan
mampu meningkatkan kesadaran akan media pada masyarakat yaitu dengan menumbuhkan
sikap kritis dan selektif dalam menghadapai berbagai serbuan iklan yang tidak bisa ditolak
sehingga tidak terjadi salah peresepsi dalam menelaah isi media.

References

Abdullah, Aceng. Press Realation: Kiat Berhubungan Media Massa, Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Abu al-A’la Al-Mauddi. 1977. The Islamic law and Constition. Lahore: Islamic Publication

ltd.

Aisyah, Faridi Heni. 2009. Etika Periklanan di Media Televisi dalam Perspektif Hukum

Islam. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Alo. Liliweri. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Al-Qasir, Fada Abdur Razak. 2004. Wanita Muslimah. Yogyakarta : Darussalam Offset

Arifin, Anwar. 1994. Strategi Komunikasi: Sebuah Pengantar Ringkas. Bandung: Armico.

-------. 2011. Dakwah Kontemporer. Cet I: Yogyakarta; Graha Ilmu.

Ardana, Sutiman Eka. 1995. Jurnalistik Dakwah Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Barthes, Roland. 2007. Petualangan Semiologi , Cet: I.

Burhan. Bungin. 2008. Kontruksi Sosial Media Massa, Jakarta: Kencana.

Cemey T.F, Content Analisis A Tehnique for Sistematic Inference from Comunication.

London: BT. Batsford,t.th.

Jurnal Al-Khitabah, Vol. III, No. 1, Juni 2017 : 1 – 16

Caesey, Ralph D. 1946. Channels of Communication. Dalam Bruce Smith, Harold Laswell

dan Ralph D. Caesey, Propaganda Communication and Public Opinion. Princeton,Nj:

Princeton Univercity Press.

Departemen Agama RI. 2002. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Yayasan Penyelenggara

Penerjemahan Al-Qur’an Departemen Agama RI.

Effendy, Onong Uchjana. 1995. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung : Remaja

Rosdakarya.

Fauziah, Mira. 2006. Urgensi Media Dalam Dakwah. M. Ja’far Puteh, Dakwah Tekstural dan

Kontekstural. Yogyakarta: AK Group.

Ghazali, M Bahri. 1997. Dakwah Komunikatif Membangun Kerangka Dasar Ilmu

Komunikasi Dakwah Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Hasan, Kamil Muhammad. 2008. Cantik Islami.

Jafar, Iftitah. 2011. Membangun Elemen Dakwah Berbasis Al-Quran. Cet. I. Makassar:

Alauddin University Press.

Morissan. 2010. Periklanan : komunikasi Pemasaran Terpadu. Cet. I; Jakarta: Kencana.

Pratikto, Riyono. 1987. Komunikasi Massa Dasar – dasarnya dan Perkembangannya

menjelang Era Masyarakat Informasi, Dalam Riyono Pratikto. Berbagai Aspek

Komunikasi. Bandung: Remaja Karya.

Rivers, William L. 2003. Media Massa dan Masyarakat Modern. Cet. I; Jakarta Timur.

Sobur, Alex. 2004. Analisis Teks Media Suatu Pengantar Untuk analisis Wacana, Analisis

semiotic, Analisis Framing, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Surtiretna, Nina. 1995. Anggun Berjilbab. Bandung: Mizan.

Yasraf Piliang, Amir. Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies.

Widyatama, Rendra. 2009. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Published
2017-06-01
Section
Volume III,Nomor 3, Juni 2017
Abstract viewed = 1268 times