EKSPLORASI NILAI KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS DALAM AKTIVITAS CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK DALAM PENINGKATAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA
Abstract
Aktivitas komunikasi profesi Public Relations memiliki peran yang penting dalam
sektor public dan swasta. Fokus penelitian ini menggambarkan dan menganalisis realitas
sosial yang terjadi pada profesi public relations pada dunia perbankan dalam aktivitas
corporate social responsibility. Program CSR mengacu pada konsep pembangunan yang
berkelanjutan (Sustainability development), mengedepankan pertumbuhan masyarakat miskin
dalam mengelola lingkungannya dan kemampuan institusi dalam pembangunan, serta strategi
mengintegrasikan dimensi ekonomi, ekologi, dan sosial yang menghargai kemajemukan
ekologi dan sosial budaya tiga stakeholders inti diharapkan mendukung penuh, di antaranya
adalah; perusahaan, pemerintah dan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan mengetahui komunikasi public relations dalam implementasi
corporate social responsibility PT. Bank Mandiri (Persoro) Tbk Wilayah X Makassar, dan
menggambarkan peran Corporate Social Responsibility terhadap peningatan Indeks
Pembangunan Manusia di Kota Makassar. Metode yang digunakan adalah deskriptif analisis
pendekatan kualitatif, dengan melakukan obeservasi, wawancara, serta FGD kepada praktisi
public relations dan Corporate social Responsibility. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Public Relations mengeksplorasi peran komunikasi dalam implementasi program Corporate
Social Responsibility (CSR) pada pemetaan stakeholders dan Scanning lingkungan,
perencanaan penentuan program CSR, sosialisasi dan komunikasi dan evaluasi usaha yang
disesuaikan budaya perusahaan “Trust, Integrity, Professionalism, Customer Focus,
Excellence (TIPCE)” 2. Program Corporate Social Responsibility berbasis Program
Kesejateraaan dan Bina Lingkungan berdapak positif terhadap peningkatan Indeks
Pembangunan Manusia berdasarkan pertambahan nasabah serta pertambahan peminat/peserta
dari Wirausaha Muda Mandiri dan Mandiri Bersama Mandiri.
References
Ananto, Elizabeth G. 2009. Corporate Social Responsibility, Numeric or Rhetoric. Makalah.
Jakarta: Trisakti.
Anshori, Dadang S. 2009. Raksa Desa, Pendidikan, dan Indeks Pembangunan Manusia
(IPM), makalah, Bandung: LPPM Unisba
Anggoro, M. Linggar. 2008. Teori dan Profesi Kepublic relationsan. Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
Ardianto, Elvinaro. 2009. Public Relation Praktis. Bandung.: Widya Padjadjaran.
Cutlip, Scott M., Center, Allen H., and Broom,Glen M. 2011. Effective Public Relations,
Eight Edition. New Jersey : Prentice Hall.
Djuaeni, M. Napis, (2005), Kamus Kontemporer Istilah Politik-Ekonomi: Indonesia-Arab,
Mizan Media Utama, Bandung.
Effendi, Sofian.2008. Membangun Good Governance: Tugas Kita Bersama. Prosiding
Seminar Nasional Meluruskan Jalan Reformasi. Universitas Gadjah Mada.
Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu Komunikasi Teroi dan Praktek. Remaja Rosdakarya,
Bandung.
---------------------------------, 2008 Human Relation dan Public Relation dalam management.
PT. Alumni. Bandung
H. Frazier Moore, 2009, Humas: Membangun Citra dengan Komunikasi, PT. Remaja
Rosdakarya, Bandung:
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset
Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi
Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
---------------------------. 2014. Teori Public Relations Perspektif Barat dan Lokal, Aplikasi
Penelitian dan Praktik. Prenada Group Kencana : Jakarta.
------------------------------, 2015. Public Relations, Issue & Crisis Managemen. Jakarta :
Kencana, Prenada Media Group
Littlejohn, Step W. 2008, Theories Of Human Communication. Wadswort Publishing
Company, California.
McNamara, et, al. 2006. Fundation Of Human Communication. Mayfied Publishing
Company, California
McQuail, Dennis. 2009. Teori Komunikasi Massa. Sage Publication, London, Thousand Oaks,
New Dehli.
Miller, Kathrine. 2009. Communication Theories, Perspective, Process and Context.
McGraw-Hill Education (Asia). Singapura.
Muliana, Deddy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi
dan Ilmu Sosial Lainnya. Remaja Rsodakarya. Bandung
-----------------------. (2011), Nuansa-Nuansa Komunikasi, PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Ruslan, Rosady. 2008. Manajemen Public relations dan Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi.
PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
-------------------------, 2008. Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT.
Grafindo Persada.
Soemirat, Soleh & Ardianto, Elvinaro. 2013. Dasar-dasar Public relations. Bandung: PT.
Remaja Rosdakarya.
Sularto, 2006. Berbisnis, Memadukan Nalar, Etika dan Hati. Artikel. Jakarta: Kompas.
Wahono, Francis. 2008. Indeks Pembangunan Manusia Indonesia 2009 Siapa Takut,
makalah.: LPPM Unisba. Bandung