Penerapan Pesan Dakwah dalam Promosi Pariwisata di Pulau Cambang-Cambang Kabupaten Pangkep

  • Kamaluddin Tajibu

Abstract

Promosi (promotion) salah satu dari empat aspek utama bauran pemasaran (marketing mix) dan ketiga aspek pemasaran lain adalah pemasaran produk (marketing product) harga (price) dan tempat (place). Penerapan pesan dakwah dalam promosi harus dilakukan harus dikemas dengan media yang menarik,  pola dan model/metode dakwah yang  memiliki nilai jual,  serta membangun sinergitas antar lembaga dalam membangun kemitraan

References

Abdullah Ba’lawi al-Haddad, al-Nashihu al-Diniyah, diterjemahkan oleh Muhammad Abdai Rathomy, dengan judul Petuah- petuah Agama Islam (Semarang: Toha Putra, 1980),

Abu Ishaq al-syathbiy al muwafigat fil ushul al syariah, juz II

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Amin, Muh. Mansyur, “Dakwah Islam dan Pesan Moral” Jakarta, Al Amin Press, 1997

Amin, Muliati, Teori-Teori Ilmu Dakwah (Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2011)

Arifin, Anwar, Dakwah Kontemporer : Sebuah Studi Komunikais, (Cet. I; Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011)

Cangara, Hafied. 2007. Pengantar Ilmu Komubnikasi. Edisi Terbaru. Raja Grapindo Jakarta

_____________. 2011. ¬Pendidikan Ilmu Komunikasi Sekarang dan Tantangan Masa Depan. Kencana Predana Media Group. Jakarta

Devito, Joseph A. 1996. Komunikasi Antar Manusia, Kuliah Dasar. Professional Books Jakarta

Departemen Agama RI. 2005. Al-Quran dan Tafsirnya. Dana Bakti Wakaf Islam Indonesia Yogyakarta

Gitosudarmo, WF. Manajemen Pemasaran, (BFEE, Yogyakarta, 1990),

Ilahi, Wahyu, Komunikasi Dakwah (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010)

Lasswell, H.D. 1948. The Structure and Function of Communication in Society. The communication of Ideas, L Bryson Editor New York Institute for Religions and Social Studies.

Liliweri, Allo, 1991. Komunikasi Antar Pribadi, PT Citra Aditya Bakti, Bandung.

____________, 1994. Komunikasi Verbal dan Nonvervbal, PT Citra Aditya Bandung.

____________. 2011. Komunikasi Serba Ada dan Serba Makna. Kharisma Putra Utama, Jakarta

Litle John, Stephen. W 1996. Theory of Human Communication (Fifth Edition) Words Worth Publishing Company Belmount California.

Mulyana, Deddy. 2011. Komunikasi Sebagai Suatu Keterampilan. Kencana Predana Media Group. Jakarta

Muis, Abdul. 2001. Komunikasi Islami. Remaja Rosdakarya Bandung

Muchlis Hanafi, MA. Ensiklopedia Pengetahuan Al-Qur’an dan Hadist. Pustaka Kamil 2013

Sugen Wanto, Menabur Kebaikan, Menyebar Hikmah. Prdana Publishing. Medan. 2015

Maarif Samsul “Dakwah melalui Jalur Politik” dalam Munsyir Saputra (ed) Dakwah ala NU (Ciputat: Mumtaza Nawa Dinamika, 2010)

Philip, Kotler, Manajemen pemasaran analisis, perencanaan dan pengendalian (edisi ke 5,, jilid 2 erlangga Jakarta, 1992)

Published
2018-04-19
Section
Volume IV, Nomor 1, April 2018
Abstract viewed = 170 times