PENERAPAN KODE ETIK DEWAN PERS DI MEDIA SIBER (Studi Kasus Media Online Kabarmakassar )
Abstract
Penelitian ini berbicara mengenai penerapan Kode Etik Dewan Pers di Media Siber. Adapun permasalahan yang di ajukan dalam penelitian ini ialah bagaimana Pemahaman wartawan Kabarmakassar.com tentang pedoman pemberitaan dan bagaimana Penerapan pedoman pemberitaan media siber dalam pemberitaan Kabarmakassar.com.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, penelitian kualitatif adalah mengumpulkan data dari informan. Seluruh data yang diperoleh dengan menggunakan beberapa pendekatan khususnya pendekatan sosiologi, historis, budaya dan komunikasi. Sehingga diperoleh hasil penelitian yang dipaparkan dalam skripsi ini. Adapun cara untuk mengumpulkan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wartawan Kabarmakassar.com telah memahami peraturan Dewan Pers tentang Pedoman Pemberitaan Media Siber, baik pemahaman terhadap isi peraturan maupun pada konteks penerapannya. Sementara Pemberitaan Kabarmakassar.com telah memenuhi empat syarat yang ditentukan dalam Pedoman Pemberitaan Media Siber.
Implikasi dari hasil penelitian pada aspek praktis, Kabarmakassar.com diharapkan meningkatkan profesionalisme dan kompetensi seluruh jurnalisnya agar mampu melahirkan karya jurnalistik onlinne yang berkualitas. Pada aspek kebijakan, redaksi harus mampu mewujudkan visi misi
References
Bungin, M. Burhan. Penelitian Kualitatif. Cet.II; Jakarta: Prenada Media Group, 2008.
Cangara, Hafied. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2006
_______, Abdul Khalik dan M. Galib. Dasar-dasar Jurnalistik. Makassar: Alauddin Press, 2006.
Chun, W.H. dan T. Keenan, New Media, Old Media; a History and Theory Reader. New York: Routledge, 2006
Damopolii, Muljono. Pedoman Penelitian Karya Tulis Ilmiah; Makalah, Skripsi, Disertasi dan Laporan Penelitian. Cet.I; Makassar: Alauddin Press, 2013
Departemen Komunikasi dan Informatika RI, Persatuan Wartawan Indonesia, Wajah Pers Indonesia. Jakarta: PT. Bunga B angsa, 2007.
Effendy, Onong Uchjana. Dinamika Komunikasi. Cet.VII. Bandung; Rosdakarya, 2008.
_______. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Cet.II; Bandung: Mandar Maju, 2004
Eriyanto. Analisis Wacana; Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta; LKiS, 2008
Grant A. E. dan Wilkinson, J. S, Understanding Media Convergence; The State of the Field. New York: Oxford University Press, 2009
Junaedhie, Kurniawan. Ensiklopedi Pers Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1991.
Kusumaningrat, Hikmat, Purnama Kusumaningrat Ningrat. Jurnalistik : Teori dan Praktek. Cet.II; Bandung: Rosdakarya, 2006.
Kovach, Bill, Tom Rosenstiel. Sembilan Elemen Wartawanme. ed. Agus Sopian. Cet.III. Jakarta: Yayasan Pantau, 2006.
Liliweri, Alo. Memahami Peran Komunikasi Massa Dalam Masyarakat. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 1991
Margianto, J.Heru dan Asep Syaefullah, Media Online; Antara Pembaca, Laba, Etika dan Problematika Praktik Wartawanme Online di Indonesia. Jakarta: Divisi Penyiaran dan Media Baru AJI Indonesia, 2010
Mulyana, Deddy.Ilmu Komunikasi; Suatu Pengantar. Cet.XII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008
Moleong, Lexi Johannes. Metodologi Penelitian Kulalitatif. Cet.XV; Bandung: Rosdakarya, 2001.
Nasrullah, Rulli. Teori dan Riset Media Siber – Cybermedia. Cet.II; Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014
Nurudin.Pengantar Komunikasi Massa. Cet.I; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2007
_______.Jurmalisme Massa Kini. Cet.I; Jakarta: Rajawali Pers, 2009