RELASI MEDIA DALAM MENINGKATKAN CITRA INSTANSI (Studi Kasus Humas Pemerintah Kabupaten Bantaeng)
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang aktivitas Humas Pemerintah Kabupaten Bantaeng dalam meningkatkan citra instansi. Pokok masalah yang di ajukan dalam penelian ini adalah bagaimana media meningkatkan citra instansi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pendekatan komunikasi organisasi. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Adapun sumber daya dalam penelitian ini adalah sumber data primer berdasarkan key informan dengan teknik pengumpulan informan purposive sampling, sementara sumber data sekunder berupa arsip yang berkaitan dengan profil kabupaten Bantaeng, Struktur Kehumasan, dan foto dokumentasi kegiatan. Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri, dibantu dengan kamera, alat perekam, dan alat tulis menulis. Kemudian, teknik analisis data ialah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan data bahwa Humas pemerintah Kabupaten Bantaeng dalam meningkatkan citra instansi di antaranya adalah press release, photo press dan video release, kontak pribadi, guntingan pers, perss tour dan konferensi pers yang merupakan langkah untuk meningkatkan dan menjaga citra instansiReferences
Kementerian Agama RI. Al-Quran dan Terjemahnya. Klaten: PT. Riels Grafika, 2009.
Amin, Muliaty. Metodologi dakwah. Gowa: Alauddin University Press, 2013.
Amrullah, Mudzhira Nur. Strategi Public Relation Dalam Mendukung Visi Misi Univertsitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Gowa: Alauddin University Press, 2012
Anggoro, M Linggar. Teori & Profesi Kehumasan: Serta Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2000
Arni, Muhammad. Komunikasi Organisasi. Cet. X; Jakarta: Bumi Aksara. 2009.
Bungin, Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2009.
Damastuti, Rini. Media Relations Konsep, Strategi & Aplikasi. Yogyakarta: Andy Offset, 2012.
Danandjaja. Peranan Humas Dalam Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.
Hamidi. Metodologi Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian .Cet. III; Malang: UNISMUH Malang, 2005.
Hardjana. Andre. Komunikasi Organisasi Strategi dan Kompetensi. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara. 2016
Iriantara, Yosal. Community Relations: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2004.
Jefkins, Frank dan Daniel Yadin. Public Relations. Terj. Haris Munandar, Hubungan Masyarakat. Jakarta: Erlangga, 2004.
Kusumastuti, Frida. Dasar-Dasar HUMAS. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2002.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. .Bandung: Remaja Rosdaya Karya, 1995.
Moore, Frazier. Humas: Membangun Citra dengan Komunikasi. Cet. II; Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004.
Nasution, S. Metode Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsinto, 1996.
Nova, Firsan. Crisis Public Relations. Jakarta: Kencana, 2011.
Nurudin. Hubungan Media: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2008.
Rohim. Syaiful. Teori Komunikai: perspektif, ragam, dan aplikasi. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2016.
Rumanti, Assumta Sr Maria . Dasar-dasar Public Relations. Jakarta: PT Grasindo, 2002.
Ruslan, Rosady. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.
Satori, Djam‟an dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. 2009
Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: PT Cet. IV; Remaja Rosdakarya, 2005.
Suryanto. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: CV Pustaka Setia. 2015
Thomas, Colin Coulson. Public Relations: pedoman praktis untuk PR. Jakarta: Bumi Aksara, 2002