POLA KOMUNIKASI ORGANISASI (Studi Kasus di PT Harian Amanah Al Haram)
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai Pola komunikasi organisasi antara pimpinan dan karyawan dalam meningkatkan motivasi kerja (studi kasus di PT Harian Amanah Al Haram). Bagaimana pola komunikasi organisasi antara pimpinan dan karyawan untuk meningkatkan motivasi kerja di PT Harian Amanah Al Haram dan Faktor apa yang menghambat dan mendukung proses komunikasi organisasi antara pimpinan dan karyawan dalam meningkatkan motivasi kerja di PT Harian Amanah Al Haram. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui pola dan proses komunikasi organisasi antara pimpinan dan karyawan dalam membangun motivasi kerja di PT Harian Amanah Al Haram dan Untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat proses komunikasi organisasi antara pimpinan dan karyawan dalam membangun motivasi kerja di PT Harian Amanah Al Haram.
Jenis penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan komunikasi dan psikologi. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah HRD , karyawan Reporter, karyawan Periklanan, karyawan Sirkulasi, karyawan Layout/Design, Karyawan percetakan, Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan digolongkan menjadi dua sumber yaitu, 1) data sekunder terdiri dari kajian kepustakaan konseptual dan hasil penelitian terdahulu 2) data primer terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan Pola komunikasi organisasi antara pimpinan dan karyawan dalam meningkatkan motivasi kerja di PT Harian Amanah Al Haram adalah komunikasi yang bersifat non formal dengan cara persuasif lebih sering mereka gunakan dalam berkomunikasi agar dapat membuat kedekatan antara karyawan dan pimpinan dan Faktor-faktor yang menghambat dan mendukung proses komunikasi organisasi antara pimpinan dan karyawan dalam meningkatkan motivasi kerja di PT Harian Amanah Al Haram adalah faktor penghambatnya ialah kesalahpahaman atau miss communication. jika sejak awal komunikasi terbangun antara pimpinan dan karyawan mengalami kesalahpahaman atau gangguan dalam membangun sebuah komunikasi di dalam organisasi. Sedangkan faktor pendukungnya ialah media salah satu faktor pendukung dalam proses terjadinya komunikasi di dalam perusahaanReferences
Cangara, Hafied. Pengantar ilmu komunukasi. Jakarta: RajaGrafindo, 2012.
Danim, Sudarwan. Motivasi kepemimpinan & efektivitas kelompok. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Fajar, Marhaeni. Ilmu komunikasi teory & praktik. Yogyakarta: Graha ilmu, 2009).
Faulus, R.Wayne Pace Don F. Komunikasi organisasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Gerengan, W.A. Psikologi sosial. Bandung: Refika Aditama, 2009.
Hefni, Harjani. Komunikasi islam. Jakarta: prenadamedia group chat.I, 2015.
Hubeis, Musa. Komunikasi profesional. Bogor: IPB Preess, 2012.
Hermawan, Agus. Komunikasi Pemasaran, Malang: Gelora Aksara Pratama, 2012
Maleong, Lexy J. Metologi penelitian kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2011.
Muhammad, Arni. Komunikasi organisasi. Jakarta: Bumi aksara, 2009.
Mulyana, Deddy. Metode penelitian kualitatif . Bandung : Remaja Rosdakarya offset, 2010.
Musfidah. Psikologi keluarga islam berwawasan gender. Malang: UIN-Malang press, 2008.
Rivai, veithzal. Pemimpin dan kepemimpinan dalam organisasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014.
Rohidi, Rohendi. Analisis data kualitatif. Jakarta: UI Press, 1992.
Sinn, Ahmad ibrahim abu. Manajemen Syariah. Jakarta: Raja Grafindo persada, 2006.
Supranto, J. Metode riset Aplikasinya dalam pemasaran. Jakarta: Lembaga penerbit FE-UI, 1998