PENGARUH ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (ICSR) DAN ZAKAT PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERBANKAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2015-2019)

  • Nur Ilmi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sitti Fatimah
  • Sumarlin Sumarlin
Keywords: Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR), Company Zakat, Return On Asset (ROA), Company Size

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dan zakat perusahaan terhadap kinerja perbankan syariah. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menguji apakah variabel ukuran perusahaan memoderasi hubungan antara masing-masing variabel Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) dan zakat perusahaan terhadap kinerja perbankan syariah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah bank umum syariah yang terdaftar di OJK selama periode 2015-2019. Total sampel berjumlah 5 bank umum syariah dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan regresi berganda dan analisis regresi linear berganda dan uji nilai selisih mutlak untuk masing-masing hipotesis Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR), zakat perusahaan terhadap kinerja perbankan syariah yang diukur dengan Return On Asset (ROA) yang dimoderasi oleh ukuran perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja perbankan yang diukur dengan Return On Asset (ROA), zakat perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perbankan yang  diukur dengan Return On Asset (ROA). Hasil penelitian terkait variabel moderating menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh sebagai variabel moderating antara Islamic Corporate Social Responsibility  (ICSR)  dengan kinerja pebankan syariah yang diukur dengan ROA sedangkan ukuran perusahaan memiliki pengaruh sebagai variabel moderating antara zakat perusahaan dengan kinerja perbankan yang diukur dengan ROA.

References

Adzimatinur, Fauziyah. 2014. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Besaran Pembiayaan Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Muzaraah.

Ali Syukron. 2015. CSR dalam perspektif Islam dan Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi dan hukum Islam. Vol 5, No 1, h. 3.

Al-Qahthani, Sa‟id Bin Wahf. 2018. Ensiklopedia Zakat. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi‟i.

Amirah dan Raharjo, Teguh Budi. 2014. Pengaruh Alokasi Dana Zakat Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah. Seminar Nasional dan Call for Paper, FEB UMS.

Anto, M.B. Hendrie dan Astuti, D. Retno. 2008. Persepsi Stakeholder Terhadap Pelaksanaan Corporate Social Responsibility Kasus Pada Bank Syariah di DIY. Sinergi: Kajian Bisnis dan Manajemen. Vol. 10 No.1, Januari 2008.

Anwar, Mokhamad. 2019. Dasar-dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arifin, Johan dan Wardani, Eke Ayu. 2016. Islamic Corporate Social Responsibility Disclosure, Reputasi, Dan Kinerja Keuangan: Studi Pada Bank Syariah Di Indonesia. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia. Vol 20, No 1.

Cahyaningtiyas, Eka dan Canggih, Clarashinta. 2020. Islamic Corporate Responsibility Dan Kinerja Keuangan Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Islam. Vol 3, No 2, h 72-81.

Fachrudin, Khaira Amalia. 2011. Analisis Pengaruh Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, dan Agency Cost Terhadap Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Vol.13.

Firmansyah, Irman, Aam S Rusydiana, Kata Kunci, dan Bank Islam. 2013. Pengaruh Profitabilitas Terhadap Pengeluaran Zakat Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Liquidity 2 (2):10–16.

Fitriya dan Setyorini. 2019. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Dengan Size dan Laverage Ratio Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmiah Akuntansi Indonesia. Vol. 4, No. 1.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam dan Chariri, A. 2007. Teori Akuntansi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Giannini, Nur Gilang. 2013. Faktor Yang Mempengaruhi Pembiayaan Mudharabah Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia. Jurnal Akuntansi Ekonomi Universitas Negeri Semarang Indonesia. ISSN 2252-6765.

Gustani dan Hartono, Nono. 2019. Analisis Islamic Corporate Social Responsibility Dalam Disiplin Pasar Perbankan Syariah Di Indonesia. An-Nisbah: Jurnal Ekonomi Syariah. Vol 05, N0 02.

Hadi, N. 2011. Corporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu. h. 110 Hariyadi, Rahmad. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap

Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Leverage Keuangan Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Fakultas Ekonomi dan bisnis, Universitas Diponegoro.

Herman Darmawi. 2012. Manajemen perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara. hlm. 210.

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAP. hlm. 230

Ikhwal, Nuzul. 2016. Analisis ROA Dan ROE Terhadap Profitabilitas Bank Di Bursa Efek Indonesia. Al-Masraf: Jurnal Lembaga Keuangan dan Perbankan. Vol 1, No 2.

Indrayani dan Risna. 2018. Pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) Dan Sharia Governance Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Bank Umum Syariah Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Jurnal Akuntansi, Keuangan & Perpajakan Indonesia (JAKPI). Vol 6, No 01.

Indrianto, Nur. 2014. Metode Penelitian Bisnis untuk Akuntansi & Manajemen. Cet. VI. Yogyakarta: BPFE

Isbanah, Yuyun. 2015. Pengaruh Esop, Leverage, and Ukuran Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen 15 (1): 28.

Ismawati, I. (2016). Pasar uang dalam perspektif Islam. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 3(1), 96-106.

Kasmir. 2018. Analisis Laporan Keuangan. Depok: Rajawali Pers.

Kasmir, 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta: Kencana

Kementerian Agama RI. Al-Kamal Al-Qur‟an Tajwid Warna, Transliterasi Perkata, Terjemah Per Kata. Jakarta Pusat: Pustaka Jaya Ilmu.

Khoiriyah, Nurainun. 2019. Pengaruh Zakat dan Corporate Social Responsibility terhadap Kinerja Bank Umum Syariah Di Indonesia. Skripsi.

Komarudin, Parman dan Hidayat, Muhammad Rifqi. 2018. Perusahaan Sebagai Subjek Zakat Dalam Perspektif Fikih Dan Peraturan Perundangan. Al- Iqtishadiyah: Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah. Vol IV, No 1.

Lestari, Anci. 2018. Analisis Pengaruh ICSR (Islamic Corporate Sosial Responsibility) dan Zakat Terhadap Reputasi dan Profitabilitas Perusahaan: Studi Empiris Pada Bank Syariah Di Indonesia. Skripsi.

Lindawati, Ang Swat Lin dan Marsella. 2015. Corporate Social Responsibility: Implikasi Stakeholder dan Legitimacy GAP Dalam Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Jurnal Akuntansi Multi Paradigma, Vol. 6 No. 1. hlm. 161.

Masruroh, Nikmatul dan Ummah, Faikatul. 2018. Upaya Pengembangan Corporate Social Responsibility Perspektif Ekonomi Islam. Vol. 4 No. 1, (juni 2018), h.49.

Moeheriono. 2014. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Rajawali Pers.

Mufaini, Arief. 2006. Akuntansi Manajemen Zakat: Mengomunikasikan Kesadaran dan Membangun Jaringan. Jakarta: Kencana.

Muhamad. 2019. Sistem Keuangan Islam. Depok: Rajawali Pers.

Muthaher, Osmad. 2012. Akuntansi Perbankan Syariah. Yogyakarta: Graha Ilmu. hlm. 181.

Najmuddin. 2011. Manajemen Keuangan dan Aktualisasi Syar‟iyyah Modern. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Rahmawati dan Tarmizi. 2012. Pengaruh kinerja Lingkungan terhadap Financial Corporate Performance dengan Corporate Social Responsibility Disclosure sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal of Accounting. Vol. 1 No. 2, Diponegoro. h. 2.

Rhamadhani, R. Febby. 2016. Pengaruh Zakat Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Empiris Pada Bank Umum Syariah di Indonesia). Hunafa: Jurnal Studia Islamika. Vol.13, No.2

Ridwan, Muhammad. 2004. Manajemen Baitul Maal Watanwil. Yogyakarta: UII Press.

Riyanto, Bambang. 2013. Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan Edisi Keempat. Yogyakarta: BPEE.

Slamet, Munawir. 2002. Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty. h. 219. Sobana,

Dadang Husen. 2017. Manajemen Keuangan Syari‟ah. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Suharto, Edi (2005). Membangun Masyarakat, Memberdayakan Rakyat. Bandung: Refika Aditama.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Syukron, Ali. 2015. CSR Dalam Perspektif Islam Dan Perbankan Syariah. Economic: Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam. Vol 5, No 1.

Trimulato, T. 2015. Pengembangan Produk Bank Syariah Melalui Investasi Mudharabah Dengan Bagi Hasil Yang Pasti. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 15(2): 74. https://doi.org/10.20961/jab.v15i2.178

Trimulato, T. 2016. Sharia Bank Product Development through Mudhrabah Investment, Shirkah Journal of Economics and Business 1(3): 311-326.

Triyuwono, Iwan. 2007. Mengangkat “Sing Liyan” Untuk Formulasi Nilai Tambah Syariah. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. Vol 2, No 2.

Triyuwono, Iwan. 2001. Metafora Zakat Dan Shariah Enterprise Theory Sebagai Konsep Dasar Dalam Membentuk Akuntansi Syariah. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia. Vol 5, No 2.

Wahyudi, Rofiul. 2015. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Zakat Perbankan Syariah di Indonesia. Jurnal Muqaddimah. Vol 21, No 2, h.1.

Wibisono, Yusuf. 2007. Membedah Konsep & Aplikasi CSR (Corporate Social Responsibility). Gresik: Fascho Publishing. Hal 67.

Widodo. 2019. Metodologi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.

Yusuf, Muhammad Yasir. 2017. Islamic Corporate Social Responsibility (I-CSR) Pada Lembaga Keuangan Syariah (LKS), Teori dan Praktik. Depok: Kencana.

www.ojk.go.id statistik perbankan syariah diakses 22 Juli 2020. www.bi.go.id diakses tanggal 24 Juli 2020.

www.baznas.go.id diakses tanggal 6 Agustus 2020.

www.knks.go.id diakses tanggal 24 Juli 2020.

www.mandirisyariah.co.id

www.megasyariah.co.id

www.bankmuamalatindonesia.co.id

www.bnisyariah.co.id

www.brisyariah.co.id

Published
2020-12-17
Section
Artikel
Abstract viewed = 1733 times