Pengaruh Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah Mandiri Cabang Makassar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengetahuan, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan nasabah menabung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Non probability sampling (Purposive Sampling) dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 sampel.Penelitian ini menggunakan data primer yaitu data yang diperoleh langsung dilapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yang diukur dalam skala semantic differential. Analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linear berganda dan adapun variabel independen dalam penelitian ini adalah pengetahuan, kualitas produk dan promosisedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah keputusan nasabah menabung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung. Variabel kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung. Variabel promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung. Variabel pengetahuan, kualitas produk dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah menabung dan memiliki koefisien determinasi sebesar 91,2% sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lainnya diluar penelitian ini. Yang terakhir, variabel kualitas produk memiliki pengaruh paling dominan terhadap keputusan nasabah menabung.
References
Desiana, Dewi Susilowati dan Negina Kencono Putri. 2018. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Untuk Menggunakan Jasa Perbankan Syariah Di Kota Tasikmalaya”. Akuntabilitas: Jurnal Ilmu Akuntansi Volume 11 No.1, 2018.
Fahmi, Irham. Manajemen: Teori, Kasus, dan Solusi. Bandung: CV Alfabeta, 2014.
Ghozali, Imam. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2013.
Kara, M. (2013). Konstribusi Pembiayaan Perbankan Syariah Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Makasar. Asy-Syir'ah: Jurnal Ilmu Syari'ah dan Hukum, 47(1). https://doi.org/10.14421/ajish.v47i1.64
Kasmir. Pemasaran Bank. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005
Kotler, Philip and Gary Armstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1; Jakarta: Erlangga, 2012.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1, terj. Bob Sabran; Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. Manajemen Pemasaran Jasa. Yogyakarta : PT Salemba Empat, 2008.
Lupiyoadi, Rambat. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat, 2001.
Muhamad. Sistem Keuangan Islam : Prinsip dan Operasionalnya di Indonesia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2019.
Nitisusastro, Mulyadi. Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2012.
Notoadmodjo, Soekidjo. Ilmu Kesehatan Masyarakat Dan Prinsip-Prinsip Dasar. Jakarta : Rineka Cipta, 2003.
Priyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing, 2008. “Produk Tabungan BSM”, dalam www.syariahmandiri.co.id diakses 22 April 2020 Pukul 13.30 WITA
Shofwa, Yoiz. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Nasabah Produk Simpanan Pada Bsm Cabang Purwokerto”. Jurnal Ekonomi Islam (Islamic Economics Journal) Vol.4, No.1, 2016.
Siregar, Budi Gautama.“Pengaruh Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Tabungan Marhamah Pada Pt. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan”. Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, Vol. 04 No. 1,2018.
Siregar, Syofian. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung : CV. Alfabeta, 2017.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : CV. Alfabeta, 2012.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : CV. Alfabeta, 2010.
Sumarwan, U. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Jakarta : Ghalia Indonesia, 2002.
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. Pemasaran Strategi. Edisi 2; Yogyakarta: Penerbit Andi Offset,2012.
Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Edisi 3;Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2008.
Trimulato, T. (2017). Analisis Potensi Produk Musyarakah Terhadap Pembiayaan Sektor Riil Umkm. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 18(1), 41–51. https://doi.org/10.18196/jesp.18.1.3830
Wahyuddin, dkk. Pendidikan Agama Islam untuk perguruan tinggi. Jakarta : PT. Grasindo, 2009.
Wulansari, Andhita Dessy. Aplikasi Statistika Parametrik dalam Penelitian.
Yogyakarta: Pustaka Felicha, 2016.
Yusuf, A. Muri.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta : prenadamedia group, 2014.