ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2015-2018

  • Mufidah Syamsuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhlis Muhlis Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Kamaruddin Kamaruddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Financial Distress, Financial Ratios, Islamic Banking

Abstract

Rasio menyajikan gambaran tentang suatu keterkaitan atau pertimbangan antara jumlah yang lain dengan suatu jumlah tertentu. Rasio merupakan alat ukur yang digunakan oleh perusahaan untuk menganalisis sebuah laporan keuangan.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis empat variabel dari rasio keuangan dengan menggunakan formula prediksi Altman Z-Score 1995 (modifikasi) yang sudah disesuaikan dengan bank umum syariah di Indonedia terhadap financial distress. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 48 sampel yang berasal dari laporan keuangan tahunan Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2015-2018. Metode pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, sedangkan metode pengolahan data yang digunakan pemeliti ialah regresi logistik binary dengan menggunakan SPSS 22.0.  Hasil penelitian ini menyatakan bahwa variabel Working Capital to Total Asset (WCTA), Retained Earning to Total Asset (RETA), Earning Before Interest and Tax to Total Asset (EBITTA) dan Book Value of Equity to Book Value of Liability (BVE/BVL) secara simultan berpengaruh terhadap financial distress sedangkan secara parsial tidak terdapat variabel yang berpengaruh terhadap financial distress.

References

Altman, Edward I. 1968. “Financial Rations : Discriminan Analysis and The Prediction of Corporate Backcrupty. The Journal of Finance Vol. 23 No. 4.

Anisa, Vindy Dwi & Suhermin. 2016. “Analisis Variabel Kebangkrutan Terhadap Financial Distress Dengan Metode Altman Z-Score”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 5 No. 5.

Arsita, Vina Novi & Abdullan, Rivai. 2018. “Analisis Potensi Kebangkrutan Bank Umum Swasta Nasional Devisa yang Terdaftar di BEI”. Jurnal Perbanas Review Vol. 3 No. 2.

Asia, Vira Eneng & Ch, Irwan. 2015. “Pengaruh Rasio Keuangan Terhadap Prediksi Kebangkrutan (Altman Z-Score) Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2011”. Jurnal Visionida Vol. 1 No. 1.

Azis, M Amin. Mengembangkan Bank Islam di Indonesia. Jakarta: Bankit. 1992.

Brigham, Eungene F., & Houaton F. Manajemen Keuangan. Jakarta: Erlangga. 2001.

Cooper dan Emory. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Erlangga.1996.

Dewi, Gemala. Aspek - Aspek Hukum dalam Perbankan Syariah & Perasuransian Syariah di Indonesia. Depok: Kencana. 2004.

Endri. 2009. “Prediksi Kebangkrutan Bank Untuk Mneghadapi dan Mengelola Perubahan Lingkungan Bisnis: Analisis Model Altman’s Z-Score”. Perbanas Quarterly Review Vol 2 No. 1.

Evans, Rio & Ermiati, Cut. 2015. “Analisis Kebangkrutan Perusahaan dengan Model Altman Z-Score pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2011-2014”. Jurnal Plans Vol. 10 No. 2.

Fatmawati, Mila. 2012. “Penggunaan Model Zmijewski Model, The Altman Model, dan The Springate Model sebagai Prediktor Delisting”. Jurnal Keuangan dan Perbankan Vol. 16 No. 1 Hal 58-59.

Hadi. Metodologi Research. Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada. 2002.

Ihsan, Dwi Nur’aini & Sharfina Putri Kartika. 2015. “Potensi Kebangkrutan pada Sektor Perbankan Syariah Untuk Menghadapi Perubahan Lingkungan Bisnis. Jurnal Etikonomi Vol. 14 No. 2 Hal. 113-146.

Ismawati, I. (2016). Pasar uang dalam perspektif Islam. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 3(1), 96-106.

Jauch, Lawrrance R & Glueck, WilliaM F.Manajemen Strategi dan Kebijaksanaan Perusahaan.Jakarta: Erlangga. 1995.

Kasmir. Analisis Laporan Keuangan. Depok: Rajawali Pers. 2018.

Machali, Imam. Metode Penelitian Kuantitatif; Panduan Praktis Merencaka, Melaksanakan dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017.

Maisarah., Zamzami., & Enggar Diah P.A. 2015. “Analisis Rasio Keuangan Untuk Memprediksi Kondisi Financial Distress Perbankan Syariah di Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Syariah di Indonesia Periode 2011-2016)”. Jurnal Akuntansi & Keuangan Unja Vol. 18 No. 4 Hal. 19-34.

Meidarso, Hadidnov Akbar. 2018. “Pengaruh Kebangkrutan Terhadap Financial Distress Dengan Metode Z-Score Pada Perbankan di BEI”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 7 No. 5.

Muchlis, S., Sukirman, A. S., & Ridwan, R. (2019). Accountability and management transparency masjid finance based on principles aman and fathanah (phenomenology study in mosques in nganjuk hamlet, sugihwaras village, wonomulyo district, polewali mandar regency, west sulawesi province). The Indonesian Journal of Accounting Research, 22(1).

Mudzakar, Mochamad Kohar. 2017. “Implementasi Metode Altman Z-Score untuk Memprediksi Kebangkrutn Perusahaan”. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Vol. 4 No. 2.

Mulkarim, dkk. 2019. “Analysis Of Financial Distress Prediction Sharia Banking Using Altman, Springate, and Zmijewski Methods”. Journal of Management Vol. 5 No. 5

Munawar. Analisa Laporan Keuangan.Yogyakarta:Liberty. 2014.

Platt & Platt. 2002. “Predicting Corporate Financial Distress: Reflections on Choice-Based Sample Bias. Journal of Economics and Finance 26(2), 184-199.

Rahadi, Aditya Putra., & Sufyati HS. 2019. “Analisis Financial Distress pada Bank Umum Syariah di Indonesia”. Jurnal Ilmu Manajemen Vol. 15, No. 1.

Rahmaniah, Melan & Hendro Wibowo. 2015. “Analisis Potensi Terjadinya Financial Distress Pada Bank Umum Syariah (BUS) Di Indonesia”. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah Vol. 3 No. 1 Hal. 1-20.

Safitra, Batara Aldino., Kertahadi., & Siti Ragil Handayani. 2011. “Analisis Metode Altman Z-Score sebagai Alat Evaluasi Guna Memprediksi Kebangkrutan”. Jurnal Ekonomi Hal. 12.

Safitri, Army Rahmatia., Nurdin., & Eva Misfah Bayuni. 2018. “Analisis Prediksi Kebangkrutan Perusahaan pada Saham Syariah yang Mengalami Suspensi di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan Menggunakan Metode Altman Z-Score”. Prosiding Keuangan dan Perbankan Syariah Vol. 4 No. 1.

Saputra, Ariyanto. Metode Penelitian Kuantitatif. Palembang: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Adiguna Palembang, 2012.

Sartono, Agus. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE. 2008.

Sinambela, Lijan Poltak. Metodologi Penelitian Kuantitatif; Untuk Bidang Ilmu Administrasi, Kebijakan Publik, Ekonomi, Sosiologi, Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2014.

Sjahdeni, Sutan Remy. 2002. “Perbankan Syariah: Suatu Alternatif Kebutuhan Pembiayaan Masyarakat”. Jurnal Hukum Bisnis.

Whitaker, Richard B. 1999. “The Early Stages of Financial Distress”. Journal of Economics and Finance Vol. 23 Issue 2.

Widodo. Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2017.

Widuri, Trisnia. 2018. “Analisis Komparatif Prediksi Financial Distress Dengan Metode Altman Z-Score dan Grover O-Score pada PT. Bank Panin Syariah”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (3) Hal 166-174.

Wruck, Karen Hopper. 1990. “Financial Distress, Reorganization, and Organizational Efficiency. Journal of Financial Economics Vol. 27 Issue 2.

Published
2021-06-24
Section
Artikel
Abstract viewed = 378 times