PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN, KEMUDAHAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING (Studi Empiris pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar)

  • Alif Ainul Khatimah Sulmi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Murtiadi Awaluddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ilham Gani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muslimin Kara Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Perceived Usefulness, Ease of Use, Security, Mobile Banking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan persepsi keamanan terhadap minat dalam menggunakan layanan mobile banking Bank BNI pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar. Metode yang digunakan adalah dengan analisis linear berganda dengan uji T dan uji R square. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, kemudahan, dan keamanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan layanan mobile banking.

References

Ahmad, & Pambudi, B. S. (2014). Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Ketersediaan Fitur Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (Studi Pada Program Layanan Internet Banking BRI). Competence Journal of Management Studies, Vol 8 No. 1.

Alsamydai, M. J. (2014). Adaptation of the Technology Acceptance Model (TAM) to the Use of Mobile Banking Services. International Review of Management and Business Research, Vol 3 No. 4.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2018). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2018 . Retrieved Januari 21, 2020, from apjii.or.id: https://apjii.or.id/survei

Awaluddin, M, Mutmainna, A., & Wardhani, R.S. (2019). Komparasi Efisiensi Penyaluran Kredit Pada Bank Umum Syariah (BUS) antara Bank Mega Syariah dan Bank CIMB Niaga Syariah Dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA). Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan Syariah, 3 No. 2, 95-107.

Awaluddin, M, Sayuti, M.G., & Prilmayanti Awaluddin, S. (2020). Optimization of Islamic Institute Role in Promoting Sharia Banking in Indonesia. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 7 No. 2, 79-94.

Awaluddin, M. (2014). Kajian Faktor Penentu Kinerja Usaha Kecil di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 2 No. 2, 120-136.

Awaluddin, M. (2017). Pengaruh Kepribadian Enterpreneurship Islam dan Akses Informasi Terhadap Strategi Bisnis dan Kinerja Bisnis Usaha Kecil Di Kota Makassar. Jurnal Iqtisaduna, 3 No. 1, 79-97.

Awaluddin, M. (2018). Penguatan Peran Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi dalam Mengoptimalkan Kinerja Dosen Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar melalui Kepuasan Kerja. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 5 No. 1, 53-67.

Davis, F. D. (1986). A Technology Acceptance Model for Empirically Testing New-End User Information Systems: Theory and Result. Massachusetts Institute of Technology.

Flavia'n, C., & M., G. (2006). Consumer Trust, Perceived Security and Privacy Policy Three Basic Elements of Loyalty to a Web Site. Industrial Management & Data Systems, 601-620.

Hadi, S., & Novi. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Layanan Mobile Banking. Jurnal Ekonomi dan Bisnis OPTIMUM, Vol 5 No. 1.

Hanif, A., Wahyu, A., & Alfi, A. (2017). Analisis Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Yang Telah Dimodifikasi. e-journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, Vol 4 No.1.

Ismawati, I. (2016). Pasar uang dalam perspektif Islam. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 3(1), 96-106.

Internet World Stats. (2019, Juni 30). Group of 20 Countries- G20 Internet Users In Mid 2019. Retrieved Februari 6, 2020, from Internet Worldstats.com: https://www.internet worldstats.com/top20.htm

Jogiyanto. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan (1 ed.). Yogyakarta: Andi.

Lule, I., Omwansa, T., & Prof. Waema, T. (2012). Application of Technology Acceptance Model (TAM) in M-BankingAdoption in Kenya. International Journal of Computing and ICT Research, Vol 1 No. 1.

Mubiyantoro, & Syaefullah. (2013). Pengaruh Persepsi kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kesesuaian, dan Persepsi Risiko Terhadap Sikap Penggunaan Mobile Banking (Studi Kasus Di Bank BRI Kota Malang). Jurnal Akuntansi Universitas Brawijaya Malang.

Rahayu, P. P. (2019). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, dan Persepsi Kenyamanan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking (Studi Empiris Pada Mahasiswa Di Yogyakarta).

Sharing Vision. (2013, Maret 11). Praktis dan Konsumtif. Retrieved Januari 21, 2020, from sharingvision.com: https://sharingvision.com/praktis-dan-konsumtif/

Siregar, I. (2017). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. (F. Hutari, Ed.) Jakarta: Bumi AKsara.

Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Fator Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Ranaka Cipta.

Wabaa, M., Laloma, A., & Londa, V. (2018). Pengaruh Globalisasi Informasi Terhadap Kehidupan Sosial Budaya Generasi Muda (Suatu Studi Di SMA Negeri 1 Beo Kabupaten Kepulauan Talaud). E-Journal UNSRAT.

Yanuardinda, C. (2014). Analisis Determinan Minat Keperilakuan dalam Menggunakan Mobile Banking. Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya.

Published
2021-06-25
Section
Artikel
Abstract viewed = 3584 times