ANALISIS SWOT TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH (Studi PT. BNI SYARIAH, Tbk. Kantor Cabang Veteran Makakssar)

  • Hafsah Nawir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ahmad Efendi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Ilham Gani Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Keywords: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Produk Pembiayaan Murabahah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji strategi pemasaran produk pembiayaan dan analisis SWOT pada strategi pemasaran proses pembiayaan pada lembaga Bank BNI Syariah Veteran Kota Makassar dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Berdasarkan metode Marketing Mix menurut Phillip Kotler dan Garry Amstrong mendefinisikan bauran pemasaran sebagai seperangkat variabel pemasaran yang dapat dikendalikan dan dipadukan perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan didalam pasar sasaran.
Analisis SWOT identifikasi berbagai factor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan Strengths (Kekuatan), Opportunities (Peluang), namun secara bersamaan dapat meminimalkan Weaknesses (Kelemahan), dan Treats (Ancaman). Dengan menggunakan analisis SWOT akhirnya bisa dirumuskan factor kunci sukses yang dimiliki. Factor kunci sukses ini penting karena akan memberikan informasi bagaimana sebenarnya profil keunggulan bersaing (Competitive Advantage Profile) yang mempunyai suatu perbankan syariah.
Hasil penelitian menggunakan metode Analisis SWOT dari factor Internal dan Eksternal menunjukkan bahwa Bank BNI Syariah Veteran Kota Makassar masuk pada tipe kuadran I. (positif, positif). merupakan posisi yang sangat menguntungkan, Perusahaan mempunyai peluang dan kekuatan sehingga ia dapat memanfaatkan peluang yang ada secara maksimal, sebaiknya perusahaan menerapkan strategi yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif.
Kata Kunci : Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Produk Pembiayaan Murabahah.

References

Al-Ayubi,A.2016.Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah Pada PT.Bank Mega Syariah Tangerang,Fakultas Dakwa Dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayaullah

Al-Qur’an Dan Terjemahannya.2012.Departemen Agama RI,Jakarta:Pusaka Assalam

Ali,S.2012.Dinamika Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia,Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam.3(2):28-53

Ascarya.Yumanita,D.2010.Determinan Dan PersistensiMargin Perbankan Konvensional Dan Syariah Di Indonesi.Pusat Pendidikan Dan Studi Kesentalan Bank

David,F.2009.Strategic Manajement,Jakarta.Salemba Empat

Freddy.Rangkuti.2005.Analisis SWOT Teknik Pembeda Kasus Bisnis,Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.Cetakan 12

Hanna,N.2010.Analisi SWOT Terhadap Strategi Pemasaran,Universitas Surakarta

Hasil Wawancara Pengurus BNI Syariah. Desember 2020

Ismawati, I. (2016). Pasar uang dalam perspektif Islam. Jurnal Minds: Manajemen Ide dan Inspirasi, 3(1), 96-106.

Ita,N.2014.Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah,Jurnal Khatulistiwa,Jurnal Of Islamic Studies.84

Jauzuli,S.2016.Analisis SWOT Strategi Pemasaran Porduk Pembiayaan Pada BMT El-Syifa Ciganjur,Fakultas Dakwa Dan Ilmu Komunikasi,UIN Sarif Hidayatullah

Kartajaya.Hermawan.Sula,MS.2006.Syariah Marketing, Bandung:PT Mizan Pustaka

Kudadiri,R.2018.Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Pada PT,BPRS Insani Tembung,Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam,UIN Sumut,

Mardani.2015.Aspek Hukum Lembaga Keuangan Syariah Di Indonesia,Jakarta:Prenada Media Grub Kencana.Edisi-1

Muhammad,R.2007.Konstruksi Bank Syariah Di Indonesia,Yogyakarta

Pratama,TB.2016.Analisis SWOT Strategi Pemasaran Produk Pembiyaan Murabahah Pada BMT Al-Aqobah Palembang.Fakultas Ekonomi Dan Bisni Islam

Rahmawati,A.2007.Ekonomi Syariah:Tinjauan Kritis Produk Murabahah DalamPerbankan Syariah Di Indonesia,Jurnal Ekonomi Islam.1(2):187-203

Ramadani,R.2018.Analisis Strategi Produk Pembiayaan Murabahah DalamMeningkatkan Keunggulan Kompetitif.Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam,UIN Raden Intan Lampung

Rangkuti.Freddy.2006.Analasis SWOT Teknik Pembedah Kasus Bisnis,Jakarta.Gramedia Pustaka Utama.Cetakan-12

Sholaemah, A.2014.Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Murabahah Pada Bank Syariah Mandiri Semarang,Fakultas Syaiah DanEkonomi Islam,STAIN Salatiga

Syukur,PA.Syahbudin,F.2017.Konsep Marketing Mix Syariah,Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah.5(1)

Trimulato, T. (2015). Pengembangan Produk Bank Syariah Melalui Investasi Mudharabah Dengan Bagi Hasil Yang Pasti. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 15(2): 74. https://doi.org/10.20961/jab.v15i2.178

Trimulato, T. (2017). Analisis Potensi Produk Musyarakah Terhadap Pembiayaan Sektor Riil Umkm. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 18(1), 41–51. https://doi.org/10.18196/jesp.18.1.3830

www.bnisyariah.co.id

Published
2021-07-28
Section
Artikel
Abstract viewed = 742 times