MOBIL 2 IN 1 DAN AKSES PENDIDIKAN DI ERA 4.0 BAGI GENERASI Z TERDAMPAK SECARA KEUANGAN OLEH COVID 19

  • Samsul Arifai UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Gusti Yusmiana UIN Alauddin Makassar
  • Rani Rahman Ady Kampa UIN Alauddin Makassar
  • Adelia Nurul Islami UIN Alauddin Makassar
Keywords: Impact of Covid 19, 2 in 1 Cars, Education in Era 4.0

Abstract

Pandemi covid 19 telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia saat ini, terutama  di bidang pendidikan, yang beralih dari luring ke daring. Namun masyarakat memiliki keterbatasan menjalaninya, akibat keterbatasan jaringan internet dan keterbatasan finansial akibat PHK besar-besaran sehingga kesulitan memenuhi kouta internet pelajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah. (1) Untukmengetahui kondisi proses belajar mengajar generasi Z pada masa pandemi di Indonesia. (2) Untuk mengetahui peran Mobil 2in1 dalam proses pendidikan bagi generasi Z terdampak covid 19 di Indonesia di masa dan post pandemi covid-19. Peneletian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, menggunakan pendekatan fenomenologi. Hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa (1) Kondisi proses belajar mengajar generasi Z pada masa pandemi melalui  pembelajaran daring kurang optimal, karena banyaknya pelajar yang kesulitan mengakses pelajaran dengan baik, diakibatkan oleh beberapa hal, kesulitan akses internet (susah sinyal), tidak memiliki hp Android dan kurang mampu memenuhi kebutuhan kuota internet mereka karena  keterbatasan finansial, dan hal lainnya, terutama di daerah pedalaman. (2) Mobil 2in1 memiliki fasilitas yang memadai yang berperan sebagai salah satu sarana yang dapat membantu proses pendidikan bagi Generasi Z terdampak Covid 19, terutama kemudahan akses internet dan membantu mengurangi keterbatasan ekonomi keluarga khususnya penyediaan kuota internet dalam proses pembelajaran baik di masa pandemi maupun post pandemi covid 19.

References

Asif, A. R., & Rahmadi, F. A. (2017). Hubungan tingkat kecanduan gadget dengan gangguan emosi dan perilaku remaja usia 11-12 tahun (Doctoral dissertation, Faculty of Medicine).

Dwi Yunanto, Satya Herlina, Suryo Boediono Ayu Pravita,M.Sfajri https://www.ristekbrin.go.id/wp-content/uploads/2018/05/Layout-Majalah-Ristekdikti-I-2018-Update-Page-20180426.pdf

Herliandry, L. D., & Suban, M. E. (2020). Jurnal Teknologi Pendidikan Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.22(1),6570http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp/article/view/15286

IrfanKamil:2020 https://www.kompas.com/edu/read/2020/05/23/165205771/memperjuangkan-hak-belajar-siswa-di-daerah-3t-tanpa-ponsel-dan-kuota

Kemendikbud:2020 https://m.cnnindonesia.com/nasional/20201022123707-20-561482/kemendikbud-12-ribu-sekolah-tak-punya-akses-internet

Kwon, M., Lee, J. Y., Won, W. Y., Park, J. W., Min, J. A., Hahn, C., ... Kim, D. J. (2013). Development and Validation of a Smartphone Addiction Scale (SAS). PLoS ONE. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0056936

Lathif, Ayu Puji Lestari, Asyharinur Ayuning "Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19"https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=akses+pendidikan+dimasa+pandemi&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3Du9wts7E2d6IJ

Lau, W. W. F. (2017). Effects of social media usage and social media multitasking on the academic performance of university students. Computers in Human Behavior. https://doi.org/10.1016/j.chb.2016.11.043.

Menkeu Sri Mulyani: Pertumbuhan ekonomi 2020 bisa minus 2,2% https://amp.kontan.co.id/news/menkeu-sri-mulyani-pertumbuhan-ekonomi-2020-bisa-minus-22

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165.

NindyaAldila,Bisnis.com https://m.bisnis.com/amp/read/20200519/15/1242794/25-juta-orang-diperkirakan-kehilangan-pekerjaan-akibat-covid-19

Pribadi, Benny A. “Peranan Teknologi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” In Optimalisasi Peranan Teknologi Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran, 2–3. Padang: Universitas Terbuka Repository, 2011. http://repository.ut.ac.id/7265/1/Peranan Teknologi Pendidikan dalam.pdf.

Purwanto, A., Wijayanti, L.M., Hyun, C.C., Asbari, M. (2020). The Effects of Transformational, Transactional, authentic, Authoritarian Leadership style Toward Lecture Performance of Private University in Tangerang. Dinasti International Journal of Digital Business Management (DIJDBM),1(1),29-42.DOI:https://doi.org/10.31933/dijdbm.v1i1.88

Siddiqui, S., & Singh, T. (2016). Social Media its Impact with Positive and Negative Aspects. International Journal of Computer Applications Technology and Research. https://doi.org/10.7753/ijcatr0502.1006

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL https://pmpk.kemdikbud.go.id/assets/docs/UU_2003_No_20_-_Sistem_Pendidikan_Nasional.pd.

Unik Hanifah Salsabila, Lailli Irna Sari, Khusna Haibati Lathif, Ayu Puji Lestari, Asyharinur Ayuning "Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19" https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=akses+pendidikan+dimasa+pandemi&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3Du9wts7E2d6IJ

Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 1–4

Yoo, S., Jeong Kim, H., & Young Kwon, S. (2014). Between ideal and reality: A different view on online-learning interaction in a cross-national context. Journal for Multicultural Education. https://doi.org/10.1108/JME-04-2013-0018

Published
2021-12-28
Abstract viewed = 603 times