KEUNGGULAN PRODUK DAN PENERAPAN NILAI ISLAM SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH

  • Muhammad Assydik Fauzan Mahasiswa UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Samsul Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keunggulan produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia, dan penerapan nilai Islam berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia, serta mengatahui apakah keunggulan produk dan penerapn nilai Islam berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah pada Bank Syariah Indonesia Cabang Makassar.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dimana diperoleh dari kuisioner yang diberikan kepada para nasabah Bank Syariah Indonesia Kc. Makassar Veteran. Adapun populasi atau jumlah responden dalam penelitian ini ialah berjumlah 105 responden.

Hasil dari penelitian yang dilakukan dari keunggulan produk dan penerapan nilai Islam terhadap kepuasan nasabah. Peneliti menemukan keunggulan produk dan penerapan nilai Islam memiliki dampak yang sangat signifikan. penerapan nilai Islam memiliki signifikasi yang lebih tinggi terhadap kepuasan nasabah. Penelitian ini menunjukkan pengaruh variabel independent, keunggulan produk dan penerapan nilai Islam dapat menjelaskan variabel dependen yaitu kepuasan nasabah sebesar 76,5%, menunjukkan bahwa keunggulan produk dan penerapan nilai Islam mampu mempengaruhi kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia.

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi bagi Bank Syariah Indonesia Kc. Makassar Veteran agar dapat meningkatkan kembali keunggulan produk dan penerapan nilai Islam sehingga terciptanya kepuasan bagi para nasabah

Published
2022-09-20
Abstract viewed = 389 times