PENGEMBANGAN MATERI PAI DENGAN ILMU KESEHATAN UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN
Abstract
Pendidikan agama Islam secara umum bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan peserta didik tentang agam Islam, sehingga menjadi menjadi manusia muslim yamng beriman dan bertakwa kepada Allah serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dan diantara salah satu cara kita beribadah kepada Allah yaitu dengan cara mengkonsumsi makanan dan minuman yang baik dan Halal. Di dalam Islam Allah SWT sangat menganjurkan sekali agar kita mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal agar ibadah yang dilakukan ini dapat diterima oleh Allah dan tentu dapat membantu dalam proses pendidikan. Untuk itu setiap orang yang sedang dalam pembelajaran harus memperhatikan bagaimana kesehatannya. Salah satunya dengan memberikan pemahaman, bagaimana cara mendapatkan, dan mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengembangan Materi Pai Dengan Ilmu Kesehatan Untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif jenis library research atau studi pustaka yakni dengan mencari referensi teori yang relevan dengan permasalahan yang ditemukan. Hasil dari penelitian ini adalah kita dapat memperhatikan gizi yang terdapat pada makanan dan minuman maka kita pun akan peduli terhadap lingkungan. Salah satu kunci kesehatan itu juga adalah kita mampu menjaga lingkungan yang sehat serta bersih. Karena lingkungan ini juga merupakan faktor yang tak kalah pentingnya dalam menjaga stabilitas kesehatan tubuh kita. Dan apabila lingkungan tempat kita tinggal tidak sehat maka akan sangat sulit untuk dapat hidup sehat sekeras apapun kita berusaha untuk hidu sehat jika lingkungannya tidak mendukung.
Kata Kunci: Pengembangan materi PAI, Makanan dan minuman halal serta bergizi.
Downloads
References
Daradjat, Z. (2012). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Dariyo, A. (2003). Psikologi Perkembangan Desawa Muda . Jakarta : Gramedia Widiasarana Indonesia .
Daulay, H. P. (2014). Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat . Jakarta : Prenadamedia Group .
Haryanti. (2014). Ilmu Pendidikan islam. Malang : Gunung Samudera .
Hutami, D. (2020). Pendidikan Karakter Kebangsaan untuk Anak : Peduli Lingkungan dan Peduli Sosial. Yogyakarta : Cosmic Media Nusantara.
Muhaimin. (2012). Paradigma Pendidikan Islam . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nadesul, H. (2019). Sehat itu Murah . Jakarta: Buku Kompas .
Nata, A. (2016). Perspektif Islam tentang Pendidikan Kedokteran . Jakarta : Salemba Diniyati .
Nuraini. (2018). Halalan Thayyiban Alternatif Qurani untuk Hidup Sehat . Nuraini, 92.
Sekar Dwi Ardianti, S. W. (2017). Peningkatan Perilaku Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab Siswa melalui Model Ejas dengan Pedekatan Science Edutainment. Juran Ilmiah Pendidikan Dasar , 1.
syah, H. (2013). Filsafat Pendidikan Islam . Pekanbaru: LP2S INDRASAKTI.
Syampurma, H. (2018). Studi tentang Tingkat Pengetahuan Ilmu Gizi Siswa-Siswi SMP Negeri 32 Padang . Jurnal Menssana , 90.
Uci Sanusi, R. A. (2017). Ilmu pendidikan Islam. Yogyakarta : DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV Budi Utama).
Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia .