PENGARUH PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 3 MINASATE’NE PANGKEP

  • selfa Afia UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syahruddin Usman UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Abd Syukur Abu Bakar UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan perpustakaan sekolah di SMPN 3 Minasate’ne Pangkep, untuk mengetahui minat belajar peserta didik di SMPN 3 Minasate’ne Pangkep dan untuk enganalisis pengaruh penggunaan Perpustakaan Sekolah terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMPN 3 Minasate’ne Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) penggunaan perpustakaan sekolah di SMPN 3 Minasate’ne Pangkep berada pada kategori sedang dengan persentase 75% sedangkan minat belajar peserta didik di SMPN 3 Minasate’ne Pangkep juga berada pada kategori sedang dengan presentase 67,5%. Dari hasil perhitungan diperoleh (thitung) = 2,91 sementara (ttabel) = 1,684 untuk taraf signifikansi 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan H0 di tolak dan H 1 diterima.  Implikasi dalam penelitian ini yaitu bagi peserta didik di SMPN 3 Minasate’ne Pangkep untuk lebih  menggunakan perpustakaan sekolah dalam pembelajaran. Bagi guru untuk bisa menggunakan perpustakaan sekolah  sebagai alat pembelajaran agar minat belajar  peserta didik semakin bertambah. Bagi sekolah untuk bisa menjadi bahan masukan serta perbaikan terhadap penggunaan perpustakaan dengan lebih melengkapi buku-buku mata pelajaran atau menyediakan bahan bacaan lainnya untuk lebih menarik minat peserta didik. Bagi peneliti yang akan datang, bisa dijadikan sebagai  bahan referensi dalam  melakukan penelitian terhadap penggunaan perpustakaan sekolah dan minat belajar.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Aziz, Safrudin. Perpustakaan Ramah Difabel: Mengelola Layanan Informasi bagi Pemustidakaan Difabel. Depok: Ar-Ruzz Media, 2014.

Bafadal, Ibrahim. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Cet. X; Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Darmanto, Priyono. Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Bumi. Aksara, 2018.

Djali. Psikologi Pendidikan. Cet. X; Jakarta: Bumi Aksara. 2017.

Darmadi. Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Budi Utama, 2017.

Mangnga, Alias. Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jupiter 14. no.1 (Maret 2015): h. 38-42.

Nur, Jumaidi. Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Tenggarong. Jurnal Cemerlang 3, no. 1 (Juni 2015): h. 3-15.

Prapanca, Minat Siswa Kelas IX terhadap Mata Pelajaran Tata Boga di SMA Negeri 1 Temon, Skripsi,Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2012.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomr 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Jakarta, 2015.

Rifal, Agus. Perpustakaan Islam. Depok: PT. Raja grafindo Persada, 2014.

Rubianti, Pengaruh Kemandiria, Fasilitas dan minat Belajar trhadap Prestasi Belajar Sosiologi, Jurnal Ideguru 2, No. 1 (Mei, 2017): h. 11-24

Shaleh, Abdul Rahman. Pendidikan Agama dan Pembangunan Watidak Bangsa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005.

Sutrisno. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK. Malang: Ahlimedia, 2021.

Syahputra, Edy. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Suka Bumi: Haura Publishing, 2020.

Zain, Aswan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2008.

Published
2021-12-10
How to Cite
Afia, selfa, Usman, S. and Bakar, A. S. A. (2021) “PENGARUH PENGGUNAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 3 MINASATE’NE PANGKEP”, Inspiratif Pendidikan, 10(2), pp. 36-52. doi: 10.24252/ip.v10i2.25615.
Abstract viewed = 197 times