PERAN BI’AH LUGHAWIYYAH DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUL HUFFADH TUJU-TUJU KAB.BONE

  • Sri Mulya Rahmawati PPS UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Kamaluddin Abunawas Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Yusuf Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Bi’ah Lughawiyyah (Lingkungan Bahasa), Pembelajaran bahasa Arab.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hal-hal apa saja yang melatarbelakangi penciptaan Bi’ah Lughawiyyah di Pondok Pesantren Darul Huffadh Bone, mendeskripsikan model penciptaan Bi’ah Lughawiyyah, dan menganalisa peran dari kegiatan Bi’ah Lughawiyyah yang diterapkan di Pondok Pesantren Darul Huffadh dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data riset lapangan, meliputi teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penciptaan bi’ah lughawiyyah di Pondok Pesantren Darul Huffadh dilatarbelakangi karena Pondok Pesantren Darul Huffadh memadukan dua muatan akademis yaitu tahfiz\ al-Qur’an dengan Kulliyatul Mu’allimin al-Islamiyyah (KMI). Berbagai matapelajaran umumnya berbahasa Arab, selain itu terdapat matapelajaran fiqh dan matapelajaran bahasa Inggris, sehingga santri memiliki motivasi untuk memahami dan menguasai bahasa Arab dan bahasa Inggris. Disamping untuk mengetahui isi al-Qur’an dan hadis| juga mampu memahami buku-buku yang menjadi bahan ajar. Adapun model-model penciptaan bi’ah lughawiyyah di Pondok Pesantren Darul Huffadh secara umun yaitu: melakukan kegiatan pemberian kosakata, al-muha>das|||\ah, al-muha>darah, mengadakan kursus, mengadakan tajassus bagi santri yang melanggar disiplin berbahasa, melakukan penyiaran berita, memasang mading di setiap tempat. Adapun peran bi’ah lughawiyyah terhadap pembelajaran bahasa Arab secara garis besar dinyatakan berhasil dalam mencapai tujuan yang direncanakan, yaitu meningkatkan kemampuan  berbahasa Arab santri, dimana santri mampu menggunakan bahasa Arab sebagai alat komunikasi sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Khuliy, Muhammad Ali, al-Haya>h ma’a Lughataini, (Riyadh : Ja>mi’ah al-Malik Su‘ud, 1988.

A.Hidayat, Biah Lughowiyah (Lingkungan Berbahasa) dan Pemerolehan Bahasa (Tinjauan tentang urgensi Lingkungan Berbahasa dalam Pemerolehan Bahasa), Jurnal Pemikiran Islam; vol.37, Januari-Juni 2012.

Djafar, Hamsiah. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Cet. I ; Makassar : Alauddin Press, 2011.

Efendi, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab . Cet.II; Malang : Misykat, 2005.

General Information Pondok Pesantren Darul Huffadh.

Luwis Ma’luf al-Yasu’I, Munjid fii al-Lughah wal A’lam, Beirut, Lebanon : Dar El-Mashrew Publisher, 1973.

Saat, Sulaiman dan Sitti Mania. Pengantar Metodologi Penelitian, Gowa : Pusaka Almaida, 2019.

Samsuri. Analisis Bahasa . Cet. VIII ; Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama, 1991.

Said, Sa’diah Lanre dkk. Etta Meniti di dalam Cahaya, Pasuruan : Daffa Publishing, 2019.

Santoso, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya : Pustaka Agung Harapan, 2007.
Published
2022-07-07
How to Cite
Mulya Rahmawati, S., Abunawas, K. and Yusuf, M. (2022) “PERAN BI’AH LUGHAWIYYAH DALAM MENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN DARUL HUFFADH TUJU-TUJU KAB.BONE”, Inspiratif Pendidikan, 11(1), pp. 123-140. doi: 10.24252/ip.v11i1.29670.
Abstract viewed = 524 times