PENDIDIKAN AKHLAK MULIA MELALUI MAJLIS ZIKIR

  • Abd. Rahman STAI DDI Mangkoso Barru
    (ID)
Keywords: Pendidikan, Akhlak Mulia, Majlis Zikir

Abstract

Pendidikan akhlak mulia terhadap manusia bukanlah pekerjaan ringan. Maka dari itu, majlis zikir perlu diperhatikan secara intensif dan harus diberikan waktu tertentu dan terpenting adalah aplikasinya. Adapun aplikasi zikir ada tiga yaitu: 1. Zikir Qalbiyah (hati) maksudnya adalah segalah sesuatu yang akan dilaksanakan harus berawal pada kesucian hati dan keikhlasan niat untuk Allah Swt. 2. Zikir Qauliyah (ucapan) maksudnya adalah segala ucapan yang akan dikeluakan pada lisan harus bermanfaat pada diri sendiri dan orang lain. 3. Zikir Fi’liyah (perbuatan) maksudnya adalah segala perbuatan dan pergaulan harus dijaga dalam kehidupan sehari-harinya.

 Akhlak mulia akan membawa manfaat pada Qalb (hati), agar tetap hidup bersih dan bercahaya. Sebab hati yang hidup dan bercahaya akan menjadi modal segala kebaikan, kesuksesan dan keselamatan hidup di dunia dan akhirat. Karena dasar segala kebaikan dan keselamatan khamba adalah hati yang bersih dan bercahaya, bahkan setiap makhluk hidup adalah kesempurnaan hidup dan cahayanya. Allah Swt telah menghimpun dua dasar yakni kehidupan dan cahaya. Hidup akan melahirkan kekuatan pendengaran, penglihatan, malu, keberanian, kesabaran dan segenap akhlak mulia lainnya.

Dengan berakhlak mulia, manusia akan memperoleh beberapa manfaat dari akhlaknya yakni; a) agamanya semakin kuat, b) dimudahkan perhitungan amalnya pada yaumul hisab (hari perhitungan amal), c) Ketika mendapat kesulitan selalu juga mendapat solusi dari Allah Swt, d) dijamin keselamataanya disunia dan akhirat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

djahuq
Published
2022-06-29
How to Cite
Rahman, A. (2022) “PENDIDIKAN AKHLAK MULIA MELALUI MAJLIS ZIKIR”, Inspiratif Pendidikan, 11(1), pp. 112-122. doi: 10.24252/ip.v11i1.29682.
Abstract viewed = 302 times