PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PPKN PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 13 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang penanaman nilai-nilai karakter yang baik dalam pembelajaran PKn siswa di SMP Negeri 13 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai karakter yang baik dalam pembelajaran PKn siswa di SMP Negeri 13 Makassar telah berhasil dilakukan. Beberapa faktor telah dipertimbangkan untuk mendukung guru dalam menanamkan karakter yang layak pada siswa. Faktor tersebut meliputi keterlibatan aktif dan kepala sekolah, karakter guru yang baik sebagai panutan, peraturan sekolah yang ketat, dan metode pembelajaran yang efektif. Namun,
Downloads
References
Departemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas, 2005.
Gunawan, Heri. Pendidikan Karakter; Konsep dam Implikasi . Cet.3; Bandung: Alfabeta, 2014.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum SMP/MTS.
Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Standar Nasional Pendidikan, Pasal 77 ayat 1. https://brainly.co.id (diakses 15 Juni 2023)
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Purwanto M. Ngalim. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1994.
Republik Indonesia. Salinan Lampiran Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Saefuddin Azis dan Berdiati Ika. Pembelajaran Efektif . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset, 2014.
Saputra, Lukman Surya dkk, Buku Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP/MTS Kelas VII. Edisi Revisi; Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Suwahyu, Irwansyah. “Pendidikan Karakter dalam Konsep Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara”, Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 23 No 2, (2018)
Zuchdi, Darmiyati dkk. Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif. Cet. 1; UNY Press, 2010.