PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI SAMARINDA
Abstract
This research departs from the learning problems of Islamic Religious Education which are caused by low motivation and student learning outcomes. The strategies used include Active Learning. This research aims to determine whether there is an influence of active learning strategies on students’ motivation and learning outcomes. This quantitative research used a survey approach and a comparative causal design. The population were students in grade VIII at SMPN 2 Samarinda, SMPN 9 Samarinda, SMPN 7 Samarinda, and SMPN 14 Samarinda. This research used purposive sampling. The data collection techniques are a questionnaire and documentation, while the data analysis technique is a MANOVA test. The research results show that there is an influence of Active Learning strategies on the motivation and learning outcomes of Islamic Religious Education in Samarinda Middle School. The hypothesis is accepted by using Hotelling's Trace analysis with a strong influence.
Downloads
References
Aisah, S. Penerapan Active Learning Strategi Konstruktivisme pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Labuhan Batu (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara), 2019.
Anggraini, Fitrianingtyas, “Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedanganak 02” dalam Jurnal Mitra Pendidikan, Vol. 1, No. 6. 2017.
Anma Emda, ”Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran”, dalam Jurnal Lantanid, Edisi no. 2, Vol. 5, 2017
Asep, Saipul, Hamdi, dan E. Bahruddin, Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, KBBI V (Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kelima) Luring.
Baharun, H. Penerapan Pembelajaran Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan. 2015
Cahyo, Agus N. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Diva Press: Yogyakarta. 2013
Conny, Semiawan, Pendekatan Kreampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar, Jakarta: PT Gramedia 1985
Deborah, Loewenberg Ball dan Francesca M. Forzani, “The Work of Teaching and the Challenge for Teacher Education”, dalam Joernal of Teacher Education Edisi no 5, Vol. 60, 2009.
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya Special for Women, Bandung: Sygma, 2014.
Dermadi, Optimaliasi Strategi Pembelajan. Bogor: Guepedia, 2018.
Dhika, A. W. Pengaruh Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Peer Lesson terhadap Kemampuan Hots Ditinjau dari Self Confidence (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung) 2022.
Dimiyati dkk, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rineka Cipta 2006. Dimyati dan Mujiono, Belajar dan Pembelajaran .Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Djumransyah, Filsafat Pendidikan Malang, Malang: Bayu Media Publishing, 2004.
Elsinora, Mahananingtyas, “Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotorik”, Prosiding Seminar Nasional, HDPGSDI, 2017.
Enco, Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakaria, 2006.
Fadhlan, Mudhafir, Krisis dalam Pendidikan Islam, Cet. I; Jakarta: Al-Mawardi Prima, 2000.
Hamzah, B Uao, Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Efektif dan Kreatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.
Hartono, Suatu Strategi Pembelajaran Berbasis Student, disampaiakan pada seminar Nasional, 2005.
Husniyatus, Salamah Zainiyati, Model dan Strategi Pembelajaran Aktif ,Surabaya: Penerbit Putra Media Nusantara Surabaya & IAIN PRESS Sunan Ampel PMN Anggota IKAPI Jatim, 2010.
Ilyas, Ismail, et al., Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran Makassar: Cendika Publisher, 2020.
Made, Wena, StrategiPembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Mahmud, Psikologi Pendidikan, Cet. 2, Bandung: Pustaka Setia, 2012. Mahmud, Idrus, Metode Penelitian Sosial Jakarta: Erlangga, 2009.
Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi (Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004), Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Maria, Martinez Lirola, Introducing Education based on Human Rights in Higher Eduaction: Examples From A Language Subject, dalam jurnal International Journal of Education edisi no. 2, Vol. 9, 2017.
Masitah dan Laksmi Dewi, Strategi Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI, 2011.
Masruroh, U. Implementasi Strategi Belajar Aktif (Active Learning) dalam Pembelajaran Tematik di MIN Kauman Utara Jombang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim), 2017.
M.D. Jumransyah, Filsafat Pendidikan Malang. Malang, Bayu Media Publishing, 2004.
Mohamad, Nur, Pembelajaran Kooperatif, Jakarta: Depdiknas, 2005.
Mubayyinah, N., & Ashari, M. Y. Efektivitas Metode Active Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XA di SMA Darul Ulum 3 Peterongan Jombang. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 76-93, 2017.
Muhaimin, Paradigma Pendidikan Agama Islam: Upaya Mengaktifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Muhibbin, Syah, Psikologi Belajar, Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2008. Muhtadi, A. Pengembangan Model Pembelajaran “Active Learning” dengan
Metode Kelompok untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi: Studi Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran di LPTK (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia), 2010.
Mukhtar, Orientasi Baru Supervise Pendidikan, Jakarta: Gunung Persada Press, 2009.
Mulyana, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Surabaya: CV. Citra Media, 1996 Muhaimin, Paradigma Pendidikan Agama Islam: Upaya Mengaktifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.
Puji, L. Penerapan Strategi Belajar Aktif (Active Learning Strategy) dalam Pembelajaran PAI di SMP Muhammadiyah 1 Kalianda Lampung Selatan (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung), 2022.
Putra, A. K., & Frianto, A. Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Kepuasan Kerja. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 2013.
Redaksi Sinar Grafika, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No.
20 Tahun2003), Jakarta: Sinar Grafika, Cet. IV, 2011 edisi 3, 2003.
Riduwan, Metode dan Teknik Menyusun Tesis Penelitian, Bandung: CV.Alfabeta, 2014.
Rohmalina, Wahab, Psikologi Pendidikan, Cet. 2, Palembang : IAIN Raden Fatah Press, 2008.
Saiful, Bahri Djamarah, Psikologi Belajar. .Jakarta; Rineka Cipta. 2011
Saiful, Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. 2005
Sinar, Metode Active Learnin: Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar.
Yogyakarta: Deepublish, 2018
Siagian, R. E. F. Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2015.
Slameto, Hasil Orang Tua dan Faktor Latar Belakang yang Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Penerbit Qiara Media, 2020
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualtitatf, dan R&D,Cet 18 Bandung: Alfabeta, 2013
Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta,2017.
Sukandi, Belajar Aktif dan Terpadu, Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Surabaya.
Duta Graha Pustaka, 2003.
Syofian, Siregar, Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta:PT Fajar Interpratama Mandiri,2017
Taufiq, Tea, Inspiring Teaching cet.1, Jakarta : Gema insani. 2009
Tim Redaksi Focus Media, Himpunan Peraturan Perundang-Undangan Tentang Sisdiknas cet ke 1. Bandung: Focus Media, 2003
Topic, Offirstson, Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Berbantuan Software Cinderella. Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Umi, Mahmudah dkk. Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab,
UIN Malang Press, 2008
Uno, H. B. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan.
Bumi Aksara. 4, 2023
Widayat, Prihartanta, Teori-Teori Motivasi, dalam jurnal Adabiya, edisi no.83, Vol.1, 2015.
Wina, Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenada Media. 2006
Yamin, M. Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Batukliang Tahun Pelajaran 2017/2018. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 2(3).2018
Yeri, Sutopo dan Ahmad Slamet, Statistika Inferensial. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET, 2017
Zuhairini dkk. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta, Rhamdani. 1993