ASPEK YURIDIS TERHADAP AKUISISI MEREK PERUSAHAAN

  • erlina erlina UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstract

               Building a strong brand needs hard work and a relatively long time. Therefore it will be much faster and less risky when acquiring a brand that is well known and has a loyal market compared to creating a brand or new brand that is not necessarily successful. Acquiring a brand that has been proven to have performance and income and good growth is safer than developing its own brand. But if a misstep, acquisition can actually harm the company, both for the company being acquired and the company that acquires it

Keywords: Acquisitions, Brands, Companies

 

Abstrak

Membangun merek yang kokoh perlu usaha yang keras dan waktu yang relative panjang. Oleh karena itu akan jauh lebih cepat dan kurang berisiko apabila mengakuisisi merek yang sudah dikenal dan memiliki pasar yang loyal dibanding dengan membuat merek atau brand baru yang belum tentu berhasil.  Mengakuisisi suatu merek yang sudah terbukti punya kinerja dan pendapatan serta pertumbuhan yang baik lebih aman daripada mengembangkan merek sendiri. Namun kalau salah langkah, akusisi justru bisa merugikan perusahaan, baik bagi perusahan yang diakuisisi maupun perusahaan yang mengakuisisi

Kata Kunci: Akuisisi, Merek, Perusahaan

References

Abdulkadir Muhammad, Hukum Perusahaan Indonesia, PT Citra Aditya Bhakti, Bandung, 2006,

Ahmad M. Ramli, “ Tanggung Jawab PT sebagai Badan Hukum”, Seminar Corporate Law Executive Program, 29-30 Agustus 1995, Jakarta

Joni Emirzon, Hukum Bisnis Indonesia, Literata Lintas Media, Jakarta, 2007,

_______, Akuisisi Lintas Batas Negara dalam Presfektif Hukum Perbankan dan Hukum Persaingan Bisnis, Jurnal Hukum Bisnis, Volume 27 Nomor 2 Tahun 2008,

Harsono Adi Sumarto, 1989, Hak Milik Intelektual Khususnya Merek dan Paten, Akademik Pressindo, Jakarta

Munir Fuady, Hukum Perusahaan Dalam Paradigma Hukum Bisnis, Pt. Citra Aditya, Bandung, 2002,

_______, Hukum Tentang Akuisisi, Take Over, dan LBO, Citra Aditya Bakti, Bandung, 2008,

Ridwan Khairandy, Perseroan Terbatas, Doktrin, Peraturan Perundang-Undangan, dan Yurisprudensi, Kreasi Total Media, Yogyakarta, 2007,

Published
2018-12-30
How to Cite
erlina, erlina. (2018). ASPEK YURIDIS TERHADAP AKUISISI MEREK PERUSAHAAN. Jurisprudentie : Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Syariah Dan Hukum, 5(2), 86-98. https://doi.org/10.24252/jurisprudentie.v5i2.6466
Section
Volume 5 Nomor 2 Desember 2018
Abstract viewed = 441 times