Manajemen Strategi Galeri Investasi Syariah Dalam Meningkatkan Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah

  • Muhammad Syaifullah Pascasarjana IAIN Pontianak
    (ID)
  • Fachrurazi Fachrurazi Pascasarjana IAIN Pontianak
    (ID)
  • Firdaus Achmad Pascasarjana IAIN Pontianak
    (ID)
  • Sandi Adji Usman Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak
    (ID)
  • Rizki Wahyuni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak
    (ID)

Abstract

The level of financial literacy in Indonesia is still low, there are still many millennials who are not familiar with investment in the Islamic capital market. This study aims to explain the management of strategies undertaken by the Islamic Investment Gallery in attracting students to invest and find out the obstacles faced in attracting investors. This study uses a qualitative method with a descriptive approach. Data collection techniques are interviews with management, MNC Securities and investors management, b) Documentation, c) Direct observations at the IDX Sharia Investment Gallery. The first research results that the management of strategies in increasing student interest in investing in the Islamic capital market, including: a) Environmental observation; b) The formulation of strategies has not been implemented much, c) Implementation, is still not maximized; d) Evaluation and control, still need special monitoring and control strategies currently still not effective. Secondly, the factors that influence students' interest in investing are: a) Internal factors; b) Social factors; and c) emotional motives.

Keywords: Management Strategy, Islamic Investment, Student Interest

Tingkat literasi keuangan masyarakat di Indonesia yang masih rendah, masih banyak generasi milenial yang belum mengenal investasi di pasar modal syariah. Penelitian ini bertujuan menjelaskan manajemen strategi yang dilakukan Galeri Investasi Syariah didalam menarik minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal syariah dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh Manajemen Galeri Investasi syariah dalam menarik investor. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara kepada manajemen galeri, Manajemen MNC Sekuritas dan para investor, b) Dokumentasi berupa foto-foto hasil wawancara, c) Observasi langsung pada Galeri Investasi Syariah BEI. Hasil penelitian yang pertama bahwa manajemen strategi dalam meningkatkan minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal syariah, di antaranya yaitu: a) Pengamatan lingkungan; b) Perumusan strategi masih belum banyak yang diterapkan, c) Implementasi, masih belum maksimal; d) Evaluasi dan pengendalian, kegiatan masih perlu pemantauan khusus dan pengendalian strategi saat ini masih belum efektif. Kedua bahwa faktor yang mempengaruhi minat berinvestasi yaitu a) Faktor dari dalam; b) Faktor sosial; dan c) Motif emosional.

Kata Kunci: Strategi Manajemen, Investasi Syariah, Minat.

References

AB Susanto. 2014. Manajemen Strategi: Teknik Penyusunan Serta Penerapannya untuk Pemerintah dan Usaha. Yogyakarta: Graha Ilmu

Achsien, Iggi H. 2000. Investasi Syariah di Pasar Modal: menggagas konsep dan praktek manajemen portofolio syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Ademola, Babatunde Afilabi, dan Awoniyi. 2017. Impact of Interest Rate on Portofolio Management in Nigeria. Malalui <http://www.journalrepository.prg/media/journals/AJEBA_50/2017/Apr/Afolabi242017AJEBA32882.pdf>

Aminda. 2015. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negri 147 Palembang. Melalui <https://98-Article-Text-188-1-10-20150528.rar>

Antonio, Muhammad Syafii. 2001. Bank Syariah: Dari Teori ke Praaktek. Jakarta: Gema Insani

Aziz, Musdalifah, Mintarti, Sri dan Nadir, Maryam 2015. Manajemen Investasi. Yogyakarta: Deepublish

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish

Sakti, Ali, Darwis, Androecia, Darsono, Suryanti, Enny Tin dan Astiyah, Siti. 2017. Dinamika Produk dan Akad Keuangan Syariah di Indonesia. Depok: Rajawali.

David Hunger dan Thomas. 2001. Manajemen Strategis. Penerbit: ANDI

Dimyati, Johni 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana

Fahmi, Irhan. 2006. Analisis Investasi dalam Perspektif Ekonomi dan politik. Bandung : PT Refika Aditama

Faniyah, Iyah. 2017. Investasi Syariah Dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia. Yogyakarta : DEEPUBLISH

Gunawan, Fahmi dan Hastuti, Heksa Biopsi Puji. 2018. Pendidikan Hukum dan Ekonomi di Sulawesi Tenggara. Yogyakarta: Deepublish

Gunawan, Fahmi. 2018. Senarai Penelitian Pendidikan, Hukum, dan Ekonomi di Sulawesi Tenggara. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA

Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Hadi, Nor 2013. Pasar Modal : Acuan Teoretis dan Praktis Investasi di Instrumen Keuangan Pasar Modal. Yogyakarta: Graha Ilmu

Herdiana, Nana .2015. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV Pustaka Setia

Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara, Observasi, dan Focus Groups: Sebagai Instrumen Panggalian Data Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Hery. 2013. Mahir Mengelola Bisnis Dalam 30 Hari. Yogyakarta: Gava Media

Hidayat, Taufik 2011. Buku Pintar Investasi Syariah. Jakarta: TransMedia

HungerJ, David dan WheelenL,Thomas. 2001. Manajemen Strategis.Yogyakarta. ANDI

Islam, Ariful, Rahman, AImtiaj dan Yousuf, Salahuddin. 2015. Investors’ Investment Decisions in Capital Market: Key

Jeet Singh dan Preeti Yadav. 2016. A Study on the Factors Influencing Investors Decision in Investing in Equity Shares in Jaipur and Moradabad with Special Reference to Gender. Melalui <http://amity.edu/UserFiles/admaa/195Paper%209.pdf>

Juwono, Onny. 2011. Analisis Manajemen Strategik Perusahaan Waralaba (Franchise) (Studi Kasus Di Restoran Cepat Saji McDonald’s) Periode Oktober – Desember 2011.

Kasmir. 2016. Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Komunitas Investor Saham Pemula. 2017. Yuk Belajar Saham untuk Pemula. Jakrta: PT Elex Media Kompotindo

Lawrence dan William. 1988. Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan. Jakarta: Erlangga

Lubis. Mayang Sari. 2018. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Deepublish

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Manan. 2018. MNC Sekuritas Kenalkan Investasi Saham untuk Mahasiswa Universitas Putra Batam. Melalui <https://economy.okezone.com/read/2018/05/20/278/1900423/mnc-sekuritas-kenalkan-investasi-saham-untuk-mahasiswa-universitas-putra-batam>

Martalena dan Melinda, Maya. 2011. Pengantar Pasar modal. Yogyakarta: ANDI OFFSET

Maskur. 2015. Manajemen Humas Pendidikan Islam Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Deepublish

Masri Situmorang, Andreas dan Natariasari, Riska 2014. Effect of Motivation towards Investment Interest In Stock Market with Investment Knowledge and Age as Moderating Variable. Melalui <https://media.neliti.com/media/publications/33497-ID-pengaruh-motivasi-terhadap-minat-berinvestasi-di-pasar-modal-dengan-pemahaman-in.pdf>

Malik, Ahmad Dahlan. 2017. Analisa Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi UISI. Melalui <http://e-journal.unair.ac.id/JEBIS/article/view/4693>

Manan, Abdul. 2009. Aspek hukum dalam penyelenggaraan investasi di pasar modal syariah indonesia. Jakarta: KENCANA

Md. Ariful Islam, Md. Imtiaj Rahman & Salahuddin Yousuf. 2015. Investors’ Investment Decisions in Capital Market: Key Factors, Global Journal of Management and Business Research: CFinanceVolume 15 Issue 4 Version 1.0. Type: Double Blind Peer Reviewed International Research Journal Publisher: Global Journals Inc. (USA) Online ISSN: 2249-4588& Print ISSN: 0975-5853. <https://globaljournals.org/GJMBR_Volume15/1-Investors-Investment-Decisions.pdf>.

Moechidie, Abi Hurairah dan Ramelan, Haryajid . 2012. Gerbang pintar Pasar Modal. Jakrta: PT. capital Bridge Advisory

Murniati dan Usman, Nasir 2009. Implementasi Manajemen Stratejik. Bandung: Citapustaka Media Perintis

Nawawi, Hadari 2015. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University: University Press

Owolabi, A. Usman. 2014. Analysis Of The Impacts Of Interest Rate And EXCHANGE Rate On Capital Market Perfomance In Nigeria. Melalui <http://ijecm.co.uk/wp-content/uploads/2014/06/2626.pdf>

Paskali, Pransiskus Paulus 2016. Semakin Dekat Degan Pasar Modal Indonesia. Yogyakarta: Deepublish

Pajar, Rizki Chaerul 2017. Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY. Melalui <http://journal.sudent.uny.ac.id/ojs/index.php/profita/article/download/9628/9282>

Prasetyo, Harry. 2017. Bursa Efek Indonesia Dirikan Galeri Investasi Syariah di IAIN Pontianak. Melalui <http://pontianak.tribunnews.com/2017/11/03/bursa-efek-indonesia-dirikan-galeri-investasi-syariah-di-iain-pontianak?page=1>

Rohmatussa’dyah, Ana dan Suratmam. 2017. Hukum Investasi & Pasar Modal. Jakarta: Sinar Grafika

Sholihin, Ahmad Ifham. 2010. Pedoman Umum Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tensis. Yogyakarta: Suaka Media

Sutedi, Adrian. 2011. Pasar Modal Syariah: sarana investasi keuangan berdasarkan prinsip syariah. Jakarta: Sinar Grafika

Sutedi, Adrian. 2014. Pasar Modal Syariah. Jakarta: Sinar Grafika

Sudarsono, Heri. 2012. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Bandung: CV Pustaka Setia

Situmorang, Horaas. 2016. BEI Ajak Mahasiswa 'Nabung Saham' Sejak Dini. Melalui <https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-3185715/bei-ajak-mahasiswa-nabung-saham-sejak-dini?_ga=2.120653121.894258379.1526956629-310502371.1526956629>

Situmorang, Perluhutan, Mahardhika, Jauhari dan Listiyani, Tri 2010. Jurus-Jurus Berinvestasi Saham untuk Pemula. Jakarta: TransMedia

Situmorang, Masri, Andreas dan Natariasari, Riska. 2014. Effect of Motivation towards Investment Interest In Stock Market with Investment Knowledge and Age as Moderating Variable. Melalui <https://media.neliti.com/media/publications/33497-ID-pengaruh-motivasi-terhadap-minat-berinvestasi-di-pasar-modal-dengan-pemahaman-in.pdf

Sofyan, Iban. 2015. Teknik Penyusunan Manajemen Strategi Pemerintah dan Usaha. Yogyakarta: GRAHA ILMU

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumanto. 2014. Teori dan Aplikasi Metode Penelitian. Yogyakarta: CAPS

Supramono, Gatot. 2014. Tranksaksi Bisnis Saham dan Penyelesaian Sengketa Melalui Pengadilan. Bandung: Kencana

Susilowati, Yuliana 2017. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Syariah Untuk Berinvestasi di Pasar Modal Syariah.

Syaifullah, Muhammad dan Burhanuddin. 2018. Implementation of SISKEUDES Based on Top Management Support and Education and Training. International Journal of Scientific Research in Computer Science, Engineering and Information Tecnology© 2018 IJSRCSEIT | Volume 3| Issue 1| ISSN : 2456-3307. <http://ijsrcseit.com/CSEIT183168>.

Syaifullah, Muhammad dan Aprianti, Mita. 2018. The Effect Of Self Motivation Become An Investors In Sharia Capital Markets, ICTACT Journal On Management Studies. February 2018, Volume: 05, Issue: 01 <http://ictactjournals.in/IJMS/Vol5Issue1.aspx>.

S Yahya, Febriyani 2018. Sasar Generasi Milenial, MNC Asset Management Andalkan Reksa Dana Online. Melalui <https://economy.okezone.com/read/2018/02/13/320/1858976/sasar-generasi-milenial-mnc-asset-management-andalkan-reksa-dana-online>

Tandelilin, Eduardus. 2010. Portofolio dan Investasi Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: KANISIUS

Tandio, Timothius dan Widanaputra. 2016. Pengaruh pelatihan pasar modal, return, persepsi risiko gender, dan kemajuan teknologi pada minat investasi mahasiswi. Melalui <https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/21199>

Tanjung, Hendri dan Devi, Abrista. 2016. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam. Jakarta: Gramata Publishing

Untung, Budi. 2011. Hukum Bisnis Pasar Modal. Yogyakarta : ANDI

Widoatmodjo, Sawidji 2005. Cara Sehat Investasi di Pasar Modal Pengantar Menjadi Investor Profesional. Jakarta: PT Elex Media

Published
2019-10-01
How to Cite
Syaifullah, M., Fachrurazi, F., Achmad, F., Usman, S. A., & Wahyuni, R. (2019). Manajemen Strategi Galeri Investasi Syariah Dalam Meningkatkan Minat Mahasiswa Untuk Berinvestasi Di Pasar Modal Syariah. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 3(2), 108-127. https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v3i2.10037
Section
AL-MASHRAFIYAH VOLUME 3 NOMOR 2 (2019)
Abstract viewed = 3119 times