Peran Penyampaian Informasi Akuntansi, Bagi Hasil, dan Pemahaman Produk terhadap Minat Menabung Masyarakat Kota Bandung di Bank Syariah
Abstract
Many diverse and useful sharia bank products are unknown to the public. This article discusses how much influence the delivery of accounting information, profit sharing, and understanding of the product on the interest of saving people in sharia banks. The technique of selecting research samples by using the method of random sampling through questionnaires for 100 respondents. Data were analyzed using multiple regression analysis. The results of this study were the delivery of accounting information and profit sharing had a positive effect on the interest of saving the people of Bandung in sharia banks, while the understanding of the product did not have a positive effect on the interest of saving the people of Bandung in sharia bank. Submission of accounting information and the level of revenue sharing is a consideration of most people in Bandung to save at Sharia banks. Education is needed on how to calculate profit sharing so that misunderstandings occur. Likewise, it is necessary to improve the quality of delivery of accounting information so that it can change people's perceptions about Sharia banking and increase interest in saving people in Sharia banks.
Keywords: Accounting Information, Profit Sharing, Product Understanding, Interest in Saving, Sharia Bank
Produk-produk bank syariah yang cukup beragam dan tentunya bermanfaat banyak yang belum diketahui oleh masyarakat. Artikel ini membahas seberapa besar pengaruh penyampaian informasi akuntansi, bagi hasil, dan pemahaman produk terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah. Teknik pemilihan sampel penelitian dengan menggunakan metode random sampling melalui penyebaran kuesioner untuk 100 responden. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian Menunjukkan bahwa penyampaian informasi akuntansi dan bagi hasil berpengaruh positif terhadap minat menabung masyarakat Kota Bandung di bank syariah, sedangkan pemahaman produk tidak berpengaruh positif terhadap minat menabung masyarakat Kota Bandung di bank syariah. Penyampaian informasi akuntansi dan tingkat bagi hasil menjadi pertimbangan sebagian besar masyarakat Kota Bandung untuk menabung di bank syariah. Diperlukan edukasi mengenai cara menghitung bagi hasil agar tidak terjadi kesalahpahaman. Demikian pula diperlukan peningkatan kualitas penyampaian Informasi akuntansi sehingga dapat mengubah persepsi masyarakat tentang perbankan syariah dan meningkatkan minat menabung masyarakat di bank syariah.
Kata Kunci: Informasi Akuntansi, Bagi Hasil, Pemahaman Produk, Minat Menabung, Bank Syariah
References
Chotimah, C. 2014. Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi, dan Lokasi terhadap Masyarakat Memilih Bank Syariah di Surakarta.
Daulay, R. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bagi Hasil terhadap Keputusan Menabung Nasabah pada Bank Mandiri Syariah di Kota Medan. JRAB: Jurnal Riset Akuntansi & Bisnis.
Harhap, R. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung pada Tabungan Mudharabah di Bank Muamalat Cabang Balai Kota Medan. Jurnal Al-Qasd, 1(1), 21-39.
Haryanto, R., Panjaitan, H., & Ujianto. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Nilai Nasabah terhadap Citra Perbankan serta Implikasinya pada Keputusan Nasabah Menabung dengan Karakteristik Nasabah sebagai Variabel Moderating pada Perbankan Syariah di Madura. Jurnal Doktor Ekonomi (JADE), 1(1), 77 - 98.
Hirmawan, M. 2015. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Bertransaksi di Bank Syariah (Studi Kasus di Bank Jateng Syariah Cabang Surakarta). Naskah Publikasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/Pages/PBS-dan-Kelembagaan.aspx. (n.d.). Retrieved November 11, 2019, from https://www.ojk.go.id.
Kontan. 2016, Juli 1. Tiga Hal Ini Bikin Bank Syariah Jadi Kurang Diminati Nasabah. Retrieved Agustus 12, 2019, from https://jambi.tribunnews.com/2016/07/01/tiga-hal-ini-bikin-bank-syariah-jadi-kurang-diminati-nasabah.
Mardiah, A., Putra, A. P., & Junaidi. 2017. Analisis Minat Masyarakat Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus di Kampung Paya Bedi Aceng Tamiang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM), 1(1).
Nurdin, Ismail & Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Ortega, D., & Alhifni, A. 2017. Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah. EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(1), 87 - 98.
Pertiwi , D., & Ritonga, H. 2012. Analisis Minat Menabung Masyarakat pada Bank Muamalat di Kota Kisaran. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 1(1).
Rosyid, M., & Aris. 2016. Pemahaman Produk Bank Syariah Guru Pondok Pesantren di Kabupaten Tangerang dan SIkap Menggunakan Produk Bank Syariah. JURNAL ISLAMINOMICS, 7(1).
Rusdianto, H., & Ibrahim, C. 2016. Pengaruh Produk Bank Syariah terhadap Minat Menabung dengan Persepsi Masyarakat sebagai Variabel Moderating di Pati. EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 43 - 61.
Sari, N., & Wirawan, Y. 2017. Persepsi Nasabah tentang Prinsip Syariah dan Penerapan Bagi Hasil terhadap Keputusan Menabung pada Bank Muamalat Kantor Cabang Madiun. Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIPMA 2017, 120-125.
Sujarwo, M., & Sari , A. I. 2017. Perkembangan Nasabah dalam Menggunakan Produk Perbankan Syariah Mandiri Tbk, Kantor Cabang Tegal. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis, 102-114.
Sumantri, B. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Produk Pembiayaan terhadap Minat dan Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah. Jurnal Economia, 10(2), 141-147.
Wahab, W. 2016, Desember. Pengaruh Tingkat Bagi Hasil terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 1(2), 167-184.
Wijayanti , S. 2018. Pengaruh Karakteristik Sistem Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajerial (Studi Empiris Perusahaan Rokok di Kudus). Accounting Global Journal, 2(1), 64-75.
Wiliasih, R., & Shadrina, F. 2017. Faktor Dominan yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah untuk Menabung di Bank Syariah, BPRS, dan KSPPS. J u r n a l N i s b a h, 3(2), 442-461.
Yolanda, F. 2018, Oktober 12. OJK: Masyarakat Nilai Produk Syariah Kurang Menguntungkan. Retrieved Agustus 12, 2019, from https://republika.co.id/berita/ekonomi/syariah-ekonomi/18/10/13/pghh8e370-ojk-masyarakat-nilai-produk-syariah-kurang-menguntungkan.
Yuliawan, A. 2017, February 21. Bank Syariah, Antara "Brand" dan Persepsi. Retrieved Agustus 10, 2019, from http://www.neraca.co.id/article/81409/bank-syariah-antara-brand-dan-persepsi.