Analisis Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah Indonesia Studi Empiris Desa Pelawan Jaya

  • Titin Agustin Nengsih UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
    (ID)
  • Muhammad Maulana hamzah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
    (ID)
  • Anisah Olida UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi, pengetahuan dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat menabung masyarakat di Bank Syariah Indonesia KCP Singkut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memperoleh data primer dari kuesioner dengan mengambil responden sebanyak 86 orang. Hasil penelitian uji-t menunjukkan bahwa variabel promosi dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan, sedangkan variabel pengetahuan tidak berpengaruh secara signifikan. Adapun hasil penelitian uji-F menyatakan bahwa promosi, pengetahuan dan kepercayaan berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap minat menabung. Nilai koefisien determinasi dari promosi, pengetahuan dan kepercayaan sebesar 28,4% terhadap minat menabung masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian ini maka diharapkan pihak perbankan Syariah dapat membuat kombinasi promosi dan edukasi yang dibalut dalam agenda keagamaan untuk meningkatkan minat masyarakat Desa Pelawan jaya untuk menggunakan jasa bank Syariah Indonesia.

References

Abdurrahman Fathoni, 2011. Metodologi penelitian dan teknik penyusunan skripsi, Jakarta: Rineka cipta,

Dayyan, Fahriansah, Juprianto. 2019. Analisis Minat Masyarakat Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus di Gampong Pondok Kemuning) Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) 1, no. 2 hal 1-19

Edy Syahputra, 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar,. Sukabumi: Haura Publishing.

Eko Mardiyanto, 2021. Implementasi marketing mix dalam pemasaran perbankan syariah, Jurnal: Pemikiran dan penelitian ekonomi Islam 9, No.1

Eva Yasika Wijayati, 2019. Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung di Bank SyariPada Masyarakat Dukuh Krajan Pulosari Jambon Ponorogo. Skripsi: IAIN Ponorogo

Ibrahim MNE, 2019. Produk kreatif dan kewirausahaan, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Laili Widyastuti Nurul’aini, 2019. Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap minat nasabah menabung pada produk tabungan Pendidikan. Skripsi: UIN Walisongo,

Madura, 2007. Pengantar Bisnis, Jakarta: Salemba Empat

Maskur Rosyid dan Halimatu Saidiah. 2016. Pengetahuan Perbankan Syariah dan Pengaruhnya terhadap Minat Menabung Santri dan Guru, Islaminomics: Journal Of Islamic Economics, Business and Finance 7 no. 2

Nurngaeni, 2018. Pengaruh Pengetahuan dan Persepsi Mahasiswa Tentang Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah. Skripsi IAIN Purwokerto

Philip Kotler, 2009. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga

Rahma Bellani Oktavindria Iranati, 2017. Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah. Thesis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Ratih Hurriyati, 2008. Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen, Bandung: Alfabeta

Ridwan Basalamah & Rizal M, 2018. Perbankan syariah. Empat Dua Media, Malang

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. CV Alfabeta. Bandung

Tatik Suryani, 2017. Manajemen pemasaran strategik bank di era global, Jakarta: Pranamedia group

Wawancara dengan masyarakat Desa Pelawan Jaya. 2021

Wawancara dengan Sekretaris Desa Pelawan Jaya, 2021

Wilardjo SB, 2005. Pengertian, Peranan, dan Perkembangan Bank Syariah di Indonesia, Journal of Value Added Majalah EKonomi dan Bisnis. Vol 2, No. 1 hal 1-10

Yohana Neysa Setyawan, 2014. Analisa Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, dan Aksesbilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon di Surabaya, Jurnal Strategi Pemasaran 2, no. 1 (2014)

Published
2021-10-11
How to Cite
Nengsih, T. A., hamzah, M. M., & Olida, A. (2021). Analisis Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah Indonesia Studi Empiris Desa Pelawan Jaya. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 5(2), 28-39. https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v5i2.22126
Section
AL-MASHRAFIYAH VOLUME 6 NOMOR 1 (2022)
Abstract viewed = 4129 times