Analisis Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah Indonesia Studi Empiris Desa Pelawan Jaya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi, pengetahuan dan kepercayaan berpengaruh terhadap minat menabung masyarakat di Bank Syariah Indonesia KCP Singkut. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memperoleh data primer dari kuesioner dengan mengambil responden sebanyak 86 orang. Hasil penelitian uji-t menunjukkan bahwa variabel promosi dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan, sedangkan variabel pengetahuan tidak berpengaruh secara signifikan. Adapun hasil penelitian uji-F menyatakan bahwa promosi, pengetahuan dan kepercayaan berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap minat menabung. Nilai koefisien determinasi dari promosi, pengetahuan dan kepercayaan sebesar 28,4% terhadap minat menabung masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian ini maka diharapkan pihak perbankan Syariah dapat membuat kombinasi promosi dan edukasi yang dibalut dalam agenda keagamaan untuk meningkatkan minat masyarakat Desa Pelawan jaya untuk menggunakan jasa bank Syariah Indonesia.References
Abdurrahman Fathoni, 2011. Metodologi penelitian dan teknik penyusunan skripsi, Jakarta: Rineka cipta,
Dayyan, Fahriansah, Juprianto. 2019. Analisis Minat Masyarakat Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus di Gampong Pondok Kemuning) Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) 1, no. 2 hal 1-19
Edy Syahputra, 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar,. Sukabumi: Haura Publishing.
Eko Mardiyanto, 2021. Implementasi marketing mix dalam pemasaran perbankan syariah, Jurnal: Pemikiran dan penelitian ekonomi Islam 9, No.1
Eva Yasika Wijayati, 2019. Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung di Bank SyariPada Masyarakat Dukuh Krajan Pulosari Jambon Ponorogo. Skripsi: IAIN Ponorogo
Ibrahim MNE, 2019. Produk kreatif dan kewirausahaan, Yogyakarta: Penerbit Andi.
Laili Widyastuti Nurul’aini, 2019. Pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap minat nasabah menabung pada produk tabungan Pendidikan. Skripsi: UIN Walisongo,
Madura, 2007. Pengantar Bisnis, Jakarta: Salemba Empat
Maskur Rosyid dan Halimatu Saidiah. 2016. Pengetahuan Perbankan Syariah dan Pengaruhnya terhadap Minat Menabung Santri dan Guru, Islaminomics: Journal Of Islamic Economics, Business and Finance 7 no. 2
Nurngaeni, 2018. Pengaruh Pengetahuan dan Persepsi Mahasiswa Tentang Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di Bank Syariah. Skripsi IAIN Purwokerto
Philip Kotler, 2009. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga
Rahma Bellani Oktavindria Iranati, 2017. Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Pengetahuan, Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah. Thesis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Ratih Hurriyati, 2008. Bauran pemasaran dan loyalitas konsumen, Bandung: Alfabeta
Ridwan Basalamah & Rizal M, 2018. Perbankan syariah. Empat Dua Media, Malang
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. CV Alfabeta. Bandung
Tatik Suryani, 2017. Manajemen pemasaran strategik bank di era global, Jakarta: Pranamedia group
Wawancara dengan masyarakat Desa Pelawan Jaya. 2021
Wawancara dengan Sekretaris Desa Pelawan Jaya, 2021
Wilardjo SB, 2005. Pengertian, Peranan, dan Perkembangan Bank Syariah di Indonesia, Journal of Value Added Majalah EKonomi dan Bisnis. Vol 2, No. 1 hal 1-10
Yohana Neysa Setyawan, 2014. Analisa Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, dan Aksesbilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon di Surabaya, Jurnal Strategi Pemasaran 2, no. 1 (2014)