ANALISIS POSITIONING INDUSTRI PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan membahas mengenai strategi positioning yang dilakukan oleh industri perbankan syariah secara umum di Indonesia. Sebagaimana diketahui bahwa penduduk Indonesia yang beragama Islam kurang lebih 80% penduduk Indonesia. Hal ini seharusnya menjadi peluang dan keunggulan bagi perbankan Syariah untuk bertumbuh pesat dan besar, namun kenyataannya penguasaan pasar perbankan Syariah di Indonesia hanya berkisar 5 – 6%. Hal ini bertolak belakang dengan kenyataan bahwa penduduk Indonesia mayoritas adalah muslim dengan asumsi bahwa mereka ingin menjalankan syariat agama. Penelitian ini merupakan kajian literatur yang melihat fenomena yang terjadi dikaji dengan konsep teori.References
Al - Arif, M. Nur Rianto, 2010 Dasar – Dasar Pemasaran BankSyariah, ALFABETA: Bandung
Awaluddin, M. (2017). Pengaruh Kepribadian Entrepreneuship Islam Dan Akses Informasi Terhadap Strategi Bisnis Dan Kinerja Bisnis Usaha Kecil Di Kota Makassar. Jurnal Iqtisaduna, 3(1), 79-97.
http://agussiswoyo.com/ekonomi-islam/memahami-positioning-dalam-manajemen-pemasaran-bank-syariah/
http://keuangan.kontan.co.id/news/ojk-jumlah-bank-saat-ini-116-di-indonesia
http://www.gomarketingstrategic.com/2016/06/strategi-pemasaran-analisis-segmentasi.html
Kasmir, 2005. Pemasaran Bank. Jakarta:. Prenada Media Group, Jakarta.
Muhammad, 2005. Manajemen Bank Syariah, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Peter, J. Paul, etc, 1999. Consumer Behavior, alih bahasa, edisi keempat, Jilid I, Penerbit Erlangga Jakarta.
Suhartini, E., & Awaluddin, M. (2016). Analisis Kesesuaian Kompetensi Alumni Uin Alauddin Terhadap Kepuasan Stakeholder (Study Kasus Lulusan Manajemen Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar angkatan 2006-2010). Jurnal Manajemen Ide dan Inspirasi, 3(1), 27-57.
Supranto, etc, 2007. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Mitra Wacana Media, Edisi 2, , Jakarta.
Sutanto, Herry dan Khaerul Umam, 2013. Manajemen Pemasaran Bank Syariah. Pustaka Setia Bandung
Sutisna, 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan ketiga PT. Remaja Rosd, Jakarta.