Prefererensi Nasabah Terhadap Produk Tabungan
(Studi pada Nasabah iB Muamalat di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk)
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan dari religiusitas dan kualitas layanan terhadap preferensi nasabah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian sebanyak 273 populasi dan jumlah sample sebanyak 73 responden dengan pengambilan sample menggunakan rumus slovin dan kriteria pemilihan sample yaitu merupakan nasabah tabungan iB haji dan umrah Bank Muamalat, rentan usia 25-60 tahun dan berdomisili di jakarta dan lampung. Dengan menggunakan alat pengolahan data berupa Aplikasi SPPS vers 20. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara simultan religiusitas dan kualitas layanan memiliki pengaruh terhadap preferensi sedangkan secara parsial religiusitas tidak berpengaruh terhadap preferensi dan kualitas layanan berpengaruh terhadap preferensi.
Kata Kunci: Religiusitas, Kualitas Layanan dan Preferensi
Referensi
(———.(2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D (Bandung: Alfabeta).
Ajzen. (1991). The Theory of Planned Behavior’, Organizational Behavior and Human Decision Processes, Vol. 50, 2: 179-211 Dan I. Ajzen, Attitudes, Personality and Behavior, 2nd Ed.(New York, NY: Open University Press, 2005)
Alwahidin, Nur Afni. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Indonesia,Vol 3, No 1, Juli, Page 57-71.
B.H.Sheppard, J. Hartwick and P.R. Warshaw. (1988). The Theory of Reasoned Action:A Meta-Analysis of Past Research with Recommendations for Modifications and FutureResearch’, Journal of Consumer Research, Vol. 15, 3: 325-43.
Bank Indonesia. (2022). Statistik Perbankan Syariah.2022, Diakses 31 Juli 2022.
Carlson Chan Dan Andrew Chan. (2011). Attitude Toward Wealth Management Services: Implications for International Banks in China, International Journal of Bank Marketing Vol.29, 4: 272-292.
Fadhilatul Hasanah.(2019) Pengaruh Tingkat Religiusitas, Pengetahuan, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Bank Syariah, Volume 4 Nomor 1 Juni.
Fahmi Gunawan et al.(2018). Senarai Penelitian Pendidikan, Hukum, Dan Ekonomi Di Sulawesi Tenggara (Yogyakarta: CV Budi Utama)
Fatih Duraini.(1977). Al-Haqq Ma MadaSultán al-Daulah Fi Taqyidihi (Beirut: Mu’assasah al-Risalah)
G.D.Sideridis, A. Kaissidis and S. Padeliadu. (1998). Comparison of the Theories of ReasonedAction and Planned Behaviour’, The British Journal of Educational Psychology, Vol. 68: H. 563-80.
Gibson. (2010). Religiusitas Culture. Jakarta. Erlangga.
Hendi Suhendi. (2005). Fiqh Muamalah (Jakarta: Rajawali Press), Hlm. 9.
I. Ajzen and M. Fishbein. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior (Englewood Cliffs, NJ.: Prentice-Hall)
I. Ajzen. (2000). Theory of Reasoned Action (New York, NY: American Psychological Association)
Ibn Abidin. (1966). Hasyiah Rad Al-Mukhtar Ala al-Dar al-Mukhtar SharhTanwir al-Absar, Jil. 4 (Mesir: Matbaah Mustafa al-Halabi), Hlm. 501.
Ivancevich, Lorenzi, Skinner, Dan Crosby. (2000). Manajemen Kualitas Dan Kompetitif Terjemahan Mohammad Musa, (Jakarta: Fajar Agung), h.32.
Jalaludin. (2012). Psikologi Agama (Jakarta: PT Raja Grafinso Persada), 15.
John W. Creswell. (2010). Research Design: PendekatanKualitatif, Kuantitatif Dan Mixed (Edisi III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar), h. 5.
Kara, M. (2013). Konstribusi Pembiayaan Perbankan Syariah Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Makasar. Asy-Syir'ah: Jurnal Ilmu Syari'ah dan Hukum, 47(1).
M. Fishbein. (1967). Attitude and the Prediction of Behavior”, in Fishbein, M. (Ed.), Readings InAttitude Theory and Measurement, (New York, NY: Wiley), h. 477-92.
Margono. (2004). Metodologi Penelitian (Jakarta: Rineka Cipta).
Maski, Ghozali. (2010). Analisis Keputusan Nasabah Menabung: Pendekatan Komponen Dan Model Logistik Studi Pada Bank Syariah Di Malang. Jurnal of Indonesia Applied Economics, Vol.4 (No.1): H. 43-57.
Mayogi Araffi, Slamet Haryono. (2022). Peran Religiusitas Dalam Memoderasi Persepsi, Preferensi Dan Pengetahuan Terhadap Minat Menjadi Nasabah Di Bank Syariah Indonesia, JurnalManajemen Dan Sains, 7(2), Oktober, 461-467.
Merriam Webster’s. (1995). Collegiate Dictionary,.Ed. 10 (Springfield, Massachusetts, USA: Merriam-Webster, Inc), h. 1338.
Moh.Nazir. (2011). Metode Penelitian (Bogor: Ghalia Indonesia).
Muchlis, S., Sukirman, A. S., & Ridwan, R. (2019). Accountability and management transparency masjid finance based on principles aman and fathanah (phenomenology study in mosques in nganjuk hamlet, sugihwaras village, wonomulyo district, polewali mandar regency, west sulawesi province). The Indonesian Journal of Accounting Research, 22(1).
Muhammad. (2011). Manajemen Bank Syariah (Yogyakarta: Sekolah Tinggi IlmuManajemen YKPN), 237.
Nina Indah Febriana. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Tulungagung, AN-NISBAH, Vol. 03, No. 01, Oktober. 150.
Nugroho J Setiadi. (2003). Perilaku Konsumen (Jakarta: Penerbit Kencana), 30.
Nurlaili Adkhi Rizfa Faiza. (2022). Religiusitas, Kepuasan Pelayanan, Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah Di Kota Surabaya, J E S Volume 7, Nomor 2, September.
Ratminto Dan Atik Septi Winarsih.(2010). Manajemen Pelayanan Pengembangan Model Konseptual, Penerapan Citizen’s Charter Dan Standar Pelayanan Minimum, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).
Sugiyono, (2012). MetodePenelitianKombinasi (Mix Methods). (Bandung: Alfabeta).
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&G. (Bandung: Alfabeta).
Tjoptono, Fandy. (2007). Strategi Pemasaran, (Yogyakarta:Andi), h.12.
Trimulato, T. (2017). Analisis Potensi Produk Musyarakah Terhadap Pembiayaan Sektor Riil UMKM. Jurnal Ekonomi &; Studi Pembangunan, 18(1), 41-51.
Wahbah al-Zuhayli. (2004). M, Al-Fiqh al-Islam WaAdilatuhu, Jil. 4 (Damsyik: Dar al-Fikr), Hlm. 40.
Wahyu Utami, Marijati Sangen Dan M. Yudy Rachman. (2015). Analisis Pengaruh Religiusitas, Kelompok Referensi Dan Motivasi Terhadap Keputusan Menabung Di Bank Syariah (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Di Kota Banjarmasin), Jurnal Wawasan Manajemen, Vol. 3, Nomor 1, Februari.)
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##