FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MASYARAKAT MEMILIH SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL FITYAN KABUPATEN GOWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi masyarakat dalam memilih SDIT Al Fityan Kab. Gowa, serta menganalisis faktor paling dominan pengaruhnya bagi masyarakat dalam memilih SDIT Al Fityan Kab. Gowa. Penelitian ini mengacu pada pada penelitian survey yang bersifat menjelaskan (explanatory research), dengan jumlah responden sebanyak 100 orang yang dipilih secara simple random sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis faktor secara parsial, menggunakan analisis faktor konfirmatori dari item-item penyusun setiap faktor, dengan menggunakan program SPSS versi 19.00. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa faktor tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty memengaruhi masyarakat dalam memilih SDIT Al Fityan. Faktor tangibel dan assurance menjadi faktor dominan dalam memengaruhi masyarakat memilih SDIT Al Fityan
References
Aaker, D.A., Kumar, V., Day, G.S., 2004. Marketing Research, 8th ed. John Wiley & Sons. USA
Churchill, Jr. Gilbert A. And Iacobucci, Dawn., 2005. Marketinng Research Methodological Foundation, 9th ed, Thomson, Ohio
Fitzsimmons, J.A., Fitzsimmons, M.J., 2006, Service Management : Operation, Strategy, and Information Technology, 5th ed, McGraw-Hill, New Jersey
Ghozali, I., 2001. “Analisis Multivariat:. Edisi pertama . BP-Undip, Semarang
Hawkins, Del I, Roger J. Best, Kenneth A. Coney, 2004, Consumer Behavior ; Building Marketing Strategy, 9th ed, McGraw-Hill, New York
Kartajaya, Hermawan, 2002. Hermawan Kertajaya on Marketing, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Kasali, Rhenald, 2005. Change, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Keegan, Warren J, Mark C. Green, 2003. Global Marketing, 3rd ed, Prentice Hall, New Jersey
Kotler, Philip, 2000. Marketing Management, The Millennium ed, Prentice Hall, New Jersey
Kotler, Philip, Gary Armstrong, 2006. Principles of Marketing, 11th ed, Prentice Hall, New Jersey
Kotler, Philip, Swee Hoon Ang, Siew Meng Leong, Chin Tiong Tan, 2003. Marketing Management an Asian Perspective, 3rd ed, Prentice Hall, Singapore
Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, Hean Tat Keh, Xiongwen Lu, 2005. Service Marketing in Asia ; Managing People, Technology, and Strategy, 2nd ed, Prentice Hall, Singapore
Malhotra, Naresh K., 2004. Marketing Research, An Applied Orientation, 4th ed, Prentice Hall, New Jersey
McCarthy, E. Jerome, William D. Perreault, Jr, 2005.Basic Marketing ; A Global-Managerial Approach, 15th ed, McGraw-Hill, New York
Pawitra, Teddy. 2004. Peta dan Paradigma Baru Pemasaran Abad ke-21. Value Marketing ; Paradigma Baru Pemasaran. PT Mizan Publika. Jakarta
Peter, J. Paul, Jerry C. Olson, 2005.Consumer Behavior and Marketing Strategy, 7th ed, McGraw-Hill, New York
Setiadi, Nugroho J, 2003.Perilaku Konsumen, Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Kencana, Jakarta
Subroto, Budiarto, Diah Natalisa. 2004. Commitment to Service Quality to Increase Customer Satisfaction. Value Marketing ; Paradigma Baru Pemasaran. PT Mizan Publika. Jakarta
Sugiyono, 2004.Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung
Susanto, A.B. 2004. Value MarketingParadigma Baru Pemasaran. PT Mizan Publika. Jakarta
Walpole, Ronald E, 1995, Pengantar Statistik, Edisi ke 3, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Zeithaml, Valarie A., Mary Jo Bitner, Dwayne D. Gremler, 2006.Service Marketing : Integrated Customer Focus Across The Firm, 4th ed, McGraw-Hill, New York.