Minat Masyarakat Kota Watampone Untuk Menggunakan Jasa Perbankan Syariah
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) sikap (Ab) masyarakat terhadap minat untuk menggunakan jasa perbankan syari’ah, (2) norma subyektif (SN) masyarakat terhadap minat untuk menggunakan jasa perbankan syari’ah, (3) minat (BI) masyarakat untuk menggunakan jasa perbankan syari’ah. Penelitian ini bersifat deskriptif. Penelitian dilakukan di Kota Watampone Provinsi Sulawesi Selatan. Sampel yang diambil sebanyak 96 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Data dianalisis dengan Metode analisis Fishbein.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sikap (Ab) adalah 104 dengan kategori positif yang diinterpretasikan bahwa responden memiliki keyakinan dan evaluasi baik terhadap atribut-atribut yang melekat pada perbankan syariah. Hal ini menimbulkan kecenderungan untuk bersikap positif terhadap minat untuk menggunakan jasa perbankan syariah, nilai norma subyektif (SN) adalah 78 dengan kategori positif yang diinterpretasikan bahwa minat responden untuk menggunakan jasa perbankan syariah dipengaruhi atau mempertimbangkan pendapat orang lain yang penting (referen), dan nilai minat (BI) adalah 47,216 dengan kategori positif yang diinterpretasikan bahwa masyarakat cukup berminat untuk berperilaku menggunakan jasa perbankan syariah.
Kata Kunci: Sikap, Norma Subyektif, Minat, dan Perbankan Syariah
References
Albari, dan Liriswati, Anita (2004).Analisis Minat Beli Konsumen Sabun Cair Lux di Yogyakarta di Tinjau dari Pengaruh Sikapnya dan Norma Subyektif.Jurnal Siasat Bisnis. No. 9 Vol. 2.
Ascarya (2008).Akad & Produk Bank Syariah.RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Burhanudin, Erwin, dan Ngaini, SN (2005). Analisis minat konsumen untuk bertransaksi pada perbankan syari’ah di kota Yogyakarta. Sinergi Jurnal Kajian Bisnis dan Manajemen.Edisi Khusus on Marketing.
Dharmmesta, Bayu Swasta (1992). Riset Tentang Minat dan Perilaku Konsumen: Sebuah catatan dan tantangan bagi peneliti yang mengacu pada “Theory of Reasoned Action”. JEBI.No. 1 Tahun VII 1992.
Djarwanto, Pangestu S (1996). Statistik Induktif. Cetakan ketiga.BPFE.Yogyakarta.
Engel, James F, Roger D. Blackwell, Miniard, Paul W(1995). Perilaku Konsumen.Edisi keenam. Binarupa Aksara. Jakarta
Fishbein, Martin and Ajzen, Icek (1980).Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Kotler, Philip (2005). Manajemen Pemasaran.Edisi kesebelas.PT. Indeks kelompok Gramedia. Jakarta
Kristianto, Paulus Lilik(2010). Psikologi Pemasaran. Edisi pertama. Center For Academic Publishing Service. Yogyakarta
Loudon, D.L and Della, Bitta, A.J(1988). Consumer Behavior: Concept and Applications, Third Edition, McGraw-Hill Book. Co. New York
Schiffman, Leon G, dan Leslie Lazar Kanuk (2000). Consumer Behavior, 7th ed. Prentice Hall International, Inc. New Jersey. USA
Setiadi, Nugroho, J (2003). Perilaku konsumen.Kencana. Jakarta.
Sigit, Murwanto. 2006. Pengaruh Sikap dan Norma Subyektif Terhadap Minat Beli Mahasiswa. Jurnal Siasat Bisnis. Vol. 11 No.1.