Manajemen Kompetensi Sumber Daya Manusia Bank Syariah Berbasis Prinsip-Prinsip Syariah Menuju Qualified ASEAN Bank

  • Suad Firkiawan Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo
    (ID)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang gagasan awal dalam manajemen kompetensi Sumber Daya Manusia Bank Syariah menuju qualified asean bank. Sebagai kegelisahan awal peneliti adalah bagaimana problem stagnasi asset dan permodalan bank syariah pada beberapa dekade terakhir ini terjadi salah satunya akibat kompetensi SDM bank syariah yang rendah. Disamping problem lainnya adalah ketersediaan SDM yang mumpuni di bidang kesyariahan sangat kurang bila dibandingkan tingkat bertumbuhan kantor bank syariah di Indonesia. Oleh karena itu focus penelitian ini mengkaji bagaimana manjemen kompetensi SDM bank syariah yang idela sesuai prinsip-prinsip syariah. Yang kemudian bagaimana fungsionalisasi prinsip syariah dalam desain manajemen kompetensi SDM bank syariah khususnya mampu mencapai target qualified asean bank. Hasil penelitian ini menguraikan suatu hipotesis bahwa teori yang dikembangkan oleh bank syariah relevan bila menggunakan konsep personal competency dan organizational competency yang digagas oleh Spencer dan John W. Slocum. Namun dalam kontes fungsionalisasinya harus berlandaskan pada nilai-nilai syariah yang dikemukakan dalam teorinya Irawan Amin yaitu Mananjemen Langit yang mencakup tiga prinsip dasar yaitu Worship, Wealth, dan Warfare.

Kata Kunci: Manajemen Kompetensi, SDM Bank Syarah, Qualified Asean Bank.

References

A.B Setiawan, Perbankan Syariah; Challenges dan Opportunity untuk Pengembangan di Indonesia. Jurnal Kordinat. Edisi: Vol.VIII No.1, 2006.

A.B Sulistiyo,.Memahami Konsep Kemanunggalan dalam Akuntansi: Kritik atas upaya Mendekonstruksi Akuntansi Konvensional menuju akuntansi syariah dalam bingkaiTasawuf. Jurnal Akuntansi Universitas Jember. 2010, Vol. 8 No. 1

Ahmad Azmy, Mengembangakan Human Resources Management yang Strategis untuk menunjang Daya Saing Organisasi; perspektif Manajemen kinerja di Bank Syariah, Binus Bussines Review, Vol 6 No. 1 Mei 2015

Bank Indonesia, Statistik Perbankan Indonesia , Vol: 13 No. 1, Desember 2014

Global Islamic Financial Report tahun 2015 Sumber: http://hdr.undp.org/en/composite/HDI

https://m.tempo.co/read/news/2015/11/22/087721104/ini-7-masalah-bank-syariah

Harian Tempo, Ini 7 Masalah Bank Syariah, diakses tanggal 11 Desember 2016

John, W. Slocum, DKK, Competency-Based Management, USA, Thomson South Western, 2008

Laporan Tahunan Bank Indonesia Tahun 2012

Muhammad. Manajemen Bank Syari’ah. Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2005

Muhammad. Pengantar Akuntansi Syariah. Salemba Empat. Jakarta; Salemba Empat (2005)

Nurhayati, S. Dan Wasilah. Akuntansi Syariah di Indonesia, Edisi 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta. (2009)

Rukiah, Strategi Pengembangan SDM Syariah menghadapi Pasar Global, At-Tijarah Volume 1, No. 2, Juli-Desember 2015

R. Palan, Competency Management a Practitioner’s Guide, Malaysia; Specialist Management Resources Rosetta Solution, 2003

Siaran Pers NO.SP-58/DKNS/OJK/12/2014, 13 Desember 2014

Surya Dharma, Paradigma Baru: Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta, Amara Books, 2007

Spencer, M., Lyle, Jr, & Signe M. Spencer, Competence at Work “Models for Superior Performance”, (New York: John Wiley & Sons Inc, 1993)

Published
2018-04-01
How to Cite
Firkiawan, S. (2018). Manajemen Kompetensi Sumber Daya Manusia Bank Syariah Berbasis Prinsip-Prinsip Syariah Menuju Qualified ASEAN Bank. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 2(1). https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v1i2.4734
Section
AL-MASHRAFIYAH VOLUME 2 NOMOR 1 (2018)
Abstract viewed = 2364 times