Pengaruh Religiusitas Obligation, Literasi Halal dan Label Halal terhadap Persepsi Mahasiswa dalam Mengonsumsi Produk Ikan Sardines Kaleng AbC dengan Brand Awarness Sebagai Variabel Moderating

  • ali wardani
    (ID)
  • Abdul Wahab Universitas Islam Negeri Alauddin
    (ID)
  • Syahruddin Universitas Islam Negeri Alauddin
    (ID)
  • Ahmad Fauzan Universitas Airlangga
    (TR)
Kata Kunci: Religiusitass Obligation, Literasi Halal, Label Halal

Abstrak

Beredarnya makanan bercampur bahan non-halal memaksa konsumen muslim harus memiliki persepsi makanan halal yang baik. Penelitian ini berusaha menganalisis faktor-faktor (religiusitas obligation, literasi halal dan label halal) dalam mempengaruhi persepsi makanan halal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Analisis data penelitian dilakukan dengan metode SEM PLS melalui software SmartPLS 4. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa religiusitas obligation, literasi halal dan label halal berpengaruh positif signifikan terhadap persepsi makanan halal konsumen muslim. Brand awarness meskipun memoderasi hubungan label halal dengan persepsi makanan halal, di lain sisi tidak memoderasi hubungan religiusitas obligation dan literasi halal dengan persepsi makanan halal konsumen muslim. Artinya, meski tren penelitian sekarang literasi halal tidak berpengaruh terhadap persepsi makanan halal, penelitian ini  menyimpulkan sebaliknya yaitu literasi halal berpengaruh positif signifikan terhadap persepsi makanan halal. Kesimpulan ini sangat berguna bagi produsen makanan halal dalam meningkatkan hasil penjualan melalui label halal dan peningkatan brand awarness melalui iklan atau peningkatan literasi halal konsumen muslim.

Referensi

Akrom, A. H. (2022). Memaknai Aktifitas Membaca Sebagai Jalan Ilmu dalam Islam (Studi Kandungan Surat Al-Alaq Ayat 1-5). Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 7(1), 26–33.
Ana Estikomah, S. (2020). Pemanfaatan Rhizopus Oryzae Dalam Pengembangan Produk Olahan Susu (Keju) Halal Berbasis Bioteknologi. Pharmasipha, 4(2), 34–38.
Anshori, M. (2020). Makanan Haram Dan Pengaruhnya Dalam Kehidupan. Islamitsch Familierecht Journal, 1(01), 66–90.
Badan Pusat Statistik Nasional. (n.d.). Rata-rata Konsumsi Perkapita Seminggu Menurut Kelompok Ikan Per Kabupaten/kota (Satuan Komoditas), 2022. Retrieved July 25, 2023, from https://www.bps.go.id/indicator/5/2096/1/rata-rata-konsumsi-perkapita-seminggu-menurut-kelompok-ikan-per-kabupaten-kota.html
Darani, N. P. (2021). Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Perspektif Hadis. Jurnal Riset Agama, 1(1), 133–144.
Dzikrayah, F. (2020). Perilaku Konsumen Muslim Terhadap Konsumsi Food and Beverage pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Muamalat: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 23–34.
Hafna, I., Surbiantoro, E., & Mulyani, D. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan tentang Mengonsumsi Makanan Halalan Thayyiban yang Disyaratkan dalam Islam yang Terkandung dalam Qur’an Surat Al-Baqoroh Ayat 168. Bandung Conference Series: Islamic Education, 4(1), 382–389.
Hasanah, S., Amelia, F., & Erwin, Y. (2018). Makanan Halal Pada Destinasi Wisata di Nusa Tenggara Barat. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 191–200.
Hayati, S. R., & Putri, S. A. M. (2021). Analisis Literasi Halal, Label Halal, Islamic Branding, dan Religious Commitment pada Pembelian Makanan di Tsabita Halal Bakery. SHAHIH: Journal of Islamicate Multidisciplinary, 6(2), 164–176.
Ilmiah, N. B., & Humaidah, L. N. (2024). Menelusuri Kaidah Hukum Makanan Halal Dalam Perspektif Al Qur’an Surat Al Maidah Ayat 4. I-BEST: Islamic Banking & Economic Law Studies, 3(1), 76–85.
Insani, T. D., Al-Faizin, A. W., & Ryandono, M. N. H. (2019). The impact of halal at thayyib and consumption ethics on economic growth: An economic tafsir of Al-Baqarah 168. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 5(2), 459–474.
Irfan, F., Rahman, N., Azzahra, S. F., & Husin, G. M. I. (2023). Pola Makan Sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW Menurut Perspektif Kesehatan. Journal of Creative Student Research, 1(5), 393–406.
Jumari. (2017). Gerakan Ekonomi Satyagraha Hindu Bali Melalui Labelisasi Non-Halal Sukla. Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, Seri 1, 339–346.
Kamarudin, H., Pauzi, N., & Man, S. (2022). The Application Of Concepts Halalan Tayyiban In Food Premises: A Conceptual Discourse. Journal of Fiqhiyyat, 3(1), 1–18.
Kementerian Agama RI. (2021). Al-Qur’anulkarim: Al-Qur’an Hafalan. Cordoba.
Kurniati, K. (2017). Teori Perilaku Konsumen Perspektif Ekonomi Islam. JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 6(1), 45–52.
Muchtar, E. H. (2018). Konsep Hukum Bisnis Syariah Dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah [2] Ayat 168-169 (Kajian Tematis Mencari Rezeki Halal). Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(02), 156–170.
Rahmadani, G. (2015). Halal dan Haram dalam Islam. Jurnal Ilmiah Penegakan Hukum, 2(1), 20–26.
Sholihin, R. (2024). Konsep Halal dan Haram (Perspektif Hukum dan Pendidikan). JOURNAL OF ISLAMIC AND LAW STUDIES, 8(1), 1–8.
Sugianto, E. (2020). Distribusi Ekonomi Islam dalam Perspektif Pendidikan QS. Al-Isra’Ayat 29-30. Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam, 15(1), 72–84.
Syahrial, M. (2021). Kebutuhan Dasar Manusia Menurut Ekonomi Islam. IndraTech, 2(1), 51–61.
The Royal Islamic Studies Centre. (2022). The Muslim 500: The World’s 500 Most Influental Muslims 2022. RISSC.
Wikipedia. (n.d.). Heinz ABC Indonesia. Wikipedia Ensiklopedia Bebas. Retrieved July 25, 2023, from https://id.wikipedia.org/wiki/Heinz_ABC_Indonesia#Produk
Yuliawan, E. (2011). Pengaruh Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Pada PT. Bank Syariah Cabang Bandung. None.
Diterbitkan
2024-10-31
Bagian
AL-MASHRAFIYAH VOLUME 8 NOMOR 2 (2024)
Abstrak viewed = 224 times