Strategi Bauran Pemasaran Industri Tempe Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Di Kabupaten Sri Indrapura Provinsi Riau

  • Nurhadi Nurhadi stai al-azhar pekanbaru
    (ID)
  • Agus Salim Program Studi Ekonomi Syariah, UIN Suska Riau
    (ID)

Abstract

The fall in the buying and selling numbers in the tempe industry in Kec. Sabak Auh, Kab. Siak Sri Indrapura, Riau. Aims to find out the marketing mix strategy, supporting and inhibiting factors in terms of the Islamic economy of the tempe home industry. The population of 20 people is also the object. Primary data and secondary data obtained by observation, interviews, and questionnaires, then analyzed using descriptive qualitative methods. The result: 1). The marketing mix strategy undertaken by the tempe home industry is still traditional, both in terms of product, location, promotion, and price. 2). Supporting factor is one of the traditional foods, which are popular in the community and sterile from chemicals. The inhibiting factor is the limited raw material for soybeans. 3). Islamic Economics review of the Marketing Mix Strategy undertaken are: 1). Tempeh products are not prohibited. 2). Prices offered are affordable. 3). Place of marketing in strategic locations and easily accessible. 4). Promotion is not yet fully in accordance with the Islamic economic system, because it has not yet maximized to increase sales, it is evident from the aspect of the strategy that it still is. Then the researcher recommends that the results of this study become a consideration for tempe industries in Riau.

Keywords: Marketing Mix Strategy, Home Industry, Sharia Economy.

Turunnya angka jual beli dalam industri tempe di Kec. Sabak Auh, Kab. Siak Sri Indrapura, Riau. Bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran, faktor pendukung dan penghambat ditinjau dari ekonomi Islam industri rumah tangga tempe. Populasi 20 orang juga sebagai objeknya. Data primer dan data sekunder didapat dengan observasi, wawancara, dan kuesioner, selanjutnya dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasilnya: 1). Strategi bauran pemasaran yang dilakukan industri rumah tangga tempe masih tradisional, baik dari segi produk, tempat, promosi, dan harga. 2). Faktor pendukungnya merupakan salah satu makanan tradisional, yang populer di masyarakat dan seteril dari bahan kimia. Faktor penghambatnya, terbatasnya bahan baku kedelai. 3). Ekonomi Islam meninjau dari Strategi Bauran Pemasaran yang dilakukan adalah: 1). Produk tempe tidak dilarang. 2). Harga ditawarkan terjangkau. 3). Tempat pemasaran di lokasi strategis dan mudah diakses. 4). Promosi belum sepenuhnya sesuai dengan sistem ekonomi syariah, karena belum memaksimalkan untuk meningkatkan penjualan, terbukti dari aspek strategi masih seperti apa adanya. Maka penneliti menganjurkan agar hasil penelitian ini jadi modal pertimbangan para industri tempe di Riau.

Kata Kunci: Strategi Bauran Pemasaran, Industri Rumahan, Ekonomi Syariah.



References

Abbas, Firdayanti. 2015. “Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen (Pada Home Industry Moshimoshi Cake Samarinda)”. eJournal Administrasi Bisnis, Volume 3, Nomor 1, 244-258.

Abdullah, Thamrin & francis tantri. 2012. Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Abidin, Zainal Mohd. 2012. Manajemen pemasaran, Kuala Lumpur: Dewan Bahasa.

Agama, Kementerian RI. 2015. Al-Qur'an dan Terjemahan. Semarang: Toha Putra.

Alma, Buchari. 2012. Pengantar Bisnis,, Bandung: Alfabeta.

Alma, Buchari. 2014. Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta.

Al-Qardhawi, Yusuf. 1990. Madkhal Li Dirasah Al-Syari’ah Al-Islamiyyah. Kairo: Maktabah.

An-Nabhani, Taqiyuddin. 2014. Sistem Ekonomi Islam (Terj), Hafidz Abdurrahman, Jakarta: HTI Press.

Assauri, Sofjan. 2014. Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep dan Strategi), Jakarta: PT. Graf Grafindo Persada.

Astriyani, Fitri. 2016. Penerapan Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Produk Gula Semut Berbasis Agribisnis Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Koperasi Nira Perwira Candinata, Kutasari, Purbalingga), Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Bagus 2015. Pemilik Rumah Industri Tempe, Wawancara, 23 Mei

Boningan. 2015. Pemilik Rumah Industri Tempe, Wawancara, 21 Mei

Bungin, M. Burhan. 2015. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Grup Media Kencana Prenada.

Cravens, David W. t.th. Pemasaran Strategis. Jakarta: PT. Gelora Sastra Utama.

David, Abu. t.th. Sunan Abu Daud. Bairut: Dar Al-Kitab Al Arrobi.

Diniaty, Dewi dan Agusrinal. 2014. “Perancangan Strategi Pemasaran Pada Produk Anyaman Pandan (Studi Kasus: Home Industry Saiyo Sakato Di Kenagarian Padang Laweh Kecamatan Koto Vii Kabupaten Sawahlunto Sijunjung)”. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 11, No. 2, 175-184.

Ghani, Muhammad Abdul. 2015. The Spirituality in Business. Jakarta: Pena Pundi Aksara.

Hakim, Lukman. (2012). Prinsip Ekonomi Islam, Jakarta: PT.Gelora Aksara Pratama.

Harahap, Sofyan S. 2011. Etika Bisnis dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jakarta: Salemba Empat.

Hurriyati, Ratih. 2010. “Penerapan Model Strategi Pemasaran Usaha Kecil Berbasis Web 2.0 Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Kecil”. Program Studi Pendidikan Manajemen Bisnis Fakultas Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, 1-25.

Ratih. 2015. Pemasaran Konsumen & Campuran Loyalitas. Bandung: Alfabeta

Ika, Fauzia, Yunia. 2013. Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Grup Media Kencana Prenada.

Irawan. 2012. Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Prenada Media Group.

Jakfar. 2013. Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: PT. Grup Media Kencana Prenada.

Jusmaliani. 2014. Bisnis Berbasis Syariah. Jakarta: Bumi Aksara.

Karim, Adi Warman A. 2013. Yurisprudensi Bank Islam dan analisis keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2014. Manajemen Biaya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kata, E. Gumira, Yayuk Eka Pratiwi. 2013. Agribisnis Syariah, Manajemen Agribisnis dalam Perspektif Syariah Islam, Jakarta: Menyebarkan Swadaya.

Kertajaya, Hermawan & Muhammad Syakir Sula. 2016. Pemasaran Syariah, Bandung: PT. Mizan.

Hermawan, et al. 2012. MarkPlus On Strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya, Hermawan dan Sula, Muhammad Syakir. 2016. Syariah Marketing. Bandung : Mizan.

Kotler, Philip. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: Inter Media.

Kotler, Philip. 2010. Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2011. Marketing Management Millenium Edition. Tenth Edition. New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Kotler, Philip. 2010. Pemasaran, Jakarta: PT. Akademi Sastra.

Kotler, Philip. 2008. Manajemen Pemasaran, terj. Jaka Wasana, Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Lamb, Hair, McDaniel. (2005). Pemasaran Buku 1. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Latifah, Sri Wahjuni. 2007. “Penerapan Sistem Pemasaran Terpadu dan Sistem Informasi Akuntansi Pada Sentra Industri Pengolahan Berbasis Kedelai”. Jurnal Dedikasi, Volume 4, 1-11.

Luntajo, Moh. Muzwir R. 2019. Dasar Filosofi Marketing Syari’ah. https://media.neliti.com/media/publications/240338-dasar-filosofi-marketing-syariah-b2a0c125.pdf, diakse 13 September 2019.

M. Arifin. 2010. Psikologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mardhian, Tria Ayu dan Sudarsana. 2016. “Strategi Keberlangsungan Usaha Industri Kripik Tempe (Studi Deskriptif Kualitatif Pengrajin Kripik Tempe di Desa Karangtengah Prandon Kecamatan Ngawi Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur)’. Jurnal Sosiologi Dilema, Vol. 31, No. 1, 67-77.

Ma’luf, Luis. T.th. Mu’jam Alfazh Al-Quran Al-Karim. Kairo: Majma’ Al-Lughah Al-‘Arabiyyah.

Marius, Angiopora P. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo

Mawardi. 2014. Ekonomi Islam, Pekanbaru: Alaf Riau Graha UNRI Press

Mujiyati. 2018. Pemilik Rumah Industri Tempe, Wawancara, 23 Mei

Mursid, M. 2013. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Bumi Literacy.

Mustofa. 2015. Pemilik Rumah Industri Tempe, Wawancara, 23 Mei

Nitisemito, Alex. S. 2010. Pemasaran, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Perdana, Yongki, Putra Zainul Arifin M. Kholid Mawardi. 2016. Analisis.Strategi,Bauran Pemasaran,Dalamlmeningkatkan Volume.Ekspor (Studi,Pada,Bali Pasadena,Rattan), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 39 No.1 Oktober.

Porter, Michael. 2001. Strategi Bersaing Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing, Erlangga: Jakarta.

Rahmad. 2015. Pemilik Rumah Industri Tempe, Wawancara, 15 Mei

Rangkuti, Freddy. 2015. Analisis SWOT : Teknik Membedah Kasus Bisnis, Kompas Gramedia: Jakarta.

Rina, Nofha dan Yuriadi, Ruri Wahyu. 2019. “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Mempertahankan Brand Image Brownies Amanda Sebagai Kue Oleh-Oleh Bandung”. Jurnal Lingkar Studi Komunikasi, Vol. 5 No. 1, 66-73.

Rismiati, Catur E. 2011. Pemasaran Barang dan Jasa, Yogyakarta: kanisius.

Riva'i, Veithzal. 2012. Pemasaran Islam (Membangun dan Mengembangkan Bisnis dengan Praktek Pemasaran dari Rasulullah), Jakarta: PT. Gramedia Persada Utama.

Rozi, Akhmad Fahrur. 2017. “Analisis Strategi Pemasaran Pada Djawa Batik Solo Analysis Marketing Strategies On Djawa Batik Solo”. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, Vol. 3 No. 2, 173-186.

Salim, Agus. 1436H / 2015M. Strategi Bauran Pemasaran di Home Industri Tempe di Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak Sri Indrapura, Ditinjau Menurut Ekonomi Islam. Departemen Ekonomi Islam, Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri, Sultan Syarif Kasim Riau.

Soehartono, Irwan. 2014. Metode Penelitian Sosial, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Stanton, William J. 2011. Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Sukirno, Sadono, dkk. 2012) Pengantar Bisnis, Jakarta: Kencana.

Sunarsih, Lilik dan HMS, Umar. 2015. “Strategi Pemasaran Home Industry Pengrajin Anyaman Bambu Di Desa Gintangan Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi”. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Edisi IX No. 2, 57-68.

Sunyoto, Danang. 2013. Perilaku Konsumen (Panduan Penelitian Sederhana untuk Mengenali Konsumen), Yogyakarta: CAPS.

Suryana. 2009. Kewirausahaan, Jakarta: Salemba Empat Patria.

Suryatama, Erwin. 2016. Lebih Memahami Analisis SWOT Dalam Bisnis, Kata Pena: Surabaya.

Susanto, Teguh. 2013. Muhammad. SAW Sang Billionaire, Yogyakarta: Buku Pintar.

Sutirman. 2015. Strategi Pemasaran, Artikel diakses pada 6 April 2015 dari http://tirman.wordpress.com/strategi-pemasaran/.

Swastha, Basu DH. 2010. Azas-Azas Marketing, Jakarta: Idhiil.

Syarief, Hasan. 2015. Indonesia membutuhkan 4,1 juta pengusaha baru, 15 Februari 2015 m.tempo.co/read/news/2011/12/14/089371713/ Indonesia- Need-41-Juta-Pengusaha-Baru.

T. Handoko. 2010. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: BPFE.

Tanjung, Hendri & Abrista Devi. 2013. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam, Jakarta: Gramata Publishing.

Tjiptono, Fandy. Et al. 2012. Strategi Pemasaran, Andi Yogyakarta, Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Tumirah. 2015. Pemilik Rumah Industri Tempe, Wawancara, 23 Mei

W. Boyd. 2010. Manajemen Pemasaran (Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global), Jakarta: Erlangga.

Winars, Kukuh dan Al-Farisyi, Imam. 2015. “Pengukuran Kinerja Marketing Mix Dan Perumusan Srategi Pemasaran Ukm Batik Pamekasan (Studi Kasus: UKM Batik Kec. Proppo Kab. Pamekasan)”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Tahun XXVI, No. 3, 246-255.

Yulianti, Muliana., Mudikdjo, Kooswardhono dan Sarma, Ma’mun. 2008. “Kajian Strategi dan Bauran Pemasaran Batik Garutan (Studi Kasus : Perusahaan Batik Tulis Garutan RM, Garut, Jawa Barat)”. Jurnal MPI, Vol. 3 No. 1., 11-24.

Published
2019-10-01
How to Cite
Nurhadi, N., & Salim, A. (2019). Strategi Bauran Pemasaran Industri Tempe Dalam Perspektif Ekonomi Syariah Di Kabupaten Sri Indrapura Provinsi Riau. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 3(2), 140-158. https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v3i2.9290
Section
AL-MASHRAFIYAH VOLUME 3 NOMOR 2 (2019)
Abstract viewed = 2434 times