Peran Manajemen dalam Mengelola Wisata Religi untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Ziarah Pada Jamaah Umroh PT. Meida Wisata

  • Muhammad Muhammad Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Abdul Hamzah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Kedudukan wisata religi bukan hanya sekedar kebutuhan sekunder, melainkan sebuah seruan dalam agama tertentu, terkhusus dalam negara yang mayoritas muslim. Pelayanan yang baik tidak lain adalah wujud dari peran manajemen yang baik pula. PT. Meida Wisata merupakan salah satu perusahaan yang menawarkan perjalanan umrah yang berorientasi pada peningkatan mutu, hal ini ditunjukkan dengan keefektifan dalam mengelola manajemen yang baik. Penelitian ini merupakan bentuk penelitian sosial yang menggunakan format deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, sebagai situasi atau berbagai fenomena realitas sosial yang ada di masyarakat yang menjadi objek penelitian, dan berupaya menarik realitas itu ke permukaan sebagai suatu ciri, karakter, sifat, model tanda, atau gambaran tentang kondisi, situasi, ataupun fenomena tertentu. Pelaksanaan fungsi manajemen yang dilakukan oleh PT. Meida Wisata yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan terakhir evaluasi yang dilakukan seefektif mungkin sehingga hal ini lah yang berperan penting dalam meningkatkan pelayanan ziarah jemaah umroh PT. Meida Wisata

Referensi

Abdul Aziz dan Kustini, Ibadah Haji Dalam Sorotan Publik (Jakarta: Puslitbang Kehidupan Keagamaan, 2007)

Ali Akbar, Manajer Haji & Umrah PT. Meida Wisata, ‘Wawancara Tanggal 4 Juni 2018’

Arikanto, Suharni, Prosedur Peneliti Suatu Pendekatan Praktik, Edisi VI (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif :Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial (Jakarta: Kencana, 2007)

Cholid Narbuko dan Abu Achmadi, Metodologi Penelitian, Cet VIII (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2007)

H, Abdul Samad, Direktur PT. Meida Wisata, ‘Wawancara Tanggal 6 Juni 2018’

Husaini Usma dan Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, Cet I (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008)

Moleong, Lexy. J., Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Rosdakarya, 2001)

Muhajirin, Noen, Metode Penelitian Kualitatif (Yogyakarta: Rake Sarasin, 2009)

Pawito, Penelitian Komunikasi Kualitatif, Cet I (Yogyakarta: PT. LKS Yogyakarta, 2008)

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung: Alfabeta, 2009)

Diterbitkan
2020-10-18
Bagian
Vol.1 No.1, Juli 2020
Abstrak viewed = 545 times