Potret Pelaksanaan Ibadah Haji 2020 Di Tengah Pandemi Virus Corona

  • Suf Kasman Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penyelenggaraan Haji 1441 H / 2020M telah menarik perhatian media massa global di berbagai belahan dunia, mengingat ritual jemaah haji yang "sangat terbatas" tersebut masih digelar selama Pandemi Covid-19. Namun, saat ini banyak jurnalis yang tidak bisa melakukan liputan langsung ke kota suci Mekkah-Madinah karena harus mengikuti aturan baru yang normal. Untuk itulah, jurnalis memilih liputan online di negaranya masing-masing yang biasanya lumrah di dunia jurnalis. Salah satu media yang rutin memberitakan prosesi haji 1441 H / 2020M saat Pandemi Covid-19 adalah Kompas TV Live Streaming. Kompas TV Live Streaming hanya menjalankan tugasnya untuk melaporkan fakta (pelaksanaan haji saat pandemi Covid-19). Berita Haji 1441 H / 2020M yang dilansir oleh Live Streaming Kompas TV menjadi penjelasan dalam menjelaskan fakta atau realita Haji 2020. Potret ibadah haji tahun 2020 yang dibingkai Kompas TV Live Streaming hanya berdasarkan siaran pers atau pernyataan pers yang dibuat oleh sumber resmi pemerintah Saudi. Live Streaming Kompas TV memberitakan suasana haji saat pandemi corona, pemerintah Arab Saudi menggelar haji terbatas dengan regulasi ketat saat terjadi pandemi corona. Menerapkan protokol kesehatan, jamaah harus memakai masker dan bergerak dalam kelompok kecil.

Referensi

Aff, Ben, & Sam., “Panggilan Eksklusif Ilahi Saat Pandemi”. Kompas. Edisi, 1 Agustus 2020 (Sabtu).

Eriyanto, Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Cet. V; (Yogyakarta: LKiS, 2006).

Ghzâlî, Imâm. Asrâr al-Hajj yang dialihbahasakan oleh Mujiburrahman dengan judul “Rahasia Haji & Umrah”. Cet. I; (Jakarta: Turos Khazana Pustaka Islam, 2017).

Kasman, Suf. Pers dan Pencitraan Umat Islam di Indonesia; Analisis Isi Pemberitaan Kompas dan Republika. Cet. I; (Jakarta: Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2010).

Romli, Ahmad Chodri. Ensiklopedia Haji & Umrah: Ensiklopedia Terlengkap Lintas Mazhab Seputar Haji dan Umrah dari A sampai Z. Cet. I; (Yogyakarta: DIVA Press, 2018).

Rusyan, A. Tabrani. Disiplin Berhaji: Menuju Haji Mabrur. Cet. I; Bandung: Yrama Widya, 2017).

Sardar, Ziauddin. Membongkar Kuasa Media. Cet. I; (Yogyakarta: Resist Book, 2008).

Sati, D. A. Pakih. Orang Miskin Pun Bisa Naik Haji; Kisah-Kisah Dahsyat Perjuangan Mereka Yang Hidup Dalam Keterbatasan Untuk Naik Haji. Cet. I; (Surakarta: Ahad Books, 2013).

Solikhin, Muhammad. Keajaiban Haji dan Umrah: Mengungkap Kedahsyatan Pesona Ka’bah dan Tanah Suci”. Cet. Xvii; (Jakarta: Erlangga, 2013).

Syariati, Ali. Makna Haji. Cet. XII; ( Jakarta: Zahra Publishing House, 2009).

WEB

https://id.wikipedia.org/wiki/Kompas_TV

https://kids.grid.id/read/472138667/apa-itu-pandemi-dan-perbedaannya-dengan-epidemi-terkait-virus-corona?page=all

https://video.kompas.com/view/1302545/digelar-secara-terbatas--berikut-suasana-ibadah-haji-selama-pandemi-corona?clickout=articleplayer.

Diterbitkan
2020-10-18
Bagian
Vol.1 No.1, Juli 2020
Abstrak viewed = 2065 times