Analisis Jumlah Penduduk, Tingkat Pendidikan, PDRB, dan Inflasi terhadap Kemiskinan di Provinsi Sulawesi Selatan

  • Juardi Juardi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muh. Arief Ariyanto Ahmad Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Baso Iwang Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
Keywords: Kemiskinan, Jumlah Penduduk, Pendidikan, PDRB, Inflasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh  Jumlah Penduduk, Tingkat Pendidikan, PDRB dan Inflasi terhadap Kemiskinan di Provinsi Sulawesi Selatan Periode 2007-2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif, dalam Penelitian ini menggunakan data Times series yang dianalisis Model analisis data Regresi Linier berganda dengan menggunakan Program software SPSS. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat Pendidikan Pendidikan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kemiskinan, sedangkan Jumlah penduduk, PDRB dan Inflasi tidak berpenagruh terhadap Kemiskinan di Provinsi Sulawesi Selatan.

References

Ainunnisa, V., & Hidayat, W. (2019). Pengaruh Tingkat Pengangguran, Investasi, Pendidikan Terhadap Kemiskinan di Kabupaten/Kota Provinsi Banten. Jurnal Ilmu Ekonomi (JIE).

Alkamah, Dkk. (2021), Pengaruh PDRB, Pendidikan Dan Tenaga Kerja Terhadap Tingkat Kemiskinan Provinsi Sulawesi Selatan, Jurnal.Fe.Umi.Ac.Id.

Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan. (2022). http://sulsel.bps.go.id

Hadi, P. L. ode M. A. F. (2019). Pengaruh PDRB, Tingkat Pendidikan, Tingkat Kesehatan, dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Tingkat Kemiskinan di Propinsi Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Hartanto, T. B. (2017). Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, Pendidikan, Upah Minimum Dan Produk Domestik Regional Bruto (Pdrb) Terhadap Jumlah Pengangguran Di Kabupaten Dan Kotaprovinsi Jawa Timur Tahun 2010-2014. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan.

Kuswantoro, K., & Permata Dewi, I. G. (2016). Analisis Tingkat Pendidikan, PDRB dan Upah Minimum Regional Terhadap Kemiskinan di Provinsi Banten.

Livenchy K. Manangkalangi, Dkk. (2020). Analisis Pengaruh Pdrb Dan Inflasi Terhadap Kemiskinan Di Provinsi Sulawesi Tengah (2000-2018), Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 20 No. 03 Tahun 2020.

Manisha Elok Sholikhati, Wardono. (2020). Analisis PDRB, IPM, Jumlah Penduduk, Pengangguran, Investasi PMA Terhadap Kemiskinan di Jawa Tengah 2011-2016, FMIPA UNIMUS

Muhammad Ricky Darmawan, R. (2019). Pengaruh PDRB, Pendidikan, Pengangguran dan Jumlah Penduduk terhadap Kemiskinan di Kota Banjarmasin. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Pembangunan.

Padambo, dkk. (2021). Analisis Pengaruh Petumbuhan Ekonomi Inflasi Dan Indeks Pebangunan Manusia Terhadap Kemiskinan Di Provinsi Sulawesi Selatan, Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi.

Riska Rosyda Putri. (2019). Pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (Pdrb), Jumlah Penduduk, Angka Buta Huruf Dan Pengangguran Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Timur.

Sadono Sukirno, Ekonomi Pembangunan : Proses, Masalah Dan Dasar Kebijakan, Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri, 2006.

Susi Roria Sari. (2014) Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, Pdrb Dan Jumlah Pengangguran Terhadap Kemiskinan Di Kota Bengkulu, Universitas Bengkulu Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Ekonomi Pembangunan.

Saharuddin Didu, Ferri Fauzi. (2016). Pengaruh Jumlah Penduduk, Pendidikan Dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Kemiskinan Di Kabupaten Lebak, Jurnal Ekonomi-Qu, Vol. 6, No. 1, April 2016.

Solihin. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pengangguran, Pendidikan, dan Jumlah Penduduk Terhadap Kemiskinan di Kabupaten/Kota Kepulauan Riau pada tahun 2010-2016. Jurnal Ekonomi Pembangunan.

Susanto, R., & Pangesti, I. (2021). Pengaruh Inflasi dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Tingkat Kemiskinan di Indonesia. JABE (Journal of Applied Business and Economics).

Published
2023-06-01
How to Cite
Juardi, J., Ahmad, M. A. A., & Iwang, B. (2023). Analisis Jumlah Penduduk, Tingkat Pendidikan, PDRB, dan Inflasi terhadap Kemiskinan di Provinsi Sulawesi Selatan. Bulletin of Economic Studies (BEST), 3(1), 14-24. https://doi.org/10.24252/best.v3i1.35588
Section
Artikel
Abstract viewed = 529 times