https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/diskursus_islam/issue/feed Jurnal Diskursus Islam 2024-12-31T05:42:13+00:00 La Ode Ismail Ahmad [email protected] Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Jurnal Diskursus Islam <span class="VIiyi" lang="en"><span class="JLqJ4b ChMk0b" data-language-for-alternatives="en" data-language-to-translate-into="id" data-phrase-index="0" data-number-of-phrases="2"><span class="Q4iAWc">is a journal published by the Postgraduate Program of UIN Alauddin Makassar, which reflects itself as an academic forum for the publication of scientific articles.</span></span> <span class="JLqJ4b ChMk0b" data-language-for-alternatives="en" data-language-to-translate-into="id" data-phrase-index="1" data-number-of-phrases="2"><span class="Q4iAWc">This journal focuses on Islamic studies in various aspects, which are expected to provide references for readers in developing academic and scientific insights. </span></span></span>Jurnal Diskursus Islam is a scientific journal published by the Postgraduate Program of UIN Alauddin Makassar that aims to publish Islamic studies.</p> https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/diskursus_islam/article/view/51008 STRATEGI GURU MENGAJI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI TPA NURUL TAKWA DI DESA BONTOKADATTO KECAMATAN POLONGBANGKENG SELATAN KABUPATEN TAKALAR 2024-12-27T07:46:07+00:00 Ayu Surahman [email protected] La Ode Ismail Ahmad [email protected] Syamsul Qamar [email protected] <p>Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri. 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‘an santri di TPA Nurul Takwa. 2) Untuk mendeskripsikan kualitas kemampuan membaca al-Qur‘an santri di TPA Nurul Takwa, Desa Bontokadatto. 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‘an santri di TPA Nurul Takwa. 4) Untuk mendeskripsikan solusi guru dalam mengatasi hambatan dalam mengajar mengaji di TPA Nurul Takwa. Hasil penelitian yang diperoleh ialah, 1) strategi guru mengaji dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri yaitu, a] guru menggunakan strategi&nbsp; <em>peer tutor</em>, b] guru menggunakan pembelajaran yang interaktif, c] guru menggunakan berbagai metode yang cocok untuk digunakan. 2) Untuk kemampuan membaca al-Qur’an santri di TPA Nurul Takwa bisa dikategorikan baik, akan tetapi masih ada beberapa santri yang masih kurang baik dalam melafalkan huruf-huruf hijaiyah yang dimana santri ini baru masuk di TPA Nurul Takwa. 3)Faktor pendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an santri, yaitu kualitas guru yang cukup baik, dan orang tua santri yang mendukung anaknya belajar mengaji di TPA. Sedangkan faktor yang menghambatnya yaitu: a) Lingkungan &nbsp;&nbsp;belajar yang kurang memadai, b) Kurangnya minat santri untuk belajar mengaji, c) Pemahaman santri saat belajar mengaji.</p> 2024-12-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ayu Surahman, Syamsul Qamar https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/diskursus_islam/article/view/50844 REALITA BUDAYA PABALIAN DI DESA BUNTU BARANA KECAMATAN CURIO KAB. ENREKANG 2024-12-27T12:59:05+00:00 Ikrimah Al Muhtadiyah Muhtadiyah [email protected] M. Muzakkir [email protected] Muhammad Yahdi [email protected] <p>Artikel ini bertujuan untuk mengetahui nagaimana realita&nbsp; <em>pabalian</em> di desa Buntu Barana kecamatan Curio kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini tergolong kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah: fenomenologi, sosiologi dan etnografi. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu Kepala Desa, Kepala Dusun, tokoh pendidik dan masyarakat di desa Buntu Barana. Selanjutnya metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Lalu Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini&nbsp; menunjukkan bahwa realita <em>pabalian</em> di desa Buntu Barana dari keenam bentuk <em>pabalian</em> yang sudah disebutkan sebelumnya ada satu bentu <em>pabalian</em> yang partisipannya sudah berkurang yaitu menanam padi disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kemajuan teknologi, kemajuan ilmu pengetahuan, saling mengharapkan dan sudah adanya kebun dan tanaman jangka panjang. Implikasi dari penelitian ini adalah memberikan pesan moral kepada masyarakat di desa Buntu Barana kecamatan Curio kabupaten Enrekang bahwa pentingnya budaya<em> pabalian</em> untuk tetap dipertahankan dan dikembangkan, karena di dalamnya terdapat nilai-nilai Pendidikan Islam dan juga karena tolong menolong sangat dibutuhkan sebagai makhluk sosial.</p> 2024-12-27T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Ikrimah Al Muhtadiyah Muhtadiyah, M. Muzakkir, Muhammad Yahdi https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/diskursus_islam/article/view/50843 BENTUK PENERAPAN PEMBINAAN STRATEGI TAHSĪN AL-QIRĀAH PADA KEMAMPUAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEMESTER VIII DI STAI DDI JENEPONTO TAHUN 2023 2024-12-27T12:57:09+00:00 Nursanti Nursanti [email protected] Hamka Ilyas [email protected] Muhammad Yahya [email protected] <p>Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk penerapan strategi <em>tahsīn al-qirāah </em>dalam pembinaan kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam semester VIII di STAI DDI Jeneponto Tahun 2023. Jenis riset ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Penulis secara khusus menggunakan pendekatan fenomenologi yang berkaitan langsung dengan fenomena yang terjadi, peneliti mengidentifikasi pengalaman manusia mengenai suatu fenomena tertentu, maka dari proses ini peneliti mendeskripsikan gejala yang berasal dari pengalaman-pengalaman subjek. Selain itu peneliti juga menggunakan pendekatan psikologis. Adapun instrument kunci adalah peneliti itu sendiri sebagai. Teknk pengolahan data dan analisis data yang digunakan pada penelitiam ini adalah 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data 3) Penyajian data, 4) Penarikan kesimpulan. Adapun pengujian keabsahan data dalam penelitian ini adalah 1) Ketekunan pengamatan, 2) Triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi <em>tahsīn al-qirāah </em>dilaksanakan pada saat mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam semester VIII tahun 2023 melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Setiap posko KKN sudah disiapkan pembimbing <em>tahsīn al-qirāah </em>yang akan membina mahasiswa dalam memperbaiki bacaan al-Qur’annya. Kegiatan <em>tahsīn al-qirāah </em>tidak mengganggu program kerja yang telah direncakan oleh para mahasiswa karena kegiatan pembinaan tersebut dilaksanakan pada waktu subuh. Implikasi penelitian ini dapat dinarasikan bahwa dosen STAI DDI Jeneponto harus memaksimalkan pembinaan kemampuan membaca al-Qur’an mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam. Proses pembinaan <em>tahsīn al-qirāah </em>harus dilakukan secara sadar dan terarah sehingga tujuan pembinaan dapat tercapai</p> 2024-12-27T12:57:08+00:00 Copyright (c) 2024 Nursanti, Hamka Ilyas, Muhammad Yahya https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/diskursus_islam/article/view/50842 PEMBINAAN PERILAKU MODERASI BERAGAMA GURU PAI DAN KEPALA SEKOLAH SMA NEGERI 1 PASAR WAJO KABUPATEN BUTON 2024-12-27T13:26:49+00:00 La Kaisar Andera [email protected] Syahruddin Usman [email protected] Muhammad Yahdi [email protected] <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrpisikan pembinaan perilaku moderasi beragama yang dilakukan oleh Guru PAI dan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pasarwajo Kabupaten Buton. Jenis penelitian yang digunakan adalah (<em>field research</em>) atau penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskripitif. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu fenomenologis, sosiologis, pedagogis. Sumber data terdapat dua yaitu primer dan sekunder. Adapun metode pengambilan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrument yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Lalu teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data, pengujian keabsahan data dan pengambilan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku moderasi beragama peserta didik di SMA Negeri 1 Pasarwajo Kabupaten Buton secara umum sangat baik dan telah memenuhi indikator moderasi beragama, hal ini dilihat dari: sikap toleransi peserta didik (saling menghargai dan menghormati perbedaan), sikap komitmen kebangsaan (cinta kepada tanah air), akomodatif budaya lokal (peserta didik aktif mengikuti kegiatan-kegiatan kebudayaan baik lokal maupun nasional), sikap anti kekerasan, (peserta didik tidak terlibat dalam pertikaian antara muslim dan non muslim, non muslim merasa aman dan nyaman bersekolah di SMA Negeri 1 Pasarwajo). Adapun strastrategi kepala sekolah dan guru PAI dalam membina perilaku moderasi beragama peserta didik SMA Negeri 1 Pasarwajo Kabupaten Buton, yaitu: kolaborasi (antar kepala sekolah, guru PAI dan guru mata pelajaran lain), integrasi nilai-nilai moderasi beragama (penyisipan nilai-nilai moderasi dalam pembelajaran PAI dan pelajaran lain), kegiatan ekstrakurikuler (menyelenggarakan kegiatan tentang moderasi beragama)<em>,</em> penerapan metode dalam pembelajaran (metode ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, simulasi peran,&nbsp; dan memberi teladan tentang sikap yang moderat dalam beragama). Implikasi dari penelitian ialah penelitian ini dapat memberi dukungan sekaligus masukkan kepada kepala sekolah dan Guru PAI SMA Negeri 1 Pasarwajo untuk meningkatkan kolaborasi dan strategi serta metode dalam mebina perilaku moderasi beragama.</p> 2024-12-27T13:26:48+00:00 Copyright (c) 2024 La Kaisar Andera, Syahruddin Usman, Muhammad Yahdi https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/diskursus_islam/article/view/50830 PERAN GURU MATA PELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBINAAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KOTA TIDORE KEPULAUAN 2024-12-27T13:47:21+00:00 ِAbdullah Muhammad [email protected] Muhammad Yaumi [email protected] Misykat Malik Ibrahim [email protected] Andi Achruh [email protected] <p>Artikel ini membahas tentang Peran Guru Mata Pelajaran Pendidkan Agama Islam (PAI) dalam&nbsp; Pembinaan Karakter (akhlak) Peserta Didik&nbsp; pada Madrasah Aliyah Negeri di Kota Tidore Kepulauan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengkaji peran guru mata pelajaran agama Islam dalam pembinaan karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri di Kota Tidore Kepulauan.</p> <p>Jenis penelitian ini adalah kualitatif fenomenologi yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 di Kota Tidore Kepulauan, dengan pendekatan <em>pedagogis, sosiologis dan psikologis.</em> Data bersumber dari Guru mata pelajaran pendidikan agama Islam, peserta didik dan tokoh pendiri Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 di Kota Tidore Kepulauan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti sendiri, dan juga menggunakan panduan observasi dan pedoman wawancara. Teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu : kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data, untuk mengecek keabsahan data digunakan teknik triangulasi.</p> <p>Hasil penelitian menunjukan <em>Pertama</em> bahwa peran guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dalam pembinaan nilai karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri 1 dan 2 di Kota Tidore Kepulauan yang terdiri dari nilai karakter relegius dengan melaksankan peran sebagai sumber keteladan dan pemberi nasehat. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam kehidupan sehingga orang-orang ketika jauh dari nilai-nilai karakter maka mereka tidak lagi memikirkan tentang baik buruknya, akan tetapi mereka hanya memikirkan untuk memuaskan hawa nafsunya walupun itu, melanggar norma-norma masyarakat dan agama.</p> 2024-12-27T13:47:20+00:00 Copyright (c) 2024 ِAbdullah Muhammad, Muhammad Yaumi, Misykat Malik Ibrahim, Andi Achruh https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/diskursus_islam/article/view/46481 MENELAAH FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM SEBAGAI FILSAFAT KHUSUS 2024-12-31T05:40:11+00:00 Bima Fandi Asy'arie [email protected] Zuhairi [email protected] <p><span lang="EN">Filsafat adalah usaha manusia yang mempelajari hakikat melalui akal budi manusia dengan menggunakan akal budi untuk memahami dan menjawab semua pertanyaan yang berkaitan dengan transendensi, humanisme, dan dunia manusia. Objek kajian filsafat yaitu tidak lepas dari ontologi, epistimologi dan aksiologi. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui makna filsafat, dan (2) mengetahui objek kajian filsafat umum dan filsafat khusus dalam pendidikan Islam. Dalam penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Teknik yang digunakan ialah mengumpulkan bahan-bahan bacaan seperti buku, artikel dan jurnal yang menjadi pokok pembahasan dari topik penelitian. Kajian yang akan dibahas dalam altikel ini pada objek filsafat umum meliputi sejarah kemunculan filsafat, karakteristik berfikir secara filsafat, menfaat mempelari filsafat. Kemudian pada objek yang berkaitan dengan filsafat khusus yaitu filsafat praktik pendidikan dan filsafat ilmu pendidikan Islam. Dengan mempelajari filsafat dapat membantu kita memahami apa yang benar dan salah, dan antara filsafat mana yang membantu kemajuan dan mana yang merusak. Karena, dalam dunia pendidikan diperlukan mempelajari filsafat. Karena, filsafat dapat membantu kita menilai kebijakan, memahami diri sendiri dan masyarakatnya, menemukan kebenaran, dan mengubah kehidupan dengan berpikir kritis</span><span lang="EN-US">. </span></p> 2024-12-28T08:36:54+00:00 Copyright (c) 2024 Bima Fandi Asy'arie, Zuhairi https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/diskursus_islam/article/view/53962 PENGARUH KELEKATAN GURU DAN PESERTA DIDIK TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN BTQ DI MTS MADANI ALAUDDIN PAOPAO 2024-12-31T05:21:19+00:00 Maulidia Murti [email protected] La Ode Ismail Ahmad [email protected] Syamsuri [email protected] Muhammad Rusmin B [email protected] Mappasiara [email protected] <p>This thesis aims to: 1) Describe the influence of teacher and student attachment on the motivation to memorize the Qur'an of students in the BTQ subject at MTs Madani Alauddin Paopao; 2) Describe the motivation to memorize the Qur'an of students at MTs Madani Alauddin Paopao; 3) Analyze the influence of teacher and student attachment on the motivation to memorize the Qur'an of students in the BTQ subject at MTs Madani Alauddin Paopao. This type of research is quantitative research using the ex post facto method with a simple paradigm research design. The respondents in this study numbered 150 people with a sampling technique of simple random sampling of 30 students. Based on the results of descriptive statistical analysis, it can be concluded that: teacher and student attachment is in the moderate category with a percentage of 70% while the motivation to memorize the Qur'an of students at MTs Madani Alauddin Paopao is also in the moderate category with a percentage of 73%. From the results of the analysis, the real level (α) and table value were obtained at 5% or 0.05. Where the results of the analysis were obtained tcount = 2.930 while the ttable value = 1.701 for 30 samples which can be interpreted that tcount&gt; ttable, namely 2.930&gt; 1.701. Thus, the attachment of teachers and students influences the motivation to memorize the Qur'an of students at MTs Madani Alauddin Paopao, namely 16.8% while the remaining 83.2% is influenced by other variables. The implications of this study are for students to focus more on the relationship between teacher and student attachment. For teachers, to be able to find things that make students not bored during the learning process in memorizing the Qur'an. For schools, to be able to be used as evaluation material for the attachment of teachers and students to increase the motivation to memorize the Qur'an of students.</p> 2024-12-31T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2024 Maulidia Murti, La Ode Ismail Ahmad, Syamsuri, Muhammad Rusmin B, Mappasiara https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/diskursus_islam/article/view/53761 PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WORDWALL DAN PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI MENGHAFAL JUZ AMMA 2024-12-31T05:36:17+00:00 Nurhanisa Ridwan [email protected] Sitti Jamilah Amin [email protected] Buhaerah [email protected] <p>This thesis discusses the use of the Wordwall application, the provision of rewards, and memorizing Juz Amma at SDN 88 Parepare. The main issue is whether there is a significant effect between the use of the Wordwall application and the provision of rewards on memorization motivation for Juz Amma.&nbsp;This research was conducted at SDN 88 Parepare with the aim of examining the relationship between memorization motivation for Juz Amma and the use of the Wordwall application and providing rewards. This study uses an associative type of research with a correlational research design. The research population consists of 106 students, with 84 samples selected using simple random sampling. Data collection techniques include observation, questionnaires, and documentation. The data analysis techniques used are descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis techniques. The research findings concluded that: (1) The relationship between the use of the Wordwall application and memorization motivation for Juz Amma at SDN 88 Parepare is 31.5%, which falls under the low category. (2) The relationship between providing rewards and memorization motivation for Juz Amma at SDN 88 Parepare is 64.1%, which is classified as strong. (3) There is a significant effect between the use of the Wordwall application and the provision of rewards on memorization motivation for Juz Amma, as shown by the F-test, where the Significance value is 0.000 &lt; 0.05, meaning H0 is rejected and H1 is accepted, with an influence contribution of 41.2%. The uniqueness of this study lies in the combination of the Wordwall application and the provision of rewards in the context of memorizing Juz Amma. This research is beneficial in the field of education, where technology used for memorizing Juz Amma can increase student engagement, thus helping to improve the quality of Islamic education.</p> 2024-12-31T05:36:16+00:00 Copyright (c) 2024 Nurhanisa Ridwan, Sitti Jamilah Amin, Buhaerah https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/diskursus_islam/article/view/50648 PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA MADRASAH TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS DDI BARU KABUPATEN POLEWALI MANDAR 2024-12-31T05:42:13+00:00 Masripa Basri [email protected] Muhammad Ramli [email protected] Musdalifah Musdalifah [email protected] <p>Artikel ini menganalisis pengaruh kompetensi manajerial Kepala Madrasah terhadap hasil belajar peserta didik di MTs DDI Baru Kabupaten Polewali Mandar. Indikator dari kompetensi manajerial adalah kompetensi perencanaan dan pengorganisasia. Jenis Penelitian ini menggunakan <em>ex-post facto </em>dengan metode penelitian kuantitatif. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik MTs DDI Baru Kabupaten Polewali Mandar berjumlah 84 orang dengan menggunkana <em>stratified random sampling</em>. Tekhnik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial melalui regresi sederhana. Hasil analisis data deskriptif menunjukkan kompetensi manajerial kepala madrasah berada pada kategori sedang dengan persentase 71%; dan hasil belajar peserta didik berada pada kategori sedang dengan persentase 57%. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai X1 ke Y diperoleh <strong>T<sub>hitung</sub></strong> = 4,449 <strong>T<sub>tabel</sub></strong> = 1.663, maka <strong>H<sub>o</sub> ditolak dan H<sub>a</sub> diterima </strong>artinya ada pengaruh kompetensi manajerial kepala madrasah terhadap hasil belajar peserta didik di MTs DDI Baru Kabupaten Polewali Mandar.</p> 2024-12-28T08:20:41+00:00 Copyright (c) 2024 Masripa Basri, Muhammad Ramli, Musdalifah Musdalifah