Gurutta: Journal of Learning, Teaching, and Instruction https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/gurutta <p>GURUTTA adalah kata yang berasal dari bahasa Bugis, salah satu dari suku terbesar yang mendiami wilayah Sulawesi Selatan. Secara literal GURUTTA bermakna 'Guru Kita'. Filosofi penamaan jurnal ini adalah mengakomodir local wisdom, dan apresiasi terhadap para guru yang memberi kontribusi besar dalam perjalanan mencerdaskan anak bangsa dari waktu ke waktu. Guru menjadi <em>role model</em> di tengah masyarakat, sekaligus menjadi oase yang dapat melepaskan dahaga keilmuan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Perjalanan guru sepanjang peradaban manusia telah menorehkan 'Tinta Emas' menghasilkan para teknokrat, aristokrat, cendekiawan serta sejumlah profesi sosial di dalam masyarakat yang berbudaya.</p> <p>Guru tidak hanya menjadi sumber transformasi pengetahuan dan sumber belajar, akan tetapi guru memegang stempel <em>Agent of Change</em> yang mengantarkan masyarakat ke gerbang perubahan, kemajuan dan peradaban. Berkaca pada sejumlah peran starategis yang dimilikinya maka ia layak mendapatkan 'Bintang' terhadap segala pengabdian dan dedikasinya. Untuk itu, jurnal ini memberi apresiasi kepada mereka dengan memberi nama jurnal ini GURUTTA, guru kita dengan segala pengabdiannya.</p> <p>Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian, studi pustaka, penerapan teori, strategi, metode dan instruksi pembelajaran pada bidang pendidikan dan pembelajaran. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu Januari-Juni dan Juli-Desember.&nbsp;Penerbitan jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan dan mensosialisasikan gagasan-gagasan tentang pendidikan dan pembajakan.&nbsp;Dewan Redaksi akan melakukan peer review dengan <em>double-blind. </em>Anggota Dewan redaksi lainnya akan Bergantung pada laporan evaluasi anggota Dewan Redaksi, artikel diterbitkan atau tidak (untuk kasus tertentu). Proses evaluasi artikel memakan waktu kurang lebih tiga bulan. Artikel diterbitkan atau tidak, akan disampaikan oleh Tim Editorial.&nbsp; Penulis bertanggung jawab atas kesalahan, jika ada sebagian atau seluruhnya dalam artikel yang diterbitkan maka Artikel ini tidak boleh dipublikasikan di tempat lain.<br>Artikel yang dikirim ke dewan redaksi selalu direview oleh dua anggota Redaksi.</p> en-US [email protected] (Ahmad Afiif) [email protected] (Farhan) Mon, 16 Dec 2024 13:11:06 +0000 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peningkatan Hasil Belajar PAI Melalui Penerapan Model Make A Match pada Peserta Didik Kelas IV SD Centre Mangalli https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/gurutta/article/view/53378 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada peserta didik kelas IV SD Centre Mangalli melalui penerapan model pembelajaran Make a Match. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 17 peserta didik kelas IV SD Centre Mangalli. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar PAI peserta didik. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata tes hasil belajar pada siklus II yang lebih tinggi dibandingkan siklus I. Selain itu, aktivitas siswa dalam proses pembelajaran juga meningkat, yang tercermin dari keterlibatan aktif dalam permainan pasangan kata yang diterapkan dalam model pembelajaran ini. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada peserta didik kelas IV SD Centre Mangalli.</p> Syamsiah, Awaliah Musgamy, Nur Husnul Khatimah Copyright (c) 2024 Syamsiah, Awaliah Musgamy, Nur Husnul Khatimah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/gurutta/article/view/53378 Wed, 31 Jul 2024 00:00:00 +0000 Penerapan Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Minasa Upa https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/gurutta/article/view/53379 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar Pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas IV UPT SPF SD Negeri Minasa Upa melalui penerapan metode Jigsaw. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber datata dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV UPT SPF SD Negeri Minasa Upa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dandokumentasi. Dengan Teknik analisis data: Reduksi data, penyajian data, Conclusion drawing. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatan minat belajar peserta didik pada pembelajaran pendidikan Agama Islam. Hal ini terlihat dari hasil yang dilakukan pada siklus I observasi kegiatan guru terlaksana 80% sedangkan aktivitas peserta didik terlaksana 76,39%. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan pada aktivats guru sebanyak 92,5% dan aktivitas siswa 87,41%. Perolehan hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.</p> Sitti Syamsiah, Siti Ibrah Mustafa Kamal, Annisa Trifirjayani Copyright (c) 2024 Sitti Syamsiah, Siti Ibrah Mustafa Kamal, Annisa Trifirjayani https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/ https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/gurutta/article/view/53379 Wed, 31 Jul 2024 00:00:00 +0000