MANAGEMENT OF THE GERBANG PROGRAM (GERAKAN BAHASA ASING) IN LEARNING ARABIC AT AN-NUR II AL-MURTADHA ISLAMIC BOARDING SCHOOL

  • Baiq Laili Rahmawati Maulana Malik Ibrahim University Malang
    (ID)
  • Moh. Arif AM Maulana Malik Ibrahim University Malang
    (ID)
  • Nur Kholid Maulana Malik Ibrahim University Malang
    (ID)
Keywords: Manajemen, Program, Bahasa Arab

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan manajemen program Gerbang yang ada di Pondok Pesantren An-Nur II Al-Murtadha mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pada tingkat wustha. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul, peneliti melakukan analisis data dengan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan musyrif bermusyawarah untuk menentukan tujuan program, bentuk kegiatan yang ada dalam program, target pembelajaran, dan sasaran kegiatan terbelih dahulu sebelum menjalankan program. dalam pelaksanaan program. Pada tahap pelaksanaan musyrif mengerjakan tanggung jawabnya masing-masing seperti yang sudah diputuskan pada tahap perencanaan yaitu menjalankan program masing-masing sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki. Pada tahap evaluasi terbagi menjadi bulanan dan mingguan yang dilakukan oleh pengurus dan musyrif dan hasil rapat evaluasi program dijadikan sebagai landasan dalam mengambil keputusan untuk langkah selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah Z. Ni’am dkk. (2017). AD/ART Pergerakan Bahasa Asing. PP An-Nur 2 Al-Murtadlo, Bululawang-Malang.

Amirudin, A., Nurlaeli, A., & Muzaki, I. A. (2020). Pengaruh Metode Reward and Punishment Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SDIT Tahfizh Qur’an Al-Jabar Karawang). Tarbawy: Indonesian Journal of Islamic Education, 7(2), 140–149. https://doi.org/10.17509/T.V7i2.26102

Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55-65. Https://doi.org/10.24815/Pear.V6i2.12197

Arifin, Z. (2019). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Bayu, D. (2022). Indonesia Miliki 26.975 Pesantren, Ini Sebaran Wilayahnya. Retrieved April 18, 2023, from 5 Mei website: https://dataindonesia.id/ragam/detail/indonesia-miliki-26975-pesantren-ini-sebaran-wilayahnya

Fuadah, F. S., & Sanusi, H. P. (2017). Manajemen Pembelajaran di Pondok Pesantren. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 2(2). Https://doi.org/10.15575/Isema.V2i2.5001

Hasan, R., & Mufidah, N. (2022). Manajemen Program Komunikasi Bahasa Arab di Pondok Pesantren. Uniqbu Journal of Social Sciences, 3(1), 145–155. https://doi.org/10.47323/ujss.v3i1.174

Hermawan, A. (2011). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hikmat. (2009). Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Khoiruddin, H., & Ferisal, R. I. (2018). Manajemen Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 3(1). https://doi.org/10.15575/Isema.V3i1.3279

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks: SAGE Publication.

Mufidah, N., & Efendi, M. R. A. (2021). Manajemen Halqoh Bahasa di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Malang. Uniqbu Journal of Social Sciences, 2(2), 10. https://doi.org/10.47323/ujss.v2i2.134

Murdiono, & Mardiana, D. (2019). Implementasi Metode Takrir dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Izzah Kota Batu. Baktimas: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(4), 160–169. https://doi.org/10.32672/btm.v1i4.1594

Nasir, M., Budiarti, M., & Yandrefo, P. (2021). Pelatihan Debat Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Arab bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Keislaman. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 7. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1191

Nihayati, C. W., & Agustriasih, N. (2021). Penggunaan Permainan Untuk Meningkatkan Semangat dan Minat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah. 5, 16.

Nur, H. (2017). Penerapan Metode Muhadatsah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Kalam Peserta Didik. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 20(2), 177–187. https://doi.org/10.24252/lp.2017v20n2i4

Pananrangi, A. R. (2017). Manajemen Pendidikan. Makassar: Celebes Media Perkasa.

Priyatna, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Di Pondok Pesantren Modern Al-Ihsan Baleendah Bandung. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 22. https://doi.org/10.30868/Ei.V6i11.93

Rohelah, S. (2020). Hubungan Kegiatan Latihan Khitobah Dan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Dirosat: Journal of Islamic Studies, 5(2). https://doi.org/10.28944/Dirosat.V5i2.505

Shobirin, & Sulton, M. (2020). Tariqah Taqdim al-Qissah Fi Tarqiyah Maharah al-Istima’ Litullab al-Mustawa al-Sani al-Mukassaf Bijami’ah al-Amin al-Islamiyyah Prenduan Sumenep Madura. Lughawiyyāt: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 3(2), 140–166. https://doi.org/10.38073/lughawiyyat.v3i2.250

Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 251–258. https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10544/5187

Published
2023-06-15
Section
Article
Abstract viewed = 111 times