PENGARUH MOTIVASI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DAN PEGAWAI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai motivator di SMK Muhammadiyah 3 Makassar, untuk mengetahui kinerja guru dan pegawai di SMK Muhammadiyah 3 Makassar dan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara motivasi kepala sekolah terhadap kinerja guru dan pegawai di SMK Muhammadiyah 3 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di SMK Muhammadiyah 3 Makassar yang berjumlah 37 orang sehingga menggunakan total sampling. Data diperoleh melalui instrumen angket dan dokumentasi, dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Adapun hasil penelitiannya gambaran motivasi kepala sekolah di SMK Muhammadiyah Makassar menunjukkan hasil yang belum maksimal atau berada pada kategori sedang yakni 49%, adapun kinerja guru dan pegawai juga berada pada kategori sedang yakni 95%. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai maka HO diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil deskriptif inferensial, dapat disimpulkan bahwa motivasi kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru dan pegawai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ada beberapa implikasi terhadap pihak yang berkompeten demi peningkatan mutu pendidikan yaitu mengoptimalkan motivasi, dan hendaknya pimpinan memberikan evaluasi yang berkesinambungan tentang kinerja guru dan pegawai, agar hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan atau acuan pengambilan kebijakan dalam rangka upaya peningkatan kualitas di SMK Muhammadiyah 3 Makassar, dan menjadikan lembaga pendidikan yang dipimpinnya sesuai dengan kebutuhan dan harapan pelanggan internal maupun eksternal.
Keywords: Motivasi, Kinerja, Kepala Sekolah, Guru dan PegawaiDownloads
References
A. Yusmiar. Manajemen sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Kinerja Pegawai. Makassar: Alauddin University Press, 2014.
Ahmad Susanto. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasi, Jakarta: Kencana, 2016.
Anas, Sudijono. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja. Grafindo Persada, 2006.
Andang. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Arifin M, Peran dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Teras, 2010.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian Edisi Baru. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Azhar Arsyad, dkk. Buku Daras, Pengantar Manajemen 2. Makassar: Alauddin University Press, 2006.
Basyir, Ahmad Azhar. Garis Besar Sistem Ekonomi Islam. Yogyakarta: BPFE, 1987.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 1995.
Daryanto, H.M. Administrasi dan Manajemen Madrasah. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Jakarta, 2005.
Eka Suhartini. Motivasi, Kepuasan Kerja dan Kinerja. Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Fathurruhman, Pupuh. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama, 2007.
Hasan, MM, M. Iqbal. Pokok – pokok Materi Statistik 2: Statistik Inferensif. Jakarta: Bumi aksara, 2002.
Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Hasriani. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengefektifkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Baraka Kabupaten Enrekang” Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2010.
http://www.risalahislam.com/2014/02/manusia-terbaik-paling-bermanfaat-ramah.html?m=1. Di akses pukul 17.47 WITA, 16 maret 2017.
http://definisiahli.blogspot.co.id/2013/05/definisi-indikator-kinerja-menurut ahli-html. Diakses pukul 04.00 WITA, 11 Maret 2018.
Iskandar Agung, Yufriadi. Antara Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Jakarta: Bestari Buana Murni, 2013.
Kementrian Agama RI, Al-qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: PT. Intermasa, 1993.
Kurnia,”Pengaruh Komunikasi Kepemimpinan terhadap Kinerja Guru di SMAN 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa”, Skripsi Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Aalauddin Makassar, 2013.
M.Fais Satrianegara. Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia. Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Marno dan Triyo Supriyatno, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Reika Aditama, 2008.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. Manajemen Sunber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Mulyasa, Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Nurita. “Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Pegawai di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar”, Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar,2013
Pahmuddin. “Pengaruh Kepemimpinana Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Makassar”, Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 2011.
Putra, Sujudi Ragil. Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja dan Pengawasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada BMT Bina Ihsanul Fitri Yogyakarta, Skripsi, Prodi Ekonomi UII Yogyakarta, 2006.
Republik Indonesia, Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika, 2011.
Ruky, Achmad S. Sistem Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2002.
Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontraversi, Aplikasi. Alih Bahasa Hadayana dan Sarwanto. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996.
S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan: Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Satrianegara, M.Fais. Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia. Makassar: Alauddin University Press, 2013.
Siagian, Sondang P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.
Simanjuntak, Payaman J. Manajemen dan Evaluasi Kinerja. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI, 2011.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2003.
Suharsini, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
Sujudi Ragil, Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja dan Pengawasan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada BMT Bina Ihsanul Fitri Yogyakarta, Skripsi Prodi Ekonomi UII Yogyakarta, 2006.
Sukmadinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosda, 2003.
Supardi. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Press, 2013.
Susanto, Ahmad. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru Konsep, Strategi, dan Implementasi. Jakarta: Kencana, 2016.
Susatyo Herlambang. Pengantar Manajemen Cara Mudah Memahami Ilmu
Susilo, Martoyo. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE, 2000.
Syamsul Hadi, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Guru dan Staf Tata Usaha MTs Negeri Ngawi”, Skripsi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel, 2012.
Syukur, Fatah. Manajemen Sumber Daya Pendidikan. Jakarta: Cempaka, 2012.
Wahjosumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002
Wibowo. Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.
Copyright (c) 2018 Hamsiah Djafar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.