PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP PENGELOLAAN LABORATORIUM SMA NEGERI SE- KABUPATEN LUWU TIMUR

  • Kasmawati Kasmawati UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Masriani Adilla Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui gambaran kompetensi manajerial, kompetensi profesional dan pengelolaan laboratorium SMA Negeri se-Kabupaten Luwu Timur. (2) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi manajerial dan kompetensi profesional terhadap pengelolaan laboratorium SMA Negeri se-Kabupaten Luwu Timur. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex-Postfacto. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 10 orang kepala laboratorium fisika SMA Negeri se-Kabupaten Luwu Timur. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa kompetensi manajerial, kompetensi professional dan pengelolaan laboratorium SMA Negeri se- Kabupaten Luwu Timur berada pada kategori rendah. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis uji serentak didapatkan nilai R (korelasi) sebesar 0,39 dimana angka tersebut pada tabel korelasi berada pada kategori lemah sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara kompetensi manajerial dan kompetensi profesional terhadap pengelolaan laboratorium SMA Negeri se- Kabupaten Luwu Timur. Implikasi dari penelitian ini yaitu dapat disajikan sebagai bahan evaluasi bagi pemerintah untuk menentukan tindak lanjut dalam peningkatan kompetensi kepala laboratorium fisika misalkan melakukan pelatihan kepala laboratorium, menjadi evaluasi bagi pihak sekolah dalam melakukan perekrutan tenaga laboratorium sesuai dengan bidang yang ditekuni. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan rujukan atau perbandingan bagi orang yang akan melakukan penelitian mengenai kompetensi kepala laboratorium.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alma, Buchari. Guru Profesional: Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta. 2014.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006.

Emha. Pedoman Penggunaan Laboratorium Sekolah (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan kuantitatif dan kualitatif. Jakarta: rajawali pers. 2015.

Getteng , Abd, Rahman. Menuju Guru Profesional dan Ber-Etika. Yogyakarta: Grha Guru. 2014.

http:// www. Alquran-digital. com. 2004.

http://id.wikipedia.org/wiki/manajemen.

Idris, Ridwan. Manajemen Pendidikan dalam Aplikasinya di Sekolah. Makassar: Alauddin press. 2014.

Kunandar. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja grafindo Persada. 2011.

Made Pidata. Manajemen Pendidikan (Jakarta:Rineka Cipta, 2011).

Misbahuddin dan Iqbal Hasan. Analisis Data Penelitian dengan Statistik (Jakarta: Bumi Aksara, 2013).

Priansa, Doni Juni. Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta. 2014.

Said, Muhammad. Pengantar Laboratorium Fisika .Makassar: Alauddin Press. 2011.

Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2013.

Sanjaya, wina. Strategi Pembelajaran. Jakarta: kencana. 2006.

Siregar, Syofian. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara. 2015.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2013).

Supardi. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers. 2013.

Sutrisno. Laboratorium Fisika Sekolah (Bandung: UPI, 2010).

Tiro, Muhammad arif. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: State University Of Makassar Press.

Undang-undang RI No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Ulbert Silalahi, Studi Tentang Ilmu Administrasi: Konsep Teori dan Dimensi (Bandung: Sinar Baru Algesindo,2002).

Yusup, Pawit M. Perspektif Manajemen Pengetahuan, Informasi, Komunikasi, Pendidikan, dan Perpustakaan. Jakarta: Rajawali Pers. 2012.

Published
2018-06-30
Section
Article
Abstract viewed = 468 times