STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MEMBENTUK PUBLIC OPINION LEMBAGA PENDIDIKAN
Abstract
Pendidikan merupakan sumber investasi terbesardalam membangun dan menjadikan manusia seutuhnya menuju (insanul kamil). Memahami opini seseorang, yang dalam hal ini opini publik bukanlah suatu hal yang mudah. Sebagaimana hal tersebut pembentukan opini publik dibentuk oleh publik yang selektif, karena dalam semua permasalahan selalu ada publiknya masing-masing. Humas memegang peran yang sangat penting dalam setiap institusi atau lembaga, karena humas menjadi salah satu cara yang strategis dalam menciptakan citra positif maupun citra negatif dalam suatu lembaga tersebut. Dalam hal ini humas mempunyai relasi yang luas, dan peran humas dalam pengembangan pendidikan memiliki posisi yang sangat urgen terutama dalam menentukan arah pendidikan yang sesuai dengan keinginan semua pihak, lebih-lebih tuntutan dari pelanggan. Perkembangan opini publik dengan berbagai kakakternya yang semakin beragam, baik internal dan eksternal membutuhkan penyelesaian khusus dalam berkomunikasi dengan mereka. Kegiatan komunikasi organisasi merupakan kegiatan komunikasi strategis yang perlu dijalankan oleh organisasi.Manajemen sebagai pengambil keputusan penting dalam kegiatan komunikasi, melalui humas kegiatan komunikasi strategis organisasi dapat berjalan dengan baik. Public relation harus memiliki dukungan penuh dari manajemen untuk dapat melaksanakan tugas.Downloads
References
Apryanti, M. (2013). PELAKSANAAN FUNGSI PUBLIC RELATIONS OLEH BINAMITRA DI KANTOR POLSEKTA SAMARINDA ULU. E-Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(4), 235–250.
Baharun, H. (2012). DESENTRALISASI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal At-Tajdid, 1(2).
Baharun, H. (2015). Penerapan Pembelajaran Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Madrasah. Jurnal Pendidikan Pedagogik, 1(1), 34–46.
Baharun, H. (2016). Management Of Quality Education In Pesantren: The study of the Education Quality Improvement Pesantren by Strategy Management Approach.(2nd INTERNATIONAL CONFERENCES ON EDUCATION AND TRAINING (ICET), Ed.). Malang: UM Malang.
Baharun, H. (2016). Manajemen Kinerja Dalam Meningkatkan Competitive Advantage Pada Lembaga Pendidikan Islam. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 5(2).
Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2017). Pendidikan Multikultural dalam Menanggulangi Narasi Islamisme di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 224–243.
Farouk, U. (2009). PERAN PUBLIC RELATIONS DI PERGURUAN TINGGI NEGERI ( PTN ) DALAM ERA BADAN HUKUM PENDIDIKAN. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Kebijakan Publik, 6(1), 68–77.
Fauzi, A. (2015a). Membangun Epistemologi Pendidikan Islam Melalui Kepemimpinan Spiritual : Suatu Telaah Diskursif. Journal Empirisma, STAIN Kediri, Vol. 24(No 2), 155–167.
Fauzi, A. (2015b). Pengembangan Human Relation Perspektif Nilai-nilai al-Qur’an. Mutawatir UIN Sunan Ampel Surabaya, 1(2), 168–179.
Fauzi, A. (2018). Human Resource Management dalam Meningkatkan Mutu Dosen PTKIS. At-Ta’lim INZAH Genggong Probolinggo, 4, 1(Pendidikan Islam), 21–34.
Harini, I. N. (2014). MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT DALAM UPAYA PENINGKATAN PENCITRAAN SEKOLAH (STUDI KASUS DI SMP AL HIKMAH SURABAYA). Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4(4), 8–20.
Hasan Baharun, Z. (2017). Manajemen Mutu Pendidikan : Ikhtiar dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah melalui Pendekatan Balanced Scorecard. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Herlina, S. (2015). STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MEMBENTUK CITRA PEMERINTAHAN DI KOTA MALANG. Jurnal Ilmu Sosial Dan iImu Politik, 4(3), 493–500.
Mundiri, A. (2016). STRATEGI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBANGUN BRANDING IMAGE. Pedagogik, 3(2), 58–72.
Mundiri, A. (2017). Organizational Culture Base On Total Quality Management In Islamic Educational Institution. ADRI International Journal Of Islamic Studies and Social Sciences, 1(1), 1–11.
Munirwan Umar. (2016). Manajemen Hubungan Sekolah Dan Masyarakat Dalam Pendidikan. Edukasi, 2(1), 18–29.
Puspokusumo, A. (2011). PERANAN MANAGEMENT PUBLIC RELATIONS DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN JASA PERHOTELAN: STUDI KUALITATIF PADA RE-OPENING HOTEL MANDARIN ORIENTAL, JAKARTA. Binus Business Review, 2(1), 202–215.
Sista, T. R. (2017). Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Educan, 1(1), 44.
Copyright (c) 2018 NUR IZZA AFKARINA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan agree to the following terms: Authors retain the copyright and grant Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.