HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA PEGAWAI DI FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

  • Suarga Suarga Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurita Nurita Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana motivasi kerja pegawai di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, bagaimana kinerja pegawai di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, dan adakah hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja  pegawai di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Adapun tujuan dari penelitian ini; Pertama untuk mengetahui motivasi kerja pegawai di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, Kedua untuk mengetahui kinerja pegawai di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dan Ketiga untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja   pegawai   di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif dengan menggunakan pendekatan penelitian pendidikan dan psikologi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai baik PNS maupun honorer di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, yang berjumlah 43 orang sehingga menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket skala likert tentang motivasi kerja dan kinerja pegawai. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa motivasi kerja pegawai di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar berada pada kategori sedang, yakni sebesar 67%. Adapun kinerja pegawai di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar juga berada pada kategori sedang, yakni sebesar 65%. Sedangkan kesimpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja pegawai sebesar  0,997%  atau  jika  dikonsultasikan  pada  pedoman  interpretasi koefesien korelasi maka hubungan kedua variabel tersebut sangat kuat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, Asman Ali. “Hubungan Antara Motivasi Dalam Memilih Jurusan IPA Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 1 Poleang Kabupaten Bombana”, Skripsi ( Makassar : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Negeri Alauddin Makassar, 2015), h. 73-74.

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Cet.XII, Jakarta: Rineka Cipta, 2013. Arsyad, Azhar, dkk. Buku Daras, Pengantar Manajemen 2. Makassar: Alauddin University Press, 2006.

Astrini, Resky. “Pengaruh Motivasi Instrinsik dan Motivasi Ekstrinsik terhadap Produktivitas Kerja Pegawai pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Makasar”. Skripsi (Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin, 2012),h.41. https://core.ac.uk/download/pdf/25486961.pdf.

Aswar, Saifuddin. Penyusunan Skala Psikologi. Cet. II; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Azwar, Saifuddin. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2007.

Basyir, Ahmad Azhar. Garis Besar Sistem Ekonomi Islam. Yogyakarta: BPFE, 1987. Daryanto, Tutik Rachmawati. Penilaian Kinerja Profesi Guru Dan Angka Kreditnya Cet. I; Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Gozali, Nasehudin, Toto Syatori dan Nanang. Metode Penelitian Kuntitatif. Cet.I; Bandung: Pustaka Setia, 2012.

Handoko, H. Manajemen Sumber Daya Manusia dan Personalia. BPFE UGM; Yogyakarta: 2012.

Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Kadarisman, M. Manajemen Sumber Daya Manusia. Cet. I; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2012.

Robbins, Stephen P. Perilaku Organisasi: Konsep, Kontraversi, Aplikasi. Alih Bahasa Hadayana dan Sarwanto. Cet. II; Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996.

Sari, Aida Rahmita, “Hubungan Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta”, Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Cet. VI; Bandung: Alfabeta, 2008.

Suharti, Kinerja Pegawai Suatu Kajian dengan Pendekatan Analisis Beban Kerja. Cet. I; Makassar: Alauddin University Press, 2012.

Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Pedoman Karya Tulis Ilmiah, Makalah, Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Laporan Penelitian. Makassar; Alauddin Press, 2013.

Uno, Hamzah B. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara, 2008. Usman, Husaini. Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Edisi III.Cet. II; Jakarta: 2010.

Wenty, Cici Syafri. “Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Pegawai di Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan”, Jurnal Administrasi Pendidikan, vol. 3 no. 2 (2015) h. 941. (Diakses 3 Maret 2017). Wibowo. Manajemen Kinerja.

Widoyoko, S. Eko Putro. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Cet, III; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

Wirawan, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi dan Penelitian. Jakarta: Salemba Empat, 2009.

Yusmiar, A. Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Kinerja Pegawai.Cet. 1; Makassar: Alauddin University Press, 2014.

Published
2018-06-30
Section
Article
Abstract viewed = 804 times