SISTEM PAKAR PENDETEKSI PENYAKIT PADA BALITA MENGGUNAKAN METODE COSINE SIMILARITY DAN ALGORTIMA NAZIEF ADRIANI

  • RIDWANG RIDWANG Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • NUR AFIF Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • ASEP INDRA SYAHYADI Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Kesehatan merupakan prioritas utama bagi umat manusia. Sebagian dari para orang tua banyak yang salah dalam menyikapi gejala – gejala penyakit yang timbul pada balita dan sering melakukan pengobatan sendiri tanpa adanya bimbingan dari dokter atau pakar sehingga bisa berakibat fatal pada pertolongan pertama kepada balita. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan petunjuk kepada orang tua dalam melakukan pertolongan pertama pada balita. Aplikasi di rancang dengan menggunakan metode Cosine Similarity dan Algoritma Nazief & Adriani untuk melakukan klasifikasi text sehingga didapatkan jenis penyakit dan cara pencegahannya berdasarkan gejala – gejala yang di masukkan oleh orang tua atau keluarga pasien dalam bentuk kalimat.

Kata Kunci : Sistem Pakar, penyakit balita, Cosine Similarity, Nazief & Adriani

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

RIDWANG RIDWANG, Universitas Muhammadiyah Makassar
Jurusan Teknik Elektro
NUR AFIF, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Teknik Informatika
ASEP INDRA SYAHYADI, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Jurusan Teknik Informatika

References

Nugroho, Hargyo Tri. 2017. Pengaruh Algoritma Stemming Nazief-Adriani Terhadap Kinerja Algoritma Winnowing Untuk Mendeteksi Plagiarisme Bahasa Indonesia. ULTIMA Computing. 9 (1):36-40.

Puspitawati, Silvia. Pertumbuhan Balita Berdasarkan Pemberian Asi Eksklusif Dan Konsumsi Gizi Seimbang Pada Balita Umur 12-59 Bulan Di Desa Beluk Wilayah Puskesmas Belik Kabupaten Pemalang Hal 7. Semarang : Universitas Muhammadiyah Semarang, 2018.

Ramadhani Syaifudin, Urifatun Anis, Siti Tazkiyatul Masruro. Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan Di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL Vol. 5 No. 2. Lamongan : Universitas Islam Lamongan, 2013.

Santoso, Radna Nurmalina, Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut) Hal 86-87 Vol 9. No.1. Kalimantan Selatan : Politeknik Negeri Tanah Laut, 2017.

Sasmoko Dani, Feriyanto. Perancangan Keamanan Data Dengan Sistem Steganografi Menggunakan Metode Least Significant Bit Vol. 9 No. 1. Hal. 52. Semarang : STEKOM, 2016.

Silmi Muhammad, Eko Adi Sarwoko, Kushartantya. Sistem Pakar Berbasis Web dan Mobile Web Untuk Mendiagnosis Penyakit Darah Pada Manusia Dengan Menggunakan Metode Inferensi Forward Chaining Vol. 4 No. 7 hal. 31. Diponegoro : Universitas Diponegoro, 2013.

Tri Rizki Wahyuni, Dhidik Prastiyanto, dan Eko Supraptono. Penerapan Algoritma Cosine Similarity dan Pembobotan TF-IDF pada Sistem Klasifikasi Dokumen Skripsi Vol.9 No.1 Hal 18. Semarang : Universitas Negeri Semarang, 2017.

Published
2020-03-18
Section
Volume 5, Nomor 1 April Tahun 2020
Abstract viewed = 438 times