KEMAMPUAN SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MENGGUNAKAN VIDEO BLOGGING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Abstract
Berdasarkan APJII, 74% pengguna internet di Indonesia menggunakan internet untuk mengakses media sosial. YouTube digunakan untuk berbagi video seperti video musik, olahraga, maupun hobi. Dalam perkembangannya, saat ini banyak orang yang membagikan video pada YouTube yang dikenal dengan Video Blogging (vlogging). Sebelumnya, blog digunakan untuk membagikan informasi yang ditulis dalam sebuah halaman web, namun saat ini orang-orang membuat blog dalam bentuk video. Biasanya vlogging mengandung video tentang tutorial, perjalanan, ataupun menjelaskan/mengulas suatu produk. Penggunaan teknologi ini dapat diaplikasikan pada bidang pendidikan karena dapat menstimulasi kreatifitas siswa dan pengajar. Penelitian ini menerapkan vlogging pada siswa kelas 4 SD dalam pelajaran Bahasa Sunda. Dalam penerapannya dapat diketahui ketertarikan dan kemampuan siswa pada penggunaan vlogging sebagai media pembelajaran seperti mengoperasikan, dan membuat video.
Kata Kunci: Video Blogging, Sekolah Dasar, Bahasa Sunda
Downloads
References
Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Multiliterasi (Sebuah Tantangan Pendidikan Abad 21 dalam Konteks Keindonesiaan). Bandung: Refika Aditama. (4C).
APJII, Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2017.
Cresswell, J. W. 2009. Research Design; Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches, Sage, Los Angeles.
Fidan, M., & Debbag, M. 2018. The Usage of Video Blog (vlog) in the “School Experience” Course: The Opinions of the Pre-service Teachers. Journal of Education and Future, issue:13, 161-177.
Nardi B, A, etc. 2004. Why We Blog, Communication of the ACM, Vol 47, No. 12
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Alfabeta.
Copyright (c) 2020 INDIRA SYAWANODYA, ETTY ROHAYATI, TIN SUHARTINI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.