INTEGRASI NATURAL LANGUAGE PROCESSING DALAM CHATBOT MARKETING (STUDI KASUS TOKO CAHAYA FAJAR)

  • MUHAMMAD RIZAL H Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar
    (ID)
  • HASRIANA Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar
    (ID)
  • TAMRAH Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar
    (ID)
  • MURSALIM Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar
    (ID)
  • BUTSIARAH Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar
    (ID)
  • NURAIDA LATIF Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar
    (ID)
  • ELLY WARNI Program Studi Teknik Informatika, Universitas Hasanuddin
    (ID)
  • MUHAMMAD ICHFAN ASKAR Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar
    (ID)
Keywords: Aplikasi penjualan, Chatbot, TF-IDF, Cosine simililarity, Toko Cahaya Fajar terang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi penjualan perlengkapan pernikahan dengan fitur chatbot dengan penerapan TF-IDF dan cosine similarity untuk meningkatkan akurasi sistem pendeteksi tanya jawab pada chatbot. Data ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Metode pengujian sistem menggunakan blackbox dan metode Frequency-Inverse Document Frequency (F-IDF). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi untuk alat penjualan perlengkapan pernikahan dengan fitur chatbot menggunakan metode TF-IDF dan cosine similarity menampilkan hasil nilai dengan akurasi yang baik. Pengujian sistem menggunakan blackbox serta pengujian penerapan chatbot menggunakan pengujian validasi pada menggunakan recall dan precision menghasilkan nilai 90% dari hasil metode TF-IDF dan cosine similarity untuk akurasi tanya jawab chatbot.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

MUHAMMAD RIZAL H, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar

HASRIANA, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar

TAMRAH, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar

MURSALIM, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar

BUTSIARAH, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar

NURAIDA LATIF, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar

ELLY WARNI, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Hasanuddin

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Hasanuddin

MUHAMMAD ICHFAN ASKAR, Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Teknologi Akba Makassar

References

Amalia, E. L., & Wibowo, D. W. (2019). Rancang Bangun Chatbot Untuk Meningkatkan Performa Bisnis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Asia, 13(2), 137–142.
Herwijayanti, B., Ratnawati, D. E., & Muflikhah, L. (2018). Klasifikasi Berita Online dengan menggunakan Pembobotan TF-IDF dan Cosine Similarity. Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(1), 306–312. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/796
Mashud, M., & Wisda, W. (2019). Aplikasi Chatbot Berbasis Website sebagai Virtual Personal Assistant dalam Pemasaran Properti. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(2), 99. https://doi.org/10.35585/inspir.v9i2.2497
Ngai, E. W. T., Lee, M. C. M., Luo, M., Chan, P. S. L., & Liang, T. (2021). Electronic Commerce Research and Applications An intelligent knowledge-based chatbot for customer service. Electronic Commerce Research and Applications, 50(April), 101098. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2021.101098
Published
2023-08-21
Section
Volume 8 Nomor 2 Oktober Tahun 2023
Abstract viewed = 140 times