INTEGRASI NATURAL LANGUAGE PROCESSING DALAM CHATBOT MARKETING (STUDI KASUS TOKO CAHAYA FAJAR)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi penjualan perlengkapan pernikahan dengan fitur chatbot dengan penerapan TF-IDF dan cosine similarity untuk meningkatkan akurasi sistem pendeteksi tanya jawab pada chatbot. Data ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Metode pengujian sistem menggunakan blackbox dan metode Frequency-Inverse Document Frequency (F-IDF). Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi untuk alat penjualan perlengkapan pernikahan dengan fitur chatbot menggunakan metode TF-IDF dan cosine similarity menampilkan hasil nilai dengan akurasi yang baik. Pengujian sistem menggunakan blackbox serta pengujian penerapan chatbot menggunakan pengujian validasi pada menggunakan recall dan precision menghasilkan nilai 90% dari hasil metode TF-IDF dan cosine similarity untuk akurasi tanya jawab chatbot.
Downloads
References
Herwijayanti, B., Ratnawati, D. E., & Muflikhah, L. (2018). Klasifikasi Berita Online dengan menggunakan Pembobotan TF-IDF dan Cosine Similarity. Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(1), 306–312. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/796
Mashud, M., & Wisda, W. (2019). Aplikasi Chatbot Berbasis Website sebagai Virtual Personal Assistant dalam Pemasaran Properti. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(2), 99. https://doi.org/10.35585/inspir.v9i2.2497
Ngai, E. W. T., Lee, M. C. M., Luo, M., Chan, P. S. L., & Liang, T. (2021). Electronic Commerce Research and Applications An intelligent knowledge-based chatbot for customer service. Electronic Commerce Research and Applications, 50(April), 101098. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2021.101098