PERHITUNGAN OTOMATIS UKURAN UDANG VANAME MENERAPKAN OBJECT DETECTION DENGAN CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK MENGGUNAKAN METODE BIDIRECTIONAL FEATURE PYRAMID NETWORK

  • REZA FAISAL Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • RIDWAN A. KAMBAU Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • M. HASRUL H Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Keywords: Udang Vaname, Object Detection, Bi-FPN, EfficientDet, CRISP-DM

Abstract

Penelitian ini menyoroti pentingnya udang sebagai komoditas ekspor yang menjanjikan di Indonesia, negara yang dikenal sebagai salah satu pengekspor udang terbesar di dunia. Fokus khusus diberikan pada udang Vaname, yang menonjol karena nilai gizinya yang tinggi. Studi ini menggunakan metode machine learning Bi-FPN (Bidirectional Feature Pyramid Network) dalam arsitektur EfficientDet, yang efektif dalam meningkatkan representasi hierarki fitur dan mengintegrasikan informasi pada berbagai tingkat resolusi. Hal ini memungkinkan deteksi objek yang efisien pada berbagai ukuran dan tingkat kompleksitas. Dalam uji coba sistem, model yang dibuat berhasil mendeteksi udang berukuran kecil dengan tingkat akurasi sebesar 77,3% dari 178 gambar yang terdiri dari 158 gambar pelatihan dan 20 gambar validasi. Penelitian ini menggunakan kerangka kerja Cross Industry Standard for Data Mining (CRISP-DM) untuk perancangan dan pengembangan sistem data mining. Sistem yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman Kotlin berbasis Android, menunjukkan kemajuan signifikan dalam pengembangan aplikasi Android untuk sektor perikanan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

REZA FAISAL, Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar, Indonesia

Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar, Indonesia

RIDWAN A. KAMBAU, Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar, Indonesia

Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar, Indonesia

M. HASRUL H, Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar, Indonesia

Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, UIN Alauddin Makassar, Indonesia

References

Adawiyah, R. (2023). Eksplorasi Kapasitas Pengkodean Amplitudo Untuk Model Quantum Machine Learning. 3(1), 38–58.
Ariadi, H., Wafi, A., Supriatna, S., & Musa, M. (2021). Tingkat Difusi Oksigen Selama Periode Blind Feeding Budidaya Intensif Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). Rekayasa, 14(2), 152–158. https://doi.org/10.21107/rekayasa.v14i2.10737
Jandu, Y. A., & Mago, O. Y. T. (2020). Spizaetus : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi. Spizaetus : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 1(October), 21–26.
Setiawan, M. A., Ariawan, I., & Anzani, L. (2022). Identifikasi Potensi Lahan Budidaya Udang di Pesisir Teluk Banten Menggunakan Algoritma CNN. ILKOMNIKA: Journal of Computer Science and Applied Informatics, 4(3), 262–273.
Suhu, P., & Dan, O. P. (2022). Stability Dan Moisture Pelet Pakan Udang. 8(9), 921–927.
Suriawan, A., Efendi, S., Asmoro, S., & Wiyana, J. (2019). Sistem Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) pada Tambak HDPE dengan Sumber Air Bawah Tanah Salinitas Tinggi di Kabupaten Pasuruan. Jurnal Perekayasaan Budidaya Air Payau Dan Laut, 14(14), 6–14.
Wafi, A., Ariadi, H., Fadjar, M., Mahmudi, M., & Supriatna, S. (2020). Model Simulasi Panen Parsial Pada Pengelolaan Budidaya Intensif Udang Vannamei (Litopenaeus vannamei). Samakia : Jurnal Ilmu Perikanan, 11(2), 118–126. https://doi.org/10.35316/jsapi.v11i2.928.
Yunarty, Y., Kurniaji, A., Budiyati, B., Renitasari, D. P., & Resa, M. (2022). Karakteristik Kualitas Air Dan Performa Pertumbuhan Budidaya Udang Vaname (Litopenaeus vannamei) SECARA INTENSIF. Pena Akuatika : Jurnal Ilmiah Perikanan Dan Kelautan, 21(1), 71. https://doi.org/10.31941/penaakuatika.v21i1.1871.
Published
2024-02-06
Section
Volume 9 Nomor 1 April Tahun 2024
Abstract viewed = 129 times