KONSUMTIVISME DAN STATUS SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT

  • Nila Sastrawati UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Abstract

The needs and desires to become entities, are very difficult to distinguish when examining the current economic actions of society. The community economic growth is increase, both in terms of the availability of resources (means of exchange), the availability of commodities, communication and information technology, the ease of online-based economic transactions, were being supporting factors of the economy and the needs of community. This reality presents a new social phenomenon where an increase in purchasing power is no longer oriented to value of use of an item or service, but has shifted to the symbolic meaning of the goods and services. This was observed by a French philosopher, Jean Baudrillard by analyzing a society that experienced a shift in the concept of consumption from use value to sign value. The control of consumption is significantly able to influence the rational actions of use value toward consumptive actions for other communities, and encourage the creation of socioeconomic status through the conception of a lifestyle of ownership of goods and services.

Keywords: Consumivism, Economy, Status, Society.

Abstrak

Kebutuhan dan keinginan menjadi entitas yang sangat sulit dibedakan ketika mengkaji tindakan ekonomi masyarakat saat ini. Pertumbuhan ekonomi masyarakat yang semakin meningkat baik dari aspek ketersediaan sumber daya (alat tukar), ketersediaan komoditi, teknologi komunikasi dan informasi, kemudahan dalam transaksi ekonomi berbasis online, menjadi faktor pendukung bergulirnya roda perekonomian dan pemenuhan kebutuhan dalam masyarakat. Realitas ini menghadirkan fenomena sosial baru dimana terjadi peningkatan daya beli yang bukan lagi berorientasi pada nilai guna suatu barang atau jasa, tetapi telah bergeser pada makna simbolik dari barang dan jasa tersebut. Hal tersebut diamati seorang filsuf Prancis, Jean Baudrillard dengan menganalisis masyarakat yang mengalami pergeseran konsep konsumsi dari nilai guna menjadi nilai tanda. Penguasaan konsumsi secara signifikan mampu mempengaruhi tindakan rasional bernilai guna kearah tindakan konsumtif bagi masyarakat lainnya, dan mendorong terciptanya status sosial ekonomi melalui konsepsi gaya hidup atas kepemilikan barang dan jasa.

Kata Kunci : Ekonomi, Konsumtivisme, Masyarakat , Status.

References

DAFTAR PUSTAKA

Hartoyo, Aprilia. Analisis Sosiologis Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Vol. 15, No. 1: 72-86 http://publikasi.fisip.unila.ac.id.

Kuper, Adam dan Jessica. The Sosial Science Encyclopedia, Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada, 2000.

Parwanti, Mutia Hastiti. Masyarakat Konsumeris Menurut Konsep Pemikiran Jean Baudrillard, http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20351974-MK-Mutia%20Hastiti%20Pawanti.pdf, diakses tanggal 27 Mei 2020.

Ritzer, George. Teori Sosial Postmodern, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2010.

------------------. Teori Sosiologi Modern, Jakarta: Gramedia, 2004.

Sutikno, Mike Rini. Fund Planing, Jakarta: Delta FM, 2009.

Sumartono. Terperangkap Dalam Iklan, Bandung: Alfabeta, 2002.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Radja Grafindo Persada, 2003.

Syani, Abdul. Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Sudarsono, Pengukuran Status Sosial Ekonomi dan Permasalahannya, Jurnal Populasi Nomor 2 Tahun 1990.

https://ahmadrajafi.wordpress.com/2011/01/31/pola-hidup-konsumtif/. Diakses tanggal 27 Mei 2020.

Published
2020-06-30
Section
Volume 2 Nomor 1 Juni 2020
Abstract viewed = 3706 times