STRATEGI PEMASARAN PADA BISNIS ARAKU FOOD BANK DALAM MEMANFAATKAN PERAN INFLUENCER MELALUI MEDIA SOSIAL

  • Syifa Happy Januar Sekolah Tinggi Ekonomi Manajemen Bisnis Islam Bandung
    (ID)
  • Deden Heri
    (ID)

Abstract

Abstrak

Indonesia saat ini tengah dihadapkan dengan era ekonomi digital yang menuntut semua pelaku bisnis untuk senantiasa menguasai dunia elektronik khususnya social media, dan tidak dapat dipungkiri hampir pelaku bisnis saat ini memasarkan produknya melalui jaringan internet atau secara online, hal ini tentulah akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis online. Perusahaan dituntut untuk selalu melakukan inovasi-inovasi pada usahanya dalam strategi bersaing. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dasar pemikiran dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengkaji lebih dalam perihal peran dan manfaat Influencer pada strategi pemasaran bisnis. Dalam penelitian ini sumberinformasi lapangan diperoleh dari gambaran tentang situasi dan kondisidari obyek penelitian, melakukan wawancara dengan bapak Causan Gunawan selaku kepala Chef Araku Food bank,usaha frozen food Selain itu juga diperoleh dari data melalui dokumen yang,berupa buku, data tertulis Araku food bank.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan meningkatkan daya saing Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada Araku Food bank sudah menggunakan strategi pemasaran yang bagus.yang mana Strategi pemasaran yang digunakan Araku Food bank diantaranya dengan melakukan segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar, serta bauran pemasaran. Hal ini bertujuan untuk melancarkan dan memudahkan kegiatan pemasaran dan tetap mampu bersaing dengan perusahaan lain yang memiliki usaha yang sama.

Kata Kunci: Araku Food Bank, Media Sosial, Strategi Pemasaran.

 

Abstract

Indonesia is currently faced with a digital economy era that requires all business people to always master the electronic world, especially social media, and it cannot be denied that almost business people are currently marketing their products through the internet or online, this will certainly greatly affect the development of online businesses.  The type of research method used in this research is qualitative research method. The premise of this research is that researchers want to examine more deeply the role and benefits of Influencers in business marketing strategies. In this study, the source of field information was obtained from a description of the situation and condition of the object of research, conducting interviews with Mr.

Causan Gunawan as the head of the Chef of Araku Food bank, frozen food business. In addition, it was also obtained from data through documents, in the form of books, written data of Araku food bank.Based on the results of research and discussion, it can be concluded that in increasing the competitiveness of Small and Medium Enterprises (SMEs) at Araku Food bank has used a good marketing strategy. This aims to smooth and facilitate marketing activities and remain able to compete with other companies that have the same business.

Keywords: Araku Food Bank, Marketing Strategy, Social Media.

Published
2024-06-29
Section
Volume 6 Nomor 1 Juni 2024
Abstract viewed = 38 times